Apa Saja Syarat Mengajukan KUR MANDIRI Update

Mengajukan KUR MANDIRI – Program pemerintah untuk memberikan pinjaman sebagai modal usaha kepada para pengusaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi dinamakan sebagai Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR ini diketahui disalurkan oleh pemerintah melalui bantuan beberapa bank persero, salah satunya adalah bank Mandiri.

Bank Mandiri menjadi media pemerintah untuk menyalurkan KUR kepada para nasabah bank Mandiri yang memiliki usaha dan membutuhkan modal tambahan. Sebagai program KUR yang disalurkan oleh bank Mandiri, maka program ini disebut sebagai KUR Mandiri.

Jika dibandingkan dengan bank lainnya, diketahui bahwa bank Mandiri memiliki bunga kredit yang paling rendah dibandingkan bank lain yang menyalurkannya. Jadi memang popularitas KUR Mandiri lebih tinggi daripada KUR yang disalurkan oleh bank lainnya.

Advertisements

Oleh sebab itulah informasi mengenai apa saja syarat mengajukan KUR Mandiri terus dicari tahu oleh masyarakat. Namun bagi anda yang kesulitan mencari informasinya, maka anda tenang saja karena bagian berikut ini akan mencoba menjelaskan apa saja syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan KUR di bank mandiri tersebut.

Syarat yang Mengatur Mengenai Calon Debitur KUR Mandiri

Berbicara mengenai pengajuan permohonan pinjaman modal usaha melalui KUR, tentu pasti akan berbeda persyaratannya dibandingkan jenis pinjaman lain. Contohnya dalam hal kriteria calon debitur seperti apa yang layak mendapatkan bantuan KUR dari bank. Baca Syarat Kredit Mandiri Syariah Tanpa Agunan KTA Saja Mudah Kok

Tentunya kriteria ini disebut juga sebagai persyaratan yang penting untuk anda ketahui. Pelajari setiap persyaratannya dan tentukanlah apakah anda dan usaha yang anda miliki memenuhi kriteria atau tidak.

Karena pastinya setiap program pinjaman sudah memiliki target khusus mana yang akan diberikan kesempatan untuk bantuan modal dari KUR ini. Jadi simaklah beberapa persyaratannya berikut ini:

  • Debitur harus merupakan Warga Negara Indonesia, karena sesuai namanya KUR adalah bantuan modal usaha dari Pemerintah untuk rakyat Indonesia.
  • Sudah berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah, hal ini menunjuk kepada status hukum seseorang yang sudah terjamin dalam mengajukan pinjaman.
  • Memiliki usaha yang berjalan dan hasilnya produktif, karena merupakan bantuan modal usaha artinya harus sudah memiliki usaha terlebih dahulu.
  • Minimal usaha sudah berjalan selama 6 bulan, karena harus memiliki pasar yang jelas dan pelanggan yang rutin juga.
  • Merupakan nasabah bank Mandiri, sehingga harus memiliki rekening bank Mandiri yang aktif.
  • Jika diperlukan, maka akan diminta bukti wajib pajak dan jaminan lainnya untuk mendukung pengajuan.

Syarat Berkas Pengajuan KUR Mandiri

Setelah menentukan apakah anda memenuhi syarat sebagai calon debitur KUR, maka seharusnya yang harus anda lakukan adalah mengetahui apa saja persyaratan yang harus anda siapkan. Memenuhi kriteria sebagai debitur tidak lantas membuat anda tidak perlu menyiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan.

Advertisements

Oleh sebab itu, anda sangat disarankan untuk mengajukan KUR Mandiri dengan mempersiapkan berbagai berkas di bawah ini. Pastikan untuk menyiapkannya dengan baik dan mengajukannya selengkap mungkin ke pihak bank Mandiri sebagai penyalur pinjaman modal usaha tadi.

  1. Memiliki Bukti Kelengkapan Identitas

Berkas pertama yang perlu anda siapkan adalah berkas-berkas terkait bukti kelengkapan identitas diri. Jenis berkas yang termasuk dalam syarat ini antara lain Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Surat Nikah atau Cerai untuk membuktikan nikah dan cerai anda. Baca Cara Mengajukan KUR BRI 20 Sampai 100 Juta Perorangan

  1. Tidak Termasuk dalam Daftar Hitam Perbankan

Jika ingin pengajuan anda disetujui, maka anda harus memastikan bahwa memiliki riwayat pinjaman yang baik sebelumnya (jika ada). Bagi anda yang pernah memiliki riwayat pinjaman yang tidak baik, maka anda akan masuk ke daftar hitam perbankan dan membuat anda sulit mendapatkan pinjaman.

  1. Memiliki Surat Keterangan Usaha

Cobalah juga untuk menyiapkan surat keterangan usaha. Bagi usaha menengah dan koperasi, maka surat ini pasti sudah anda miliki sebelumnya. Jika usaha anda kecil skalanya, maka mintalah surat keterangan usaha dari kelurahan setempat.

  1. Memiliki NPWP

Terkadang anda pun bisa saja diminta memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Tidak menjadi masalah karena anda tinggal menyiapkan dengan mendaftar NPWP dan menggunakan kartunya sebagai salah satu syarat pendaftaran.

  1. Menambahkan Agunan Jika Dibutuhkan

Anda mungkin juga bisa saja diminta untuk menambahkan agunan jika besar pinjaman lebih dari batas dan standar yang ditetapkan. Jenis agunan yang dapat anda berikan antara lain adalah BPKB, Sertifikat, dan sebagainya.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai apa saja syarat mengajukan KUR Mandiri yang perlu anda pahami dan siapkan. Ternyata syaratnya sama sekali tidak merepotkan bukan? Baca Syarat Kredit Untuk Usaha Tanpa Agunan Bank Mandiri

Namun memang membutuhkan waktu dan perhatian khusus agar setiap proses pengajuan KUR di bank Mandiri dapat anda lalui dengan mulus dan akhirnya pengajuan anda diterima. Jadi jangan ragu lagi dan segera ajukan bantuan pinjaman modal usaha dari KUR Mandiri sekarang juga!

Advertisements
error: