Apakah Sertifikat Rumah Bisa Digadaikan di Pegadaian ??

Praktek gadai sudah dilakukan sejak beberapa dekade lalu. Praktek ini memang dianggap sebagai salah satu solusi yang berbeda dengan pinjaman di bank.

Walaupun prosesnya mirip dan bisa dibilang sama, namun biasanya Pegadaian menerapkan bunga yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan pinjaman yang ada di bank konvensional.

Hal inilah yang menarik minat masyarakat untuk mengajukan permohonan dengan sertifikat rumah digadaikan di Pegadaian.

Advertisements

Memang, Pegadaian merupakan salah satu perusahaan milik negara yang mengurus beragam proses pegadaian barang milik masyarakat.

Prosesnya mudah dan bunganya rendah, sesuai bagi Anda yang memiliki keinginan untuk memperoleh sejumlah uang dalam waktu cepat dan mudah. Lalu, bagaimanakah ketentuan yang ada di Pegadaian?

Memahami Proses Gadai di Pegadaian

Pegadaian, sebagai salah satu perusahaan yang memberikan solusi keuangan bagi masyarakat, memiliki beberapa peraturan umum yang dapat dipahami sebelum Anda mengajukan gadai di perusahaan ini.

Nah, kini kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana proses yang dijalankan saat sertifikat rumah digadaikan di Pegadaian. Baca Gadai BPKB Motor di Pegadaian

Advertisements
  1. Untuk Anda yang baru saja memulai keinginan untuk mengajukan gadai ke Pegadaian, Anda bisa memilih antara Pegadaian konvensional dan Pegadaian syariah. Keduanya memiliki sistem yang hampir sama. Namun, tentu saja untuk Pegadaian syariah menggunakan akad gadai yang sesuai dengan syariat Islam. Untuk pilihan ini, semua tergantung pada Anda. Bunga keduanya sama-sama rendah dan sesuai bagi Anda.
  2. Jika Anda sudah memutuskan akan menggunakan layanan mana, Anda kemudian bisa mengajukan gadai yang dilengkapi dengan beberapa dokumen. Biasanya pihak Pegadaian akan meminta Anda membawa dokumen seperti KTP, KK, slip gaji, sertifikat rumah yang akan Anda gadaikan, serta slip pembayaran PBB bangunan yang bersangkutan.
  3. Pihak Pegadaian akan melakukan taksiran harga yang sesuai untuk agunan yang Anda ajukan. Dalam hal ini, proses analisis harga serta kelayakan Anda sebagai nasabah biasanya akan memakan waktu selama tiga hari untuk sertifikat rumah digadaikan di Pegadaian.
  4. Ketika proses analisis sudah selesai, maka pihak Pegadaian akan melakukan proses survey. Di sini, pihak Pegadaian akan melihat lokasi agunan, apakah sesuai dengan yang ada di sertifikat atau tidak, serta apakah agunan yang diajukan tersebut layak untuk masuk sebagai agunan di Pegadaian atau tidak.
  5. Setelah proses survey, Anda biasanya harus menunggu maksimal satu minggu untuk memperoleh kepastian apakah pengajuan Anda disetujui atau tidak dari pihak Pegadaian. Nah, jika sudah memperoleh kepastian, barulah Anda bisa mengambil uang yang cair tersebut.

Dari penjelasan di atas, tentu Anda bisa memperkirakan berapa hari yang perlu Anda siapkan untuk menanti keputusan apakah pengajuan Anda disetujui atau tidak. Baca Pinjam Uang di Bank Jaminan Sertifikat

Dengan begitu, maka Anda akan memperoleh hasil dari pengajuan sertifikat rumah digadaikan di Pegadaian.

Advertisements
error: