Berikut Syarat Membuat NPWP Usaha Kecil (Pengalaman Kami)

Membuat NPWP Usaha Kecil – NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan sebuah identitas penting untuk menunjang usaha atau bisnis, seperti usaha kecil dan menengah.

Lalu, apa saja syarat untuk membuat NPWP? Berikut syarat membuat NPWP usaha kecil yang akan dibahas di bawah ini. Namun sebelumnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa pentingnya NPWP untuk sebuah usaha.

Sebagai rakyat yang baik, setiap orang yang telah memiliki usaha sendiri wajib untuk membayar pajak kepada negara, salah satu identitas pendukung dalam perpajakan adalah NPWP.

Advertisements

Selain itu, adanya NPWP juga berguna untuk permohonan kredit ke bank yang bersangkutan. Hal ini dikarenakan, hampir setiap bank menetapkan syarat NPWP untuk mengajukan permohonan kredit bagi mereka yang ingin memulai usaha kecil-kecilan.

Pentingkah Membuat NPWP Usaha Kecil

Dilihat dari berbagai keperluannya, ternyata NPWP memiliki peran penting untuk usaha kecil dan menengah.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memulai atau membuka bisnis kecil-kecilan, maka Anda harus mengetahui syarat-syarat untuk membuat NPWP. Baca Lama Membuat NPWP Pribadi

Syarat-syarat tersebut dianggap cukup mudah untuk diajukan. Berikut syarat membuat NPWP usaha kecil yang perlu Anda ketahui:

Advertisements
  1. Fotokopi identitas diri, seperti KTP atau Kartu Tanda Penduduk.
  2. Fotokopi SKU atau Surat Keterangan Usaha yang telah disahkan oleh kelurahan atau departemen di bidang yang bersangkutan.
  3. Wajib mengisi formulir pernyataan usaha yang disediakan dan ditandatangani di atas materai 6000.
  4. Wajib mengisi formulir pendaftaran NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak yang telah disediakan di kantor pajak atau Anda bisa mendownloadnya sendiri di official website.

Jika dilihat dari segi persyaratan yang ditetapkan, cukup mudah untuk dilakukan sendiri. Syarat membuat NPWP yang diuraikan diatas berbeda dengan syarat-syarat membuat NPWP untuk kategori karyawan atau pekerja kantor dan kategori wanita yang sudah menikah.

Selain itu, membuat NPWP untuk kategori wiraswasta atau pengusaha juga harus mengurusnya sendiri dan tidak boleh diwakilkan oleh siapapun.

Usahakan persyaratan yang diajukan tidak ada yang kurang, sehingga pengajuan NPWP Anda akan semakin cepat selesai. Jika persyaratan tidak dilengkapi dengan baik, maka NPWP Anda akan lebih lama selesai dibuat.

Walaupun tidak bisa diwakilkan, membuat NPWP dengan persyaratan diatas dirasa cukup mudah dan tidak memberatkan. Pada dasarnya, NPWP ditetapkan sebagai salah satu syarat untuk membuka usaha kecil dan menengah agar usaha tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Anda bisa langsung mendatangi kantor perpajakan yang ada di daerah setempat dan mengurusnya sendiri melalui prosedur-prosedur yang telah ditetapkan. Membuat NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak tidak dipungut biaya alias gratis. Baca Membuat NPWP Perusahaan

Berikut syarat membuat NPWP usaha kecil yang mungkin bisa menjadi informasi penting untuk Anda ke depannya ketika akan memulai atau membuka usaha kecil dan menengah.

Advertisements
error: