Beberapa Syarat dan Cara Membuat NPWP Karyawan

Membuat NPWP Karyawan – Nomor Pokok Wajib Pajak atau disingkat NPWP merupakan sebuah kartu yang menandakan bahwa pemiliknya wajib membayar pajak.

Seperti yang telah ditetapkan oleh undang-undang, setiap warga negara Indonesia yang sudah memiliki penghasilan, wajib untuk membayar pajak ke pemerintah.

Karyawan termasuk sebagai profesi yang juga diharuskan untuk membayar pajak. Bagaimana cara membuatnya? beberapa syarat dan cara membuat NPWP karyawan akan diulas sehingga dapat memberi Anda gambaran dalam membuat NPWP.

Advertisements

Sekarang ini banyak perusahaan mewajibkan kepada karyawannya untuk memiliki NPWP. Sebagai warga negara yang baik memang harus taat pajak.

Cara Paling Mudah Membuat NPWP Karyawan Update

Apakah Anda sudah memiliki NPWP? Jika belum berikut ini beberapa syarat dan cara membuat NPWP karyawan.

Syarat yang harus dibawa cukup gampang, jika warga negara Indonesia maka membawa fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk), dan fotokopi SKK (Surat Keterangan Kerja) dari perusahaan tempat bekerja.

Jika bukan WNA maka yang dibawa adalah fotokopi kartu izin tinggal (KITAS dan KITAP), fotokopi Paspor, dan fotokopi SKK (Surat Keterangan Kerja). Baca Membuat NPWP Untuk Lamaran Kerja

Langkah-langkah membuat NPWP untuk karyawan adalah sebagai berikut.

Advertisements
  1. Datanglah ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak) terdekat di kota Anda.
  2. Membawa syarat-syarat yang telah disebutkan di atas.
  3. Jika sudah sampai di KPP maka Anda akan diberikan formulir pendaftaran oleh petugas.
  4. Isilah formulir pendaftaran NPWP yang telah diberikan dengan lengkap dan jujur.
  5. Setelah selesai mengisi formulir maka serahkan ke petugas dan NPWP akan segera diproses.
  6. Jika ada sesuatu yang masih membingungkan maka jangan sungkan-sungkan bertanya kepada petugas yang ada di sana.
  7. Biasanya sesudah menyerahkan formulir dan berkas maka NPWP akan diproses hari itu juga.

Bagaimana jika Kantor Pelayanan Pajak jauh dari tempat tinggal Anda? Apakah bisa pembuatan secara online? Sebenarnya pembuatan online bisa dilakukan akan tetapi untuk yang berprofesi karyawan memang dianjurkan untuk datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak.

Cara mendaftar secara online sangatlah gampang. Anda tinggal mengunjungi alamat webiste perpajakan di https://ereg.pajak.go.id.

Syarat-syarat yang harus dipersiapkanpun sama seperti ketika mendaftar online yaitu fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk), dan fotokopi SKK (Surat Keterangan Kerja) dari perusahaan tempat bekerja, hanya saja berkas tidak difotokopi akan tetapi di scan. Ikuti instruksi yang diminita seperti mengisi data diri, detail pekerjaan dan detail penghasilan.

Dengan memanfaatkan teknologi, kini membuat NPWP tidak perlu jauh-jauh ke Kantor Pelayanan Pajak karena bisa diakses di handphone.

Membuat NPWP sangatlah penting karena biasanya NPWP banyak diikut sertakan dalam persyaratan mengajukan pinjaman bank misalnya dan masih banyak lagi. Baca Cara Mengisi Formulir Npwp

Oleh karena itu, jangan menyepelekan membayar pajak dengan membuat NPWP sekarang. Demikian beberapa syarat dan cara membuat NPWP karyawan. Semoga bermanfaat.

Advertisements
error: