Bagaimana Cara Melunasi Pegadaian Saat Masih Kredit

Diposting pada

Ketika anda semakin terlilit dengan kebutuhan keuangan yang semakin mendesak, maka salah satu pilihan terbaik untuk memperoleh modal dengan cepat adalah melalui pinjaman. Selain melakukan pinjaman di Bank, pinjaman di pegadaian juga menjadi pilihan. Tetapi yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara melunasi pegadaian saat masih kredit?

Pegadaian  sendiri  merupakan  salah satu lembaga yang memberikan pinjaman bagi masyarakat umum. Ketentuan dari pinjaman yang ada di tempat ini adalah dengan menggunakan system gadai. System ini sendiri ternyata sudah cukup lama berkembang di tengah masyarakat. Sebagai salah satu institusi BUMN, pegadaian ini memberikan bantuan pinjaman keuangan mikro bagi masyarakat.

Adapun persyaratan yang harus diajukan untuk memperoleh pinjaman dari Pegadaian ini mungkin sedikit sulit dibandingkan anda melakukan pinjaman dengan menggunakan  bank atau leasing. Tetapi sering kali masyarakat dihadapkan pada situasi yang membingungkan ketika akan melunasi pegadaian yakni ketika masih ada kredit yang lainnya.

Bagaimana Cara Melunasi Pegadaian Saat Masih Kredit

Cara melunasi pegadaian saat masih kredit

Sebenarnya jenis pinjaman pegadaian ini tidak begitu berbeda dengan pinjaman bank, hanya saja pinjaman pegadaian ini tidak bisa didapatkan apabila tidak ada jaminan dibelakangnya.  Adapun beberapa barang yang bisa anda gadaikan antara lain televise, smartphone, kulkas, laptop, kamera, motor hingga mobil.

Advertisements

Selain itu, jenis pinjaman yang bisa anda ajukan tersebut juga berbeda-beda diantarnya adalah Produk Krasida,  produk KCA hingga produk kreasi. Buat anda yang bingung bagaimanakah tips agar bisa melunasi pegadaian dengan tepat waktu, anda bisa langsung menyimak beberapa tips dibawah ini.

  1. Cobalah untuk mengosongkan anggaran untuk senang-senang

Tak bisa dipungkiri apabila tidak sedikit dari masyarakat yang kesulitan untuk melakukan pelunasan kredit dikarenakan ketidakmampuan untuk mengelola keuangan dengan baik. Jika selama ini anda rutin untuk menyisihkan uang anda untuk anggaran bersenang-senang seperti untuk liburan maka sebaiknya anda mengosongkan anggaran untuk liburan ini.

Advertisements

Akan lebih baik jika anda menggunakan uang tersebut untuk melunasi kredit anda di pegadaian tersebut. Disinilah anda bisa berkomitmen untuk  menggunakan uang tersebut untuk  melunasi hutang anda . Baca Ini Risiko Jika Barang Gadai Tidak Ditebus di Pegadaian

  1. Kerja part time

Adapun cara melunasi pegadaian saat masih kredit adalah dengan kerja part time. Kerja part time ini sangat membantu anda untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Jika anda mempunyai semangat yang  kuat untuk mencicil pinjaman tersebut, maka  kerja part time dijamin akan membuat anda semangat.

Ada banyak kerja part time yang tersedia dan sesuai dengan kemampuan yang anda miliki. Sebagai contohnya adalah menjadi seorang penulis, desainer grafis hingga menjadi developer part time.

  1. Cobalah untuk melakukan negosiasi dengan pihak pegadaian

Cara lainnya yang bisa anda lakukan agar bisa melunasi hutang anda tersebut adalah dengan melakukan negosiasi dengan pihak pegadaian tersebut. Disinilah, anda bisa mencoba untuk menjelaskan keadaan yang sebenarnya. Anda juga harus mampu untuk memberikan alasan yang logis dan masuk akal sehingga mereka akan menerima keringanan yang anda miliki tersebut.

  1. Jual asset berharga

Jika cara diatas belum berhasil untuk  membantu meringankan  kredit anda tersebut, maka cara lain yang bisa anda tempuh adalah dengan menjual asset berharga.  Langkah ini lebih baik dibandingkan jika anda harus meminjam kembali uang dari lembaga keuangan yang justru akan membuat anda semakin terbebani. Cobalah untuk menjual asset berharga anda dengan nilai yang tinggi. Baca Pengalaman Saya Gadai Emas Tanpa Surat di Pegadaian

Masalah cicilan pinjaman memang menjadi masalah yang sering dihadapi oleh masyarakat jika sudah berhasil mendapatkan pinjaman tersebut. Termasuk pembayaran di pegadaian, demikian beberapa cara melunasi pegadaian saat masih kredit.

Tinggalkan Balasan