Bisakah Membuat NPWP Diwakilkan Teman atau Keluarga?

Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah sebuah kewajiban bagi setiap warga negara Indonesia yang sudah mencukupi usia wajib pajak atau yang sudah memiliki penghasilan per bulan atau total penghasilan per tahun dalam jumlah tertentu.

Jika sudah memenuhi kedua syarat ini, maka setiap warga negara sudah termasuk sebagai wajib pajak dan harus memiliki NPWP.

Namun terkadang ada juga beberapa orang yang mengalami kesulitan mengurus NPWP dan memilih untuk mewakilkannya.

Advertisements

Pertanyaannya, bisakah membuat NPWP diwakilkan teman atau keluarga? Maka jawaban dari pertanyaan ini tentu saja tidak boleh.

Bisakah Membuat NPWP Diwakilkan ??

Ketika Anda mendatangi KPP (Kantor Pratama Pajak) untuk mengurus NPWP, mungkin Anda sering mendapati banyak orang yang hendak mengurus NPWP harus kembali atau ditolak oleh petugas.

Hal tersebut biasanya karena pihak yang datang bukanlah wajib pajak yang seharusnya mengurus keperluan NPWP nya sendiri. Biasanya mereka adalah orang yang diberikan kuasa atau mewakilkan wajib pajak untuk mengurus NPWPnya.

Pertanyaan yang sering muncul dan banyak ditanyakan adalah bisakah membuat NPWP diwakilkan teman atau keluarga? Baca NPWP Harus Sesuai Alamat KTP

Direktorat Jenderal Pajak berdasarkan Peraturan Oleh Menteri Keuangan secara jelas menyatakan jika pembuatan NPWP untuk wajib pajak perorangan atau pribadi sama sekali tidak boleh diwakilkan. Sebagai gantinya, wajib pajak perorangan atau pribadi bisa melakukan pendaftaran sendiri secara online.

Advertisements

Dengan pendaftaran online ini, maka wajib pajak bisa mengurus atau membuat NPWP sendiri tanpa harus mewakilkan kepada pihak lain. Untuk mendaftar secara online pun bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Caranya, Anda bisa mengisi formulir pendaftaran terlebih dahulu di laman resmi Direktorat Jenderal Pajak. Setelah megisi formulir pendaftaran, Anda diminta untuk menyiapkan dokumen yang dibutuhkan saat hendak membuat NPWP tersebut. Dokumen ini pun harus diserahkan kepada KPP setempat.

Untuk memudahkan proses penyerahan berkas ini, meskipun Anda mendaftar secara online, pihak Direktorat Jenderal Pajak juga sudah menyiapkan solusi yang memudahkan. Anda tidak perlu datang langsung ke KPP setempat.

Anda bisa menyerahkan dokumen yang dibutuhkan dalam dua cara. Pertama adalah dengan menyerahkan dokumen dalam bentuk file yang diunggah ke laman pendaftaran NPWP yang sudah disediakan Direktorat Jenderal Pajak.

Cara kedua yang juga tak kalah memudahkan adalah dengan mengirimkan dokumen yang dibutuhkan tersebut melalui jasa pengiriman seperti Pos atau jasa ekspedisi lainnya. Dalam hal ini, Anda memiliki waktu hingga 14 hari untuk meyerahkan berkas atau dokumen yang dibutuhkan tersebut.

Dari penjelasan di atas, maka terjawablah sudah pertanyaan tentang bisakah membuat NPWP diwakilkan teman atau keluarga? Baca Alamat NPWP Beda Dengan KTP

Meskipun pembuatan NPWP tidak bisa diwakilkan, namun dengan adanya sistem pendaftran online dan pengumpulan dokumen yang bisa dilakukan baik secara online maupun dikirim melalui jasa pengiriman tersebut tentu tetap memberikan kemudahan bagi setiap wajib pajak.

Advertisements
error: