5 Hal Penting dalam Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah Bunga Rendah

5 Hal Penting dalam Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah Bunga Rendah

Diposting pada

Kebutuhan yang semakin mendesak memang semakin menuntut seseorang untuk mampu memutar keuangan mereka dengan baik. Kendati demikian, masih ada beberapa kebutuhan yang belum tercover dengan baik. Inilah mengapa pinjaman jaminan sertifikat rumah bunga rendah bisa menjadi pilihan terbaik untuk mereka.

Melakukan pinjaman uang dari lembaga resmi memang banyak dipilih oleh masyarakat, terutama mereka yang membutuhkan dana dalam jumlah yang besar. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya apabila salah satu bentuk pinjaman yang paling banyak diminati oleh masyarakat adalah pinjaman dengan sertifikat rumah sebagai jaminannya. Baca Bisakah Mengajukan KUR MANDIRI Tanpa Jaminan

Sertifikat rumah sendiri merupakan salah satu jaminan yang mempunyai nilai jual yang cukup tinggi untuk memperoleh pinjaman. Hal ini tidak lain karena rumah sendiri mempunyai nilai yang cukup besar jika dibandingkan dengan kendaraan. Untuk anda yang ingin mendapatkan pinjaman jaminan sertifikat rumah bunga rendah, ada beberapa hal yang mesti anda pertimbangkan terlebih dahulu.

Daftar Bunga Bank

5 Hal Penting dalam Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah Bunga Rendah

Advertisements
  1. Pilihlah lembaga pinjaman resmi yang terpercaya dan berpengalaman

Tips pertama yang akan membantu anda untuk mendapatkan pinjaman uang adalah dengan memilih lembaga pinjaman atau bank yang terpercaya. Hal ini bukan tanpa alasan karena tingkat kenyamanan anda tersebut akan ditentukan oleh lembaga yang akan anda pilih tersebut. Sebelum memutuskan untuk bekerja sama, ada beberapa hal yang mesti anda pertimbangkan.

Advertisements

Diantaranya adalah anda harus melihat apakah lembaga keuangan yang dipilih sudah mendapatkan pengawasan dari OJK atau otoritas jasa keuangan atau belum. Perlu anda ketahui jika setiap lembaga keuangan yang terpercaya pasti sudah diawasi oleh OJK.

  1. Tentukan nilai pinjaman anda terlebih dahulu

Tips memilih pinjaman jaminan sertifikat rumah bunga rendah yang berikutnya adalah tentukan terlebih dahulu nilai pinjaman yang akan anda butuhkan tersebut. Pihak kreditur sendiri biasanya akan menilai nilai asset rumah yang sudah anda gunakan sebagai jaminan tersebut. Baca Adakah Potongan Pelunasan KUR BRI Sebelum Jatuh Tempo

Sebagai contohnya, jika nilai asset yang anda miliki adalah 600 juta maka belum tentu anda akan mendapatkan pinjaman 600 juta. Hal ini tidak lain karena anda hanya akan mendapatkan biasanya 70 persen dari nilai jaminan.

  1. Perhatikan persyaratan yang harus dibawah

Tidak kalah pentingnya, anda juga harus memperhatikan syarat apa sajakah yang harus anda penuhi untuk melakukan pinjaman tersebut. Adapun beberapa persyaratan dokumen yang harus dibawa antara lain salinan KTP, kartu keluarga, surat nikah, salinan SK pengangkatan pegawai. Salinan tabungan Giro, Salinan NPWP dan lainnya.

Tentunya persyaratan yang harus anda ajukan tersebut tergantung dengan tempat anda meminjam. Tetapi perlu anda ketahui jika ada batasan minimal dan maksimal untuk melakukan pinjaman tersebut yakni 21 tahun dan 65 tahun.

  1. Bayar cicilan dengan tepat waktu

Jika kredit yang anda ajukan tersebut sudah mendapatkan persetujuan maka langkah yang berikutnya adalah anda bisa segera membayar cicilan dengan tepat waktu. Hal ini bukan tanpa alasan karena asset yang anda jadikan sebagai jaminan tersebut adalah sertifikat rumah. Anda harus mempunyai komitmen jika sertifikat tersebut akan kembali kepada anda.

Tetapi sebelum itu, anda juga harus melihat bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan tersebut. Biasanya pinjaman berupa sertifikat rumah sendiri mempunyai suku bunga 12 persen dengan tenor yang berbeda-beda. Disinilah, anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan yang anda miliki. Baca Berapa Biaya Administrasi KUR Mandiri Ya?

Demikian beberapa hal penting yang harus anda perhatikan jika akan melakukan pinjaman jaminan sertifikat rumah bunga rendah. Dengan mengetahui info diatas, maka anda akan semakin diberikan kemudahan untuk melakukan pinjaman.

Tinggalkan Balasan