Berapa Lama Membuat NPWP Pribadi di Kantor KPP?

Lama Membuat NPWP Pribadi  – Setiap orang wajib memiliki NPWP, karena ini memang kewajiban setiap warga negara Indonesia.

Pertanyaan yang sering ada di pikiran Anda adalah berapa lama membuat npwp pribadi di kantor kpp? Tetapi memiliki NPWP ini berlaku untuk Anda yang sudah bekerja atau memiliki penghasilan sendiri.

Sebenarnya ada sedikit perdebatan tentang status “sudah bekerja”, karena menurut aturan dirjen pajak, pegawai atau karyawan yang sudah bekerja tetapi gajinya kurang dari tiga juta maka penghasilannya belum dikenakan pajak.

Advertisements

Tetapi Anda tidak perlu memusingkan hal tersebut. Yang penting adalah Anda mendapat informasi seputar cara membuat NPWP ini.

Lama Membuat NPWP Pribadi

Saat ini pelayanan yang diberikan kantor pajak sudah semakin maksimal. Terbukti saat ini Anda sebagai wajib pajak dapat mendaftar untuk memperoleh npwp secara online.

Walaupun sistem ini mungkin sedikit memakan waktu bila dibandingkan dengan meluangkan waktu sedikit untuk datang langsung ke kantor pajak. Syarat apa saja yang diperlukan? Berikut syarat-syarat atau kelengkapan supaya mengurus npwp lebih lancar.

Hal paling penting adalah KTP sesuai dengan kantor pajak tempat Anda mengurus npwp ini. Bila kantor pajak berbeda wilayah, silakan Anda mengurus surat keterangan domisili terlebih dulu.

Untuk Anda yang bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara wajib melampirkan SK pengangkatan Anda. Lain halnya dengan Anda yang karyawan swasta atau pegawai perusahaan.

Advertisements

Anda wajib melampirkan surat keterangan kerja. Tidak perlu bingung, surat tersebut bisa Anda minta di bagian human resources dept atau HRD kantor Anda. Baca Cara Mengisi Formulir Npwp

Setelah Anda bawa semua syarat tadi Anda akan diminta mengisi formulir yang menyatakan bahwa Anda mengajukan untuk memperoleh npwp pribadi. Setelah semua Anda isi, kembalikan pada petugas yang bersangkutan dan selesai.

Sangat mudah bukan? Untuk Anda yang bertanya berapa lama membuat npwp pribadi di kantor kpp? Terjawab sudah. NPWP Anda tidak serta merta jadi hari itu juga melainkan akan dikirim ke alamat rumah yang tertera di surat keterangan dari Anda.

Begitu mudahnya mengurus npwp perorangan ini. Jangan membayangkan prosesnya terlalu ribet sehingga membuat Anda menunda untuk membuat npwp ini.

Karena dengan Anda memiliki npwp semua data terkait pajak akan terekam sehingga Anda tidak perlu berurusan dengan denda apabila Anda esok hari ketahuan “mengemplang” pajak.

Hal terakhir yang wajib Anda mengerti dan pahami lebih seksama adalah dengan adanya npwp di tangan Anda justru ada kewajiban yang mengikuti. Apakah itu? Kewajiban itu adalah melaporkan Spt tiap setahun sekali.

Tenang, karena melapor lain halnya dengan membayar. Bagi Anda karyawan yang bekerja di sebuah kantor pastilah kantor sudah mengurus pembayaran tersebut. Baca Membuat NPWP Untuk Mahasiswa

Yang perlu Anda lakukan hanya melaporkan perihal pembayaran tadi. Jadi kini sudah jelas apa yang harus dilakukan. Tidak perlu lagi bertanya berapa lama membuat npwp pribadi di kantor kpp?

Advertisements
error: