Bisakah Ganti Kartu NPWP Online Tanpa Harus Datang Ke KPP?

Ganti Kartu NPWP Online – Memiliki kartu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) adalah suatu hal wajib bagi Anda yang termasuk dalam kategori wajib pajak. Setelah memiliki kartunya, tentu Anda akan mendapat kemudahan dalam pembayaran pajak setiap bulannya.

Namun, seringkali ada hal-hal yang tak terduga sehingga menyebabkan hilang atau rusaknya kartu NPWP yang kita miliki. Bagi Anda yang hendak mengganti atau membuat ulang kartu NPWP, pembuatan harus dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Bagi kalian yang hendak membuat ulang kartu NPWP dan masih bingung bisakah ganti NPWP online tanpa harus datang ke KPP?? Ulasan ini akan mengulas bagaimana pembuatan ulang kartu NPWP seharusnya dilakukan.

Advertisements

Prosedur Dan tahapan Ganti Kartu NPWP Online

Tidak sama dengan pembuatan awal kartu NPWP, pendaftaran bisa dilakukan secara online. Pembuatan ulang kartu NPWP harus dilakukan di KPP dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pembuatan ulang untuk NPWP pribadi

Sama seperti pembuatan awal kartu NPWP, Anda harus mendatangi kantor pelayanan pajak terdekat. Adapun syarat-syarat yang harus dibawa adalah kartu tanda penduduk (KTP). Bawalah kartu penduduk asli beserta foto copy-nya. Baca Cetak Kartu NPWP di Kpp Lain

Kemudian mintalah formulir pendaftaran ulang ke petugas CS. Ketentuan pentingnya adalah Anda harus melakukan pembuatan ulang kartu NPWP sendiri, artinya tidak boleh diwakilkan. Bagi Anda yang terpaksa tidak bisa melakukannya sendiri, Anda harus menyertakan surat kuasa bermaterai 6000 sebagai gantinya.

Jika semua syarat di atas sudah lengkap dan telah dinyatakan valid, maka kartu NPWP baru Anda dapat dicetak hari itu juga.

  1. Pembuatan ulang untuk NPWP badan, yayasan, atau bisnis

Sedikit berbeda dengan pembuatan ulang kartu NPWP pribadi, pembuatan ulang kartu NPWP untuk yayasan atau badan usaha memiliki persyaratan yang berbeda. Syarat-syarat awal sama dengan syarat pembuatan ulang NPWP pribadi, ditambah lagi.

Anda harus menyertakan surat keterangan kehilangan dari kepolisian serta akta pendirian badan usaha. Tahap selanjutnya Anda tinggal menunggu persyaratan diproses dan divalidasi hingga kartu NPWP baru dicetak.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, bisakah ganti NPWP online tanpa harus datang ke KPP?? dan mengapa pembuatan ulang kartu NPWP harus diproses di kantor perlayanan pajak. Hal ini dilakukan sebab agar terjamin dan terjaganya data-data pribadi Anda.

Adapun nomor yang tercantum dalam kartu NPWP merupakan nomor penting yang berkaitan dengan data pajak diri kepada negara. Namun tenang, Anda tidak perlu khawatir untuk membuat ulang kartu NPWP. Selain proses ini tanpa memerlukan biaya, ketentuan-ketentuan yang ada sangatlah mudah dilakukan.

Ulasan mengenai ketentuan yang seharusnya dilakukan bagi kalian yang hendak membuat ulang kartu NPWP. Bagi kalian yang tadinya bertanya-tanya bisakah ganti NPWP online tanpa harus datang ke KPP?? Tentu Anda harus lebih bersabar untuk memproses pembuatan ulang, sebab kartu NPWP haruslah diproses di KPP. Selamat mencoba. Baca Mengecek Npwp Asli Atau Palsu

Advertisements

Ini Link Formulir Cetak Ulang NPWP, Jangan Salah Situs Ya

Memiliki NPWP adalah salah satu kewajiban warga negara dalam membantu pembangunan negeri. Tapi bagaimana jika NPWP yang sudah dibuat hilang atau rusak? Link formulir cetak ulang npwp Karena hanya dengan menggunakan link formulir tersebutlah Anda bisa mencetak ulang kartu NPWP yang sudah rusak ataupun hilang secara gratis.

Pada dasarnya, Anda bisa mengajukan pencetakan ulang NPWP melalui kantor pelayanan pajak secara langsung. Tapi agar tidak mengantri terlalu lama untuk mengisi formulir, ada baiknya jika Anda mengisi formulir cetak ulang NPWP sebelum datang ke kantor pajak.

Formulir Permohonan Cetak Ulang NPWP

Tentu saja, Anda juga harus membawa semua persyaratan sekaligus identitas diri yang dibutuhkan. Sebenarnya, banyak orang pernah mengalami masalah kartu NPWP yang hilang ataupun rusak. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena yang hilang hanyalah bentuk fisiknya saja.

Sementara data NPWP Anda sekaligus dengan identitasnya masih tersimpan dengan baik oleh Kantor Pajak. Sama halnya dengan kartu identitas lainnya, kartu NPWP juga bisa dicetak kembali sesuai dengan prosedur yang ada. Baca  cetak ulang NPWP Patah atau Rusak

Di dalam formulir permohonan untuk cetak ulang NPWP, ada beberapa kolom atau bagian yang harus diisi. Mulai dari pengisian nama KP2KP atau KPP, identitas pemilik NPWP, dokumen permohonan yang dibawa, alasan permohonan untuk mencetak ulang NPWP, tanggal, tahun, bulan dan kota tempat permohonan dibuat, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah cara mencetak ulang kartu NPWP dengan mudah.

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengisi dengan data sebenarnya, formulir cetak ulang kartu NPWP.Link formulir cetak ulang npwp atau Anda juga bisa meminta formulir di kantor pajak yang didatangi. Buka Download Disini
  2. Jangan lupa untuk mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan seperti fotocopi KTP atau bisa juga Kartu Keluarga. Jika kartu NPWP yang hilang adalah milik badan usaha atau perusahaan, maka persyaratan yang harus dibawa diantaranya adalah fotokopi KTP Direktur dan Akta Pendirian Perusahaan.
  3. Ada baiknya jika yang mengurus pencetakan adalah pemilik NPWP sendiri. Tapi jika berhalangan, bisa meminta orang lain dengan menyiapkan surat kuasa. Surat ini harus diberi materai seharga 6000. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan surat keterangan hilang yang diperoleh dari kepolisian. Hal ini sangat penting agar kartu NPWP Anda yang hilang bisa kembali dicetak.

Jika kartu NPWP rusak, maka Anda bisa membawa kartu yang lama agar dicetak kembali. Ingat, Anda harus mengisi form permohonan dengan data yang benar. Dengan begitu, proses pencetakan kartu NPWP baru Anda akan lebih cepat selesai.

Apabila semua data sudah benar dan diterima oleh pihak kantor pajak, maka Anda bisa langsung mendapatkan kartu NPWP yang baru. Jangan lupa, Ini Link formulir cetak ulang npwp, jangan salah situs ya.

Advertisements
error: