Bisakah Mengajukan KUR MANDIRI Tanpa Jaminan

Pengajuan Kur Mandiri – Sebagai salah satu program pinjaman bank yang paling banyak diminati, Kredit Usaha Rakyat (KUR) ternyata masih belum dipahami dengan jelas oleh masyarakat. Kebanyakan masyarakat hanya mengetahuinya secara garis besar sebagai program pinjaman modal usaha dari pemerintah yang disalurkan melalui bank-bank yang bekerja sama dengan pemerintah.

Hal ini juga yang dilakukan oleh bank Mandiri, yaitu menyalurkan program KUR milik pemerintah ke nasabahnya yang memenuhi persyaratan. Namun seperti disebutkan tadi, kebanyakan dari mereka tidak mengetahui apa saja persyaratannya dengan benar.

Salah satu persyaratan yang banyak dipertanyakan terkait pinjaman ini adalah kebutuhan adanya jaminan atau tidak. Mungkin sebagian dari anda lebih memahami bahwa pinjaman harus dilengkapi dengan jaminan agar dapat diproses.

Advertisements

Hal ini ada benarnya untuk jenis pinjaman tertentu, namun tidak semua jenis pinjaman. Ada beberapa jenis pinjaman lain yang bahkan tidak membutuhkan jaminan dan hal itu mungkin yang belum anda ketahui. Termasuk mengenai pinjaman KUR ini bisakah mengajukan KUR Mandiri tanpa jaminan? Pasti hal tersebutlah yang sering anda pertanyakan.

Jawaban untuk pertanyaan anda sebelumnya adalah bergantung apa jenis KUR Mandiri yang anda ajukan. Tahukah anda bahwa ada lebih dari satu jenis pinjaman KUR? Bank Mandiri sendiri membedakan pinjaman KUR ini ke dalam 4 jenis yang berbeda. Apa saja jenis KUR Mandiri tersebut? Mari simak penjelasannya berikut ini. Baca Syarat Kredit Untuk Usaha Tanpa Agunan Bank Mandiri

Jenis- Jenis Kur

  • KUR Mikro: pinjaman modal usaha untuk jenis usaha kecil yang biasanya tidak memiliki surat izin usaha, hanya surat keterangan usaha saja.
  • KUR Retail: pinjaman untuk modal usaha yang sedikit lebih menengah atau bisa juga koperasi. Jumlah pinjamannya lebih besar.
  • KUR Bantuan TKI: jenis pinjaman yang diberikan kepada TKI yang akan berangkat ke negara tempat mereka bekerja.
  • KUR Khusus: jenis pinjaman berupa bantuan modal untuk usaha khusus seperti perkebunan, perikanan, dan peternakan rakyat.

Bisakah Mengajukan KUR Mandiri Tanpa Jaminan?

Setelah mengetahui apa saja keempat jenis pinjaman modal tadi, kini waktunya anda mengetahui apakah bisa mengajukan KUR tadi tanpa jaminan? Jawabannya adalah bisa iya dan bisa tidak, bergantung pada jenis pinjaman apa yang anda ajukan ke KUR Mandiri.

Advertisements

Dari keempat jenis KUR Mandiri di atas, diketahui ada dua jenis pinjaman yang benar-benar tidak dipersyaratkan jaminan sama sekali, yaitu KUR Mikro dan KUR bantuan TKI. Hal ini dilatarbelakangi oleh besar pinjaman yang memang tidak terlalu besar.

Artinya, siapapun anda, jika anda memiliki UMKM maka ajukanlah pinjaman tanpa jaminan dengan jenis KUR Mikro yang berbantuan uang hingga 25 juta rupiah ini. Baca Apa Saja Syarat Mengajukan KUR MANDIRI Update

Lalu bagaimana dengan jenis KUR Mandiri lainnya. Perlu anda ketahui bahwa dua jenis KUR sisanya, yaitu KUR Ritel dan KUR Khusus membutuhkan jaminan jika diperlukan. Jaminan ini bersifat tidak wajib namun bisa saja diminta.

Alasannya adalah besar pengajuan pinjaman yang lebih besar dari nilai taksiran oleh bank. Anda tidak bisa tidak melengkapi jaminan ini, jika ingin pengajuan anda disetujui. Lalu apa kira-kira jaminan yang harus anda siapkan dan bagaimana perhitungan nilai jaminan ini nantinya?

Jaminan yang dapat anda ajukan untuk jenis KUR Ritel dan KUR Khusus adalah berupa BPKB kendaraan yang anda miliki atau Sertifikat bangunan/ tanah yang anda punya. Keduanya memiliki harga yang diperhitungkan untuk dapat membantu pengajuan anda disetujui. Soal berapa nilai dari jaminan anda dalam perhitungan pinjaman ini tentu berbeda-beda untuk setiap bank.

KUR Mandiri sendiri menetapkan bahwa nilai jaminan harus mulai dari 70% hingga kurang dari 100% nilai pinjaman yang diajukan. Artinya, jika anda ingin mengajukan pinjaman sebesar 200 juta rupiah, maka besar jaminan anda minimal adalah 140 juta rupiah.

Jadi begitulah tadi penjelasan mengenai bisakah mengajukan KUR Mandiri tanpa jaminan yang sudah dijawab bisa pada jenis KUR tertentu. KUR yang dapat anda ajukan tanpa jaminan seperti dijelaskan adalah KUR Mikro dan KUR Bantuan TKI. Lalu untuk sisanya anda kemungkinan saja dapat diminta menambahkan jaminan. baca Bunga KUR Mandiri Kisaran Berapa Persen Per Bulan

Namun hal ini pun sifatnya tidak pasti, hanya jika dibutuhkan dan diminta saja. Oleh sebab itu, anda dapat mempertimbangkan matang-matang jenis KUR apa yang ingin anda ajukan dan mungkinkah anda menambahkan jaminan jika dibutuhkan. Jika tidak, maka pilihlah KUR Mikro atau KUR Bantuan TKI tadi.

Advertisements
error: