Buat NPWP Harus Sesuai Domisili Atau Tidak, Atau Bisa Diluar Kota?

Bagi para pekerja atau pegawai yang sudah memiliki penghasilan tetap, membayar pajak adalah sebuah kewajiban. Meskipun ada perusahaan yang sudah mendaftarkan setiap karyawannya dalam daftar wajib pajak dan sudah memiliki NPWP, masih ada beberapa orang, terutama para wiraswasta, yang harus membuat NPWP sendiri.

Anda juga pasti pernah bertanya buat NPWP harus sesuai domisili atau tidak, atau bisa diluar kota? Pertanyaan ini sering ditanyakan terutama oleh karyawan atau pegawai yang sering dipindah tugaskan atau juga bekerja di luar wilayah domisili atau wilayah asalnya.

Maka Direktorat jenderal Pajak sudah memberikan solusi yang memudahkan.

Advertisements

Apakah Buat NPWP Harus Sesuai Domisili ??

Bagi para wajib pajak yang membuat NPWP diluar daerah asal atau tidak sama dengan alamat yang tercantum pada KTP, maka Anda pasti bertanya buat NPWP harus sesuai domisili atau tidak, atau bisa diluar kota? Jawabannya tentu saja bisa. Baca Alamat NPWP Beda Dengan KTP

Caranya juga sangat beragam dan cukup mudah. Yang pertama adalah pastikan Anda sudah memiliki surat keterangan domisili dari Kelurahan tempat Anda tinggal saat ini. Jika sudah, Anda bisa mulai mendaftar dengan mengisi formulir terlebih dahulu.

Pengisian formulir yang pertama bisa dilakukan secara online dengan mengunjungi laman www.pajak.go.id.

Disini, Anda akan mendapatkan formulir yang harus diisi dengan lengkap. Pastikan Anda mengisi alamat tempat tinggal Anda saat ini. Jika sudah mengisi.

Advertisements

Anda akan diminta menyiapkan berkas-berkas seperti fotokopi KK dan KTP, surat keterangan kerja, dan dokumen tambahan lain, seperti surat keterangan domisili tadi. Dokumen-dokumen ini bisa Anda serahkan secara online, yaitu hanya berupa file scan dokumen yang dibutuhkan atau mengirim dokumen secara langsung.

Cara kedua bisa Anda lakukan dengan mendatangi kantor pajaknya langsung. Dengan mendatangi kantor pajak pratamanya langsung, maka Anda juga harus langsung membawa dokumen yang dibutuhkan, termasuk surat keterangan domisili.

Prosedurnya pun masih sama, yaitu mengisi formulir terlebih dahulu, kemudian verifikasi dokumen. Jika sudah terverifikasi, Anda bisa langsung mendapatkan NPWP Anda saat itu juga.

Jika mungkin Anda kesulitan mendapatkan surat keterangan domisili dari kelurahan atau kecamatan tempat Anda tinggal, Anda bisa juga menggunakan surat keterangan kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan tempat Anda bekerja.

Untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan pendaftaran NPWP, Direktorat Jenderal Pajak terus meningkatkan layanan yang diberikannya.

Termasuk dalam menjawab pertanyaan yang sering diungkapkan oleh wajib pajak, “buat NPWP harus sesuai domisili atau tidak, atau bisa diluar kota?”. Untuk itulah dibuat sistem pendaftaran NPWP secara online. Baca Bisakah Membuat NPWP Diwakilkan

Dengan sistem ini, Anda tidak harus datang ke KPP secara langsung. Anda bisa membuat NPWP di lokasi Anda tinggal saat ini dengan mudah. Tentu saja dengan tetap menyertakan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Advertisements
error: