Apakah Gadai Sertifikat Tanah Tanpa Survey ke Lokasi??

Artikel kali ini akan membahas tentang gadai sertifikat tanah tanpa survey ke lokasi. Semakin tingginya kebutuhan hidup masyarakat sekarang ini memperkecil peluang untuk bisa menyisihkan sedikit penghasilannya guna kebutuhan yang bersifat mendadak.

Sementara itu untuk memperoleh dana dengan jumlah besar dalam waktu cepat cukup sulit, terkecuali bagi Anda yang mempunyai aset ataupun barang berharga seperti rumah atau tanah.

Dengan menggadaikan sertifikat tanah Anda bisa memperoleh kebutuhan dana besar dengan cepat.

Advertisements

Bisakah Gadai Sertifikat Tanah Tanpa Survey Lokasi?

Untuk pengajuan pinjaman dana dengan gadai sertifikat tanah pada bank pemerintah umumnya selalu diiringi proses survey lokasi lebih dahulu.

Ini dilakukan guna mengetahui berapa nilai aset yang dijaminkan dan bankpat menentukan besarnya batas plafon pinjaman yang bisa diajukan.

Akan tetapi umumnya besar pinjaman yang diberikan lebih kecil dibandingkan dengan nilai sertifikat tanah. Selain itu tak semua bank mau menerima jaminan berupa sertifikat tanah.

Hal yang paling penting adalah sertifikat yang dijaminkan merupakan atas nama Anda sendiri agar proses pengajuan menjadi lebih cepat dan lebih mudah.

Umumnya bila Anda mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat tanah dengan memberikan sertifikat asli bukan berupa fotocopy maka pihak bank atau pegadaian tak perlu untuk melakukan proses survey.

Ini berarti Anda pun melampirkan fotocopy KTP suami-istri, KK, dan beberapa dokumen yang lain.

Anda pun hanya perlu menanti proses verifikasi dan keputusan dari pihak bank mengenai proses pengajuan pinjaman gadai sertifikat tanah tanpa survey yang sebelumnya telah Anda ajukan.

Advertisements

Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat membuat pengajuan Anda tak disetujui oleh pihak bank, antara lain. Baca Agunan Sertifikat Rumah Di Pegadaian

  1. Lokasi tanah atau rumah ada di kawasan rawan banjir
  2. Lokasi dekat dengan SUTET
  3. Merupakan bekas lokasi pembunuhan
  4. Lokasi dekat dengan pemakaman
  5. Lokasi ada di kawasan padat penduduk atau kumuh

Selain itu masing-masing lembaga keuangan atau perbankan memiliki aturan dan kebijakan mengenai proses pengajuan pinjaman.

Contohnya saja seperti penghasilan yang masih mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari Anda dan keluarga walau dikurangi biaya angsuran.

Atau mungkin kebijakan mengenai mempunyai usaha yang bisa mengcover kewajiban Anda dalam membayar biaya angsuran.

Oleh karena itu sebelum Anda mengajukan kredit atau pinjaman dengan menggunakan jaminan sertifikat tanah, akan lebih baik bila Anda memahami berbagai aturan dan kebijakan dari masing-masing lembaga keuangan, entah itu koperasi, bank ataupun pegadaian.

Lalu Anda baru memutuskan untuk memilih pinjaman mana yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda sendiri. Baca Gadai Sertifikat Rumah Proses Cepat

Sebab dengan mengajukan pinjaman dan menggadaikan sertifikat tanah sebagai jaminan maka Anda tentu akan dibebani dengan beragam biaya dan angsuran setiap bulan.

Nah itu tadi pembahasan singkat mengenai gadai sertifikat tanah tanpa survey, semoga bermanfaat.

Advertisements
error: