7 Penyebab KPR Ditolak BTN (Pengalaman)

KPR Ditolak BTN – BTN merupakan bank milik pemerintah yang memang menjadi penyokong dana terbesar dalam hal kepemilikan rumah.

Mulai dari hunian sangat sederhana hingga hunian mewah. Hampir seluruh masyarakat yang ingin memiliki hunian mengajukannya pada bank BTN tersebut.

Namun tidak semuanya diterima ada juga yang KPR ditolak Bank BTN dengan berbagai alasan dan di antaranya adalah;

Advertisements

Inilah 7 Penyebab KPR Ditolak BTN

  1. Dokumen yang dibutuhkan pihak bank dan menjadi persyaratan pokoknya tidak lengkap atau tidak sesuai dengan kriteria bank.
  2. Memiliki penghasilan yang kurang dari batas minimal. Sebab dalam perhitungan bank adalah besaran cicilan setiap bulan minimal adalah 30% dari total penghasilan pemohon.
  3. Masuk dalam black list BI karena sejarah keuangan perbankan Anda seperti sering menunggak cicilan bahkan tidak membayar cicilan kartu kredit dan sebagainya.
  4. Letak hunian yang menjadi idaman Anda merupakan daerah rawan banjir dan yang lainnya sehingga nilai jual kembalinya rendah
  5. Status kewarganegaraan Anda yang menjadi kendala. Sebab KPR hanya diperuntukkan bagi warga negara Indonesia saja. Jika Anda WNA tentunya KPR ditolak BTN
  6. Tentunya usia juga menjadi penentu bagi pihak bank sebab minimal adalah Anda yang berusia 21 tahun dan maksimal adalah 55 tahun bagi karyawan dan 60 tahun bagi seorang profesional
  7. Anda juga harus sudah memiliki NPWP

Itulah di antaranya beberapa alasan yang menyebabkan permohonan Anda ditolak oleh pihak BTN. Namun demikian masih dapat melengkapi berbagai kekurangan yang ada yang tentunya akan dibantu oleh pihak pengembang.

Advertisements

Tentunya dengan berbagai keuntungan dalam memiliki rumah akan menjadi pemicu meningkatnya permintaan pengajuan KPR BTN yang membuat pihak bank melakukan begitu banyak verifikasi dalam memilih nasabah yang tepat.Baca Syarat Pengajuan KPR BCA Update

Sebab bagaimanapun juga dengan berbagai keragaman penghasilan masyarakat Indonesia selain itu juga banyak masyarakat yang ingin membeli rumah karena busa dijadikan sebagai investasi di masa depan.

Karena itulah membuat pihak bank selektif dalam menjaring nasabah KPR-nya yang jumlahnya mencapai jutaan nasabah.

Memang mengajukan KPR memiliki banyak keuntungan yang berlipat-lipat di antaranya adalah Anda akan dapat langsung menempati rumah yang telah Anda pilih meskipun belum melunasinya.

Tentunya akan meringankan beban Anda karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang tunai dalam jumlah banyak dalam waktu singkat.

Tidak hanya itu ketika pengajuan KPR Anda di terima maka secara otomatis rumah Anda sudah terlindungi karena adanya asuransi kebakaran bahkan asuransi jiwa.

Dan tentunya jika menggunakan fasilitas KPR Anda akan diringankan karena maksimal tenornya mencapai 20 tahun.Baca Bunga KPR BCA Kisaran Berapa Ya

Dengan demikian KPR BTN memang menjadi daya tarik yang kuat untuk memiliki hunian. Akan tetapi jika permohonan KPR ditolak BTN jangan berkecil hati sebab masih ada kesempatan lain untuk kembali mengajukan KPR sambil melengkapi berbagai hal yang masih kurang.

Advertisements
error: