Bisa Gak Gadai Motor di Pegadaian Tanpa BPKB

Diposting pada

Untuk mendapatkan uang secara cepat, selain meminjam ke bank, Anda juga dapat pergi ke pegadaian. Seperti namanya, pegadaian digunakan sebagai tempat untuk menggadaikan barang demi memperoleh sejumlah pinjaman. Hanya saja, untuk menggadaikan barang pun ada syarat-syarat khusus, terlebih dengan barang yang memerlukan surat-surat legal.

Contohnya saja seperti menggadaikan motor, yang biasanya jika tidak menggadaikan motor secara langsung akan menggadaikan BPKB. Namun, bisa gak gadai motor di pegadaian tanpa BPKB?

Gadai Motor Tanpa BPKB, Apakah Bisa?

Banyak sekali yang bertanya apakah bisa menggadaikan motor tanpa BPKB. Biasanya pertanyaan ini muncul karena motor sedang dalam masa kredit sehingga BPKB belum diserahkan oleh pihak leasing. Padahal, ada kebutuhan mendesak sehingga Anda harus menggadaikan motor tersebut.

Sayangnya, motor tanpa BPKB akan menimbulkan banyak kecurigaan, sehingga pihak bank maupun pegadaian persero biasanya tidak memperbolehkan klien yang ingin menggadaikan motor tanpa BPKB.

Beberapa persyaratan dari pegadaian perseroan biasanya harus memenuhi syarat seperti motor harus sudah menjadi milik pribadi, BPKB asli, dan memiliki STNK asli. Hal tersebut untuk membuktikan bahwa motor yang bersangkutan memang resmi dan menghindarkan pegadaian dari kerugian seperti penipuan atau tunggakan kredit yang terlalu tinggi.

Advertisements

Bisa Gak Gadai Motor di Pegadaian Tanpa BPKB

Oleh sebab itu, apabila Anda ingin menggadaikan motor tanpa BPKB, Anda bisa pergi ke pegadaian yang bukan perseroan atau pun bukan bank. Meskipun begitu, jangan sampai sembarangan memilih pegadaian, pastikan pegadaian tersebut memang sudah terpercaya dan resmi. Baca Bagaimana Cara Menghitung Pelunasan Kredit Mobil Adira

Advertisements

Perlu juga diketahui bahwa kemungkinan motor Anda akan ditaksir dengan harga yang lebih rendah daripada motor dengan BPKB dan STNK lengkap. Perbandingannya bisa sampai lebih dari 10 persen. Misalnya saja, sebuah motor ditaksir dengan harga 10 juta.

Apabila motor tersebut memiliki BPKB, maka pinjaman yang diberikan kepada Anda bisa sampai 70 persen dari 10 juta, berarti sekitar 7 juta. Namun, ketika motor tersebut tidak memiliki BPKB karena masih kredit, pemberian pinjaman hanya sekitar 60 persen, yakni sekitar 6 juta saja. Perbandingan tersebut memang cukup besar, tetapi mengingat kemudahan persyaratan, tentu sulit untuk melakukan komplain.

Cara untuk Menggadaikan Motor Tanpa BPKB

Apabila ingin menggadaikan motor tanpa BPKB, Anda pun tetap harus melengkapi dokumen-dokumen tertentu sebagai persyaratan. Beberapa dokumen biasanya meliputi kartu identitas resmi seperti KTP atau SIM, STNK asli maupun foto kopian, kartu keluarga, surat dari pemindahtanganan motor dari finance ke kreditur jika memang masih dalam proses kredit, dan jangan lupa membawa motor yang digadai. Motor tersebut nantinya akan dilihat kondisinya dan ditaksir harganya.

Setelah mempersiapkan semua dokumen, silakan pergi ke tempat pegadaian yang ingin Anda datangi, isi formulir yang telah disediakan, tanda tangani surat-surat, serahkan jaminan Anda, dan dana akan segera dicairkan. Biasanya dana akan dicairkan dengan cukup cepat, sehingga tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan pinjaman.

Keuntungan dan Kerugian Gadai Motor Tanpa BPKB

Seperti yang sudah dibahas, menggadai motor tanpa BPKB memang sangat cepat dengan proses yang terbilang mudah. Anda masih bisa mendapat pinjaman tanpa khawatir motor tidak bisa digadai. Terlebih jika barang jaminan tersimpan di pegadaian, biasanya akan disimpan dengan rapi dan sudah ada jaminan keamanannya. baca Cara Hitung Denda Telat Bayar Angsuran Motor Adira

Namun, karena persyaratan yang mudah dan risiko yang ditanggung pihak pegadaian, maka jumlah pinjaman pun jauh lebih kecil. Terlebih jika pihak leasing tidak ingin bekerja sama, bisa saja Anda dilaporkan dengan undang-undang tentang fidusia. Oleh sebab itu, meskipun bisa menggadaikan motor tanpa BPKB, tetapi Anda harus pintar memilih tempat pegadaian.

Tinggalkan Balasan