Biaya Umroh Untuk 1 Orang Siapkan Uang Segini

Umroh adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat diimpikan oleh banyak umat muslim di seluruh dunia. Umroh merupakan ibadah yang dilakukan dengan mengunjungi tanah suci Mekkah dan Madinah, serta melakukan beberapa ritual seperti tawaf, sa’i, dan tahallul.

Umroh berbeda dengan haji, karena umroh bisa dilakukan kapan saja selama tahun, sedangkan haji hanya bisa dilakukan pada bulan Dzulhijjah.

Bisa melaksanakan umroh, tentu saja diperlukan biaya yang tidak sedikit. Biaya umroh tergantung dari banyak faktor, seperti waktu keberangkatan, lama perjalanan, jenis paket, fasilitas hotel, transportasi, dan lain-lain.

Oleh karena itu, sebelum berangkat umroh, ada baiknya Anda mengetahui rincian biaya umroh untuk 1 orang dan apa saja yang perlu dipersiapkan.

Rincian Biaya Umroh untuk 1 Orang

Biaya Umroh Untuk 1 Orang Siapkan Uang Segini

Biaya umroh untuk 1 orang bervariasi tergantung dari pilihan paket yang ditawarkan oleh agen perjalanan umroh.

Biasanya, agen perjalanan umroh memiliki beberapa pilihan paket, seperti paket hemat, paket reguler, paket premium, dan paket umroh plus wisata.

Berikut adalah rincian biaya umroh untuk 1 orang berdasarkan jenis paketnya:

Paket Hemat:

Paket ini cocok untuk Anda yang memiliki anggaran terbatas atau ingin berhemat. Paket hemat biasanya menawarkan fasilitas hotel bintang 3 yang lokasinya agak jauh dari Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Selain itu, Anda juga harus bersedia berbagi kamar dengan orang lain. Biaya umroh untuk 1 orang dengan paket hemat berkisar antara Rp 23 juta hingga Rp 25 juta.

Paket Reguler:

Paket ini merupakan paket standar yang paling banyak dipilih oleh jamaah umroh. Paket reguler menawarkan fasilitas hotel bintang 4 yang lokasinya lebih dekat dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Anda juga bisa memilih kamar sendiri atau berdua dengan pasangan atau keluarga. Biaya umroh untuk 1 orang dengan paket reguler berkisar antara Rp 27 juta hingga Rp 28 juta.

Paket Premium:

Paket ini merupakan paket mewah yang menawarkan fasilitas hotel bintang 5 yang lokasinya sangat dekat dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Anda bisa menikmati kenyamanan dan kemewahan hotel bintang 5 selama beribadah umroh. Anda juga bisa memilih kamar sendiri atau berdua dengan pasangan atau keluarga. Biaya umroh untuk 1 orang dengan paket premium berkisar antara Rp 30 juta hingga Rp 37 juta.

Paket Umroh Plus Wisata:

Paket ini merupakan paket yang menambahkan destinasi wisata setelah selesai beribadah umroh. Anda bisa memilih destinasi wisata sesuai dengan minat dan budget Anda.

Beberapa destinasi wisata yang populer adalah Turki, Dubai, Mesir, Yordania, Palestina, dan lain-lain. Biaya umroh untuk 1 orang dengan paket umroh plus wisata tergantung dari negara tujuan wisata dan lama perjalanan. Biasanya biaya umroh plus wisata berkisar antara Rp 35 juta hingga Rp 50 juta.

Syarat Menjalankan Umroh

Selain biaya umroh untuk 1 orang, ada beberapa hal lain yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat umroh. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

Paspor:

Paspor adalah dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin bepergian ke luar negeri. Pastikan paspor Anda masih berlaku minimal 6 bulan sebelum tanggal keberangkatan.

Jika paspor Anda sudah habis masa berlakunya, segera perpanjang di kantor imigrasi terdekat. Biaya pembuatan atau perpanjangan paspor sekitar Rp 355 ribu.

Perlengkapan Umroh:

Perlengkapan umroh adalah barang-barang yang dibutuhkan selama beribadah umroh. Beberapa perlengkapan umroh yang wajib dibawa adalah koper, tas tangan, pakaian ihram, mukena, sajadah, sandal, obat-obatan, alat mandi, alat sholat, buku doa, dan lain-lain.

Anda bisa membeli perlengkapan umroh di toko-toko khusus atau online. Biaya perlengkapan umroh tergantung dari kualitas dan jumlah barang yang dibeli.

Uang Saku:

Uang saku adalah uang yang dibawa untuk keperluan pribadi selama beribadah umroh. Uang saku bisa digunakan untuk membeli makanan, minuman, oleh-oleh, bersedekah, atau keperluan lainnya.

Jumlah uang saku yang dibawa tergantung dari kebutuhan dan kemampuan Anda. Namun, sebaiknya bawa uang saku secukupnya dan jangan berlebihan.

Syarat umroh ada berapa?

Syarat umroh ada beberapa macam, tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Secara umum, ada dua jenis syarat umroh, yaitu syarat umroh secara Islam dan syarat umroh secara administrasi.

Syarat umroh secara Islam adalah syarat yang berkaitan dengan aqidah, hukum, dan rukun umroh. Syarat umroh secara Islam ada 6, yaitu:

  1. Beragama Islam. Ini adalah syarat utama untuk melakukan ibadah umroh, karena umroh adalah ibadah khusus bagi umat Islam.
  2. Berakal sehat. Orang yang tidak berakal sehat atau gila tidak wajib melakukan umroh, karena tidak memiliki kesadaran diri.
  3. Baligh. Orang yang sudah baligh atau dewasa dibebankan untuk melaksanakan umroh. Baligh ditandai dengan kedewasaan secara fisik.
  4. Merdeka. Orang yang merdeka atau tidak menjadi budak bisa melakukan umroh dengan izin dari tuannya. Jika tidak mendapat izin, maka tidak wajib melaksanakan umroh.
  5. Mampu. Orang yang mampu baik secara fisik maupun finansial bisa melakukan umroh. Mampu berarti memiliki kesehatan, kekuatan, waktu, dan biaya yang cukup untuk berangkat dan pulang dari tanah suci.
  6. Bagi perempuan harus ada mahramnya. Mahram adalah orang yang haram dinikahi karena hubungan darah atau perkawinan. Perempuan yang ingin melakukan umroh harus ditemani oleh mahramnya, seperti suami, ayah, saudara laki-laki, anak laki-laki, atau paman.

Syarat umroh secara administrasi

  • Memiliki paspor asli yang masih berlaku minimal 6 bulan sebelum tanggal keberangkatan.
  • Telah memiliki visa umroh. Visa umroh adalah izin masuk ke Arab Saudi untuk melakukan ibadah umroh.
  • Menyertakan pas foto terbaru dengan ketentuan: ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar, background putih, fokus wajah 80 persen. Bagi wanita menggunakan kerudung.
  • Melampirkan fotokopi data diri berupa KTP, Kartu Keluarga, dan buku nikah bagi yang telah menikah.
  • Kartu tanda vaksin meningitis. Vaksin meningitis adalah vaksin yang bertujuan untuk mencegah penularan penyakit meningitis yang bisa terjadi di tanah suci.
  • Memiliki Sertifikat Internasional Arab Saudi (KSA Tawakkalna) yang dapat dibuat melalui aplikasi PeduliLindungi. Sertifikat ini adalah bukti bahwa jamaah telah memenuhi protokol kesehatan dan siap untuk beribadah di tanah suci.

Berapa lama waktu umrah?

Waktu umrah adalah waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan ibadah umrah, yaitu mengunjungi tanah suci Mekkah dan Madinah, serta melakukan beberapa ritual seperti tawaf, sa’i, dan tahallul. Waktu umrah bisa dilakukan kapan saja selama tahun, tidak terbatas pada bulan tertentu seperti haji.

Namun, waktu umrah yang ideal adalah pada bulan Maret hingga Mei, karena cuaca di Arab Saudi cukup bersahabat, tidak terlalu panas maupun terlalu dingin.

Selain itu, waktu umrah juga tergantung dari pilihan paket yang ditawarkan oleh agen perjalanan umrah. Biasanya, agen perjalanan umrah memiliki beberapa pilihan paket, seperti paket hemat, paket reguler, paket premium, dan paket umroh plus wisata.

Ritual ibadah umrah sebenarnya hanya membutuhkan durasi waktu sekitar 2-3 jam saja, namun lama pelaksanaannya relatif bervariasi.

Dibutuhkan sekitar 9 hari sampai 12 hari perjalanan, tergantung dari biaya dan agen umroh yang dipilih. Rangkaian perjalanan umrah biasanya menggabungkan ibadah dan wisata sejarah Islam di Madinah dan Mekkah.

Orang yang mau umroh harus bisa baca Al Quran atau tidak

Syarat-syarat umroh yang wajib diketahui adalah sebagai berikut:

  • Beragama Islam (seorang yang tidak murtad)
  • Merdeka (bukan seorang budak)
  • Berakal (tidak gila)
  • Baligh (sudah dewasa)
  • Mampu (secara fisik, mental, dan finansial)
  • Bagi wanita tidak sedang dalam keadaan haid atau masa idah dan harus ada mahram

Namun demikian, membaca Al Quran adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan ketika berada di tanah suci. Al Quran adalah kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi seluruh manusia.

Membaca Al Quran dengan tartil dan tajwid yang benar akan mendatangkan pahala dan keberkahan bagi pembacanya.

Oleh karena itu, sebaiknya orang yang mau umroh mempersiapkan diri dengan belajar membaca Al Quran sebelum berangkat.

Semoga Allah SWT memudahkan perjalanan umroh Anda dan menerima semua ibadah Anda. Aamiin.Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam merencanakan ibadah umroh Anda.

Share

Leave a Comment

Scroll to Top