Berapa Hari Kartu NPWP Dikirim ke Rumah Setelah Proses Registrasi?

Proses registrasi NPWP kini memang semakin mudah karena bisa dilakukan secara online melalui e-reg. Kemudahan tersebut nyatanya tidak dibarengi dengan kepuasan masyarakat dimana banyak yang mempertanyakan berapa hari kartu npwp dikirim ke rumah setelah proses registrasi?

Padahal kebutuhan akan kartu tersebut sangatlah mendesak baik untuk persyaratan kerja maupun keperluan lainnya.

Sulitnya mendapat kepastian kapan datangnya membuat wajib pajak khawatir jika ternyata prosesnya gagal. Bila tidak ada pemberitahuan maka solusi tidak dapat ditemukan.

Advertisements

Tentunya beberapa wajib pajak yang menemui masalah serupa harus segera melaporkannya kepada dirjen pajak baik secara online maupun datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak setempat. Bila ada dokumen yang dinyatakan tidak syah, maka langkah yang ditempuh adalah dengan melakukan pendaftaran ulang baik secara langsung maupun online.

Berapa Hari Kartu NPWP Dikirim Ke Alamat Pemohon

Seperti yang sudah diketahui bahwa e-reg hanya untuk mendapatkan akun selanjutnya Anda harus menggugah beberapa berkas yang diperlukan seperti KTP bagi WNI dan Paspor bagi WNA. Sementara wajib pajak yang memiliki usaha, wajib menyertakan surat izin dari instansi setempat. Baca Bikin NPWP di Perantauan

Lalu setelah selesai melakukan pendaftaran dan dinyatakan lengkap, kemudian Anda harus menunggu kartu NPWP dikirim ke tempat tinggal Anda.

Namun jika mendesak dan sangat diperlukan, sebaiknya segera datangi kantor pelayanan pajak di daerah rumah Anda. Hal ini lebih efisien ketimbang menanti datangnya kartu yang dikirim melalui pos. Mengapa prosesnya cukup lama padahal seharusnya paling lambat sehari masa kerja.

Advertisements

Hal ini disebabkan beberapa masalah yang sering dialami oleh pegawai KPP dimana banyak pendaftar yang memalsukan alamatnya sehingga dibutuhkan waktu yang cukup untuk verifikasi data.

Lantas berapa hari kartu npwp dikirim ke rumah setelah proses registrasi?. Menurut keterangan pegawai setempat proses pengiriman yang dilakukan melalui pos lamanya bergantung pada lokasi tempat tinggal wajib pajak.

Namun bila dihitung mulai dari pendaftaran secara online hingga kartu sampai ke tangan Anda, dibutuhkan waktu selama seminggu. Hal ini disebabkan karena kartu tersebut dikirim via pos dan sebelumnya harus diverifikasi dulu alamat wajib pajak baik perseorangan maupun badan usaha.

Banyak orang yang memanfaatkan ereg untuk mendapatkan NPWP. Memang kemudahan yang bisa Anda dapatkan cukup besar jika memiliki nomor ini selain untuk keperluan pekerjaan. Bila penghasilan Anda masuk dalam golongan kena pajak, maka besarnya dana yang dibebankan jauh lebih rendah. Baca Bisakah Membuat NPWP Diwakilkan

Dengan mengetahui berapa hari kartu npwp dikirim ke rumah setelah proses registrasi?, kini Anda tidak perlu was-was karena kartu tersebut pasti sampai. Jika kebutuhannya sangat mendesak, bisa datangi langsung kantor pelayanan pajak untuk mengambil sendiri.

Sebelum melakukan registrasi pastikan dokumen lengkap dan tidak salah dalam mengisi formulir. Hal ini untuk memudahkan verifikasi dan mempercepat pengiriman.

Advertisements
error: