Bingung Mencari Pinjaman Uang Tanpa Riba , Gunakan KTA Syariah Saja

Pinjaman Uang Tanpa Riba – Saat melakukan kredit di bank konvensional, otomatis pinjaman akan dikenakan bunga. Padahal, dalam ajaran Islam, hal itu disebut riba dan tidak diperbolehkan penggunaannya.

Lalu, bagaimana jika membutuhkan kredit tanpa agunan dari bank? Apakah ada alternatif bank yang menawarkan KTA dengan prinsip syariah?

Jangan khawatir, karena saat ini sudah ada beberapa bank yang menawarkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan prinsip syariah. Cek informasi lengkapnya berikut ini.

Advertisements

Beberapa bank dengan produk KTA Syariah

  1. Bank Mandiri Syariah

Bank Mandiri memiliki produk KTA Syariah yang disebut dengan BSM Implan. Kredit ini benar-benar tidak membutuhkan agunan dan menerapkan prinsip syariah. Dana BSM Implan dapat digunakan oleh nasabah untuk keperluan konsumtif. Baca KPR BNI Syariah Tanpa DP, Apa Saja Syaratnya?

Plafon pembiayaannya adalah maksimal 50 juta (bagi masyarakat umum) dan 100 juta (bagi PNS, pegawai BUMN, dan TNI POLRI). Sedangkan jangka waktu pembiayaannya adalah 3 tahun (bagi masyarakat umum) dan 5 tahun (bagi PNS, pegawai BUMN, dan TNI POLRI).

Untuk mengajukan pembiayaan BSM Implan, harus dilakukan secara kolektif atau bersama-sama dengan karyawan tempat bekerja. Pengajuan BSM Implan ini juga dilakukan melalui perusahaan calon nasabah bekerja. Minimal jumlah pengajuan pembiayaan BSM Implan adalah 100 juta per orang.

Link : https://www.syariahmandiri.co.id/consumer-banking/pembiayaan-konsumen/bsm-implan

  1. Bank BCA Syariah

Bank BCA Syariah menawarkan KTA untuk tujuan produktif, yakni untuk modal kerja dari penyediaan barang dagangan, pembelian bahan baku, dan kebutuhan modal kerja yang lainnya. Jangka waktu pembiayaan BCA Syariah maksimal adalah 5 tahun. BCA Syariah tidak menerapkan sistem bunga, namun BCA Syariah menerapkan beberapa akad pembiayaan seperti Murabahah, Mudharabah dan Musyarakah.

Mudharabah artinya Bank BCA membiayai pembelian barang-barang modal kerja sebesar harga pokok dan ditambah margin keuntungan bank yang telah disepakati. Baca Perhitungan KPR BNI Syariah Plus Bunganya Per Bulan

Mudharabah artinya BCA Syariah membiayai seluruh kebutuhan modal kerja dan menerapkan metode bagi untung dan rugi. Sementara, Musyarakah artinya BCA Syariah membiayai sebagian kebutuhan modal kerja dan menggunakan metode bagi untung dan rugi.

Advertisements

Link     : http://www.bcasyariah.co.id/produk/pembiayaan/pembiayaan-modal-kerja-ib/

  1. Bank Bukopin Syariah

Bank Bukopin Syariah memiliki produk KTA yang disebut dengan IB Pinjaman Qardh. IB Pinjaman Qardh adalah pinjam meminjam yang tidak diserta imbalan apapun. Peminjam hanya wajib untuk mengembalikan pokok pinjaman secara sekaligus maupun cicilan dalam waktu maksimal 1 tahun.

Syarat yang diminta untuk mengajukan pembiayaan ini cukup mudah, yakni fotokopi KTP, Fotokopi surat nikah, salinan rekening tabungan selama 3 bulan terakhir, harus memiliki rekening di bukopin syariah, harus menyertakan slip gaji asli bulan terakhir, dan menyertakan salinan rekening PAM atau PLN.

Kelebihan dari pembiayaan ini adalah sangat cocok untuk digunakan nasabah yang memerlukan dana dalam kurun waktu pendek dan dalam nominal yang tidak terlalu besar. Pembiayaan ini tentu juga dapat membantu para pengusaha kecil yang tidak memiliki agunan untuk pembiayaan syariah.

Link     : https://www.syariahbukopin.co.id/id/produk-dan-jasa/pembiayaan/ib-pinjaman-qardh

  1. Bank BRI Syariah

Bank BRI Syariah juga dapat dijadikan alternatif saat mencari kredit tanpa agunan yang berprinsip syariah. Ada 2 jenis pembiayaan pada BRI Syariah ini yang tidak membutuhkan agunan sama sekali, yakni Mikro 25 iB dan KUR Mikro iB.

Pada Mikro 25 iB, plafon pembiayaan yang disediakan adalah mulai dari 5 juta rupiah sampai 25 juta rupiah. Jangka waktu pembiayaannya adalah 3 – 12 bulan. Sementara itu KUR Mikro iB memiliki plafon pembiayaan mencapai 25 juta juga. Hanya saja jangka waktu pembiayaannya lebih lama, yakni mencapai 60 bulan. Baca Pinjaman Dengan Agunan Sertifikat Rumah Di Bank Mandiri Syariah

Untuk mengajukan KTA di BRI Syariah, dokumen yang harus dipersiapkan adalah E-KTP calon nasabah dan suami/istri, kartu keluarga dan akta nikah, surat ijin usaha, dan NPWP. Nantinya, saat pengajuan, dokumen yang diserahkan kepada pihak Bank BRI Syariah adalah formulir aplikasi pengajuan, catatan keuangan, serta SPPT PBB bukti lunas Pajak Bumi Bangunan terakhir.

Link     : https://www.brisyariah.co.id/detailProduk.php?&f=10

Itulah 4 bank syariah yang menawarkan produk kredit tanpa agunan. Tentu masing-masing produk KTA syariah tersebut memiliki keunggulannya sendiri-sendiri. Bagaimana? Apakah Anda menemukan kredit tanpa agunan berbasis syariah yang cocok dengan kebutuhan Anda?

Advertisements
error: