Bisakah Minta Ulang Gadai Saat Lewat Jatuh Tempo

Pegadaian ialah tempat untuk memperoleh pinjaman dengan menyerahkan barang jaminan seperti perhiasaan emas, kendaraan hingga barang elektronik. Ketika masa pinjaman berakhir dan pinjaman sudah dilunasi, nasabah bisa minta gadai ulang alias memperoleh pinjaman lagi dengan barang jaminan yang sama.

Bagaimana cara minta gadai ulang? Caranya sangat mudah. Nasabah hanya perlu mendatangi outlet Pegadaian untuk meminta gadai ulang. Nasabah juga dapat menggunakan aplikasi Pegadaian Digital untuk memperoleh pinjaman lagi.

Itulah informasi mengenai gadai ulang di Pegadaian.

Advertisements

Tentang Pinjaman di Pegadaian

Pegadaian merupakan lembaga pembiayaan milik pemerintah dengan badan hukum “Persero”. Pegadaian diawali ketika VOC mendirikan bank  yang disebut Bank Van Leening di tahun 1746. Bank Van Leening ini melayani kredit dengan menerapkan sistem gadai.

Keberadaan Pegadaian terus bertahan hingga sekarang. Saat ini, Pegadaian dikenal sebagai sumber pinjaman yang syarat serta prosesnya mudah, dan menerapkan tarif rendah. Baca KETAHUI Pinjaman Uang Jaminan Ijazah Bisa Gak Sih di Pegadaian?

Selain pinjaman, di Pegadaian juga terdapat produk simpanan serta investasi yang berbasis konvensional dan syariah. Pegadaian juga menawarkan produk jasa lain seperti persewaan gedung, sertifikasi batu mulia, taksiran serta titipan emas.

Adapun produk pinjaman yang terdapat di Pegadaian antara lain :

KCA (Kredit Cepat dan Aman)

Pinjaman KCA dapat digunakan untuk keperluan konsumtif maupun produktif. Benda yang dapat dijadikan agunan di Pegadaian antara lain ialah emas batangan, perhiasan emas, sepeda motor, mobil, handphone, laptop serta barang elektronik lainnya. Pegadaian juga menerima Dinar sebagai barang jaminan.

Sebab Dinar terbuat dari emas. Adapun jumlah pinjaman yang dapat diperoleh berkisar antara Rp 50.000 – Rp 5.000.000.000. Namun tentu, jumlah pinjaman yang dicairkan akan diukur melalui barang yang diagunkan. Pinjaman di Pegadaian itu dapat dikembalikan dalam waktu maksimal 4 bulan dan dapat diperpanjang.

Syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mendapat pinjaman di Pegadaian ialah :

  1. Fotokopi KTP atau kartu penunjuk identitas lain
  2. Barang jaminan
  3. Bagi peminjam yang menggadaikan kendaraan bermotor maka harus membawa BPKB serta STNK asli
  4. Nasabah harus mengisi formulir dan menandatangani Surat Bukti Kredit

Krasida

Advertisements

Berbeda dengan KCA, Krasida merupakan pinjaman yang diperuntukkan bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Jumlah pinjaman yang dapat diperoleh dari Krasida berkisar dari Rp 1 juta – Rp 250 juta. Baca Persyaratan Perpanjangan di Pegadaian Mudah Kok

Pinjaman Krasida ini dapat dikembalikan dalam kurun waktu 6 – 24 bulan. Adapun barang yang dapat diagunkan ialah perhiasan emas serta kendaraan bermotor. Dana yang bisa dicairkan dari Krasida kira-kira ialah 95% dari nilai barang.

Apabila anda merupakan pengusaha yang sudah menggeluti usaha selama lebih dari setahun, maka dapat mengajukan Krasida. Kenapa? Sebab persyaratan untuk memperoleh pinjamannya sangatlah mudah.

Hanya perlu menyiapkan fotokopi KTP serta Kartu Keluarga, serta menyerahkan barang jaminan. Apabila barang jaminan adalah kendaraan bermotor, maka harus membawa BPKB asli, fotokopi STNK serta faktur pembelian kendaraan.

Yang menjadi pertimbangan utama ketika mengajukan pinjaman ialah, berapa biaya yang harus dikembalikan sebagai balas jasa? Krasida sendiri menerapkan tarif sewa modal. Setiap bulannya nasabah dikenakan tarif sewa modal mulai 12,5% per bulannya. Jadi, seumpama jumlah dana usaha yang dipinjam ialah senilai Rp 20 juta, maka tarif sewa modal per bulannya ialah Rp.2,5 juta.

Kreasi

Selain Krasida, Pegadaian juga memiliki pinjaman untuk UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Namun sistem penggadaian di Kreasi sedikit berbeda dengan Krasida. Di Kreasi, barang yang diagunkan ialah sepeda motor.

Namun, sepeda motor nasabah tidak perlu disimpan oleh Pegadaian. Tetapi hanya BPKB saja yang diminta Pegadaian. Jumlah pinjaman yang dapat diperoleh adalah Rp 1 juta – Rp 200 juta. Pinjaman Kreasi ini dapat dikembalikan dalam waktu 12 – 36 bulan. Baca Cara Mudah Cek Kredit Mobil di Bank BCA

Untuk dapat mengajukan pinjaman Kreasi, syarat yang perlu disiapkan antara lain fotokopi KTP, Kartu Keluarga, Surat Nikah (apabila sudah menikah), serta dokumen kepemilikan kendaraan yang sah (BPKB asli, fotokopi STNK serta faktur pembelian kendaraan).

Itulah produk yang terdapat di Pegadaian. Dari sekian banyak produk, mana yang cocok dengan kebutuhan Anda?

Advertisements
error: