Bunga KUR Mandiri Kisaran Berapa Persen Per Bulan

Bunga KUR Mandiri – Mayoritas masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan bantuan pembiayaan modal usaha dari pemerintah yang dinamakan dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Seperti yang sudah anda ketahui juga KUR ini adalah bantuan yang sangat bermanfaat dan pastinya menarik untuk diajukan oleh para pemiliki usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi.

Namun tidak sembarang usaha akan mendapatkan kesempatan mengajukan KUR ini, hanya UMKM yang produktif dan memenuhi persyaratan saja yang pengajuannya akan diterima. Oleh sebab itu, anda pun harus mencobanya jika anda memiliki UMKM yang membutuhkan suntikan dana.

Salah satu bank yang bekerja dengan pemerintah untuk menyalurkan dana KUR ini adalah Mandiri. Seperti disebut-sebut dalam masyarakat, bunga KUR Mandiri adalah yang paling kecil dari bunga bank yang ditawarkan lainnya.

Advertisements

Kira-kira bunga KUR Mandiri kisaran berapa persen per bulan hingga menjadi menarik untuk masyarakat? Apakah anda penasaran mengenai hal tersebut? Jika iya, maka teruslah simak penjelasan lengkapnya pada bagian di bawah ini.

 

Kisaran Bunga KUR Mandiri Berdasarkan Jenisnya

Seperti berbagai jenis pinjaman lainnya, pinjaman KUR dibagi lagi menjadi beberapa jenis yang berbeda. Perbedaan jenis KUR ini didasarkan pada target debitur dan berapa besar pinjaman yang diberikan. Pada bank Mandiri sendiri setidaknya ada 4 jenis KUR yang perlu anda ketahui. Baca Cara Mengajukan KUR BRI 20 Sampai 100 Juta Perorangan

Keempat jenis KUR tersebut ternyata pun memiliki perbedaan terkait besar bunganya. Namun memang perbedaannya tidak terlalu besar. Tapi tidak ada salahnya bukan mempelajari kisaran bunga KUR Mandiri berdasarkan jenisnya ini? Jadi simak terus penjelasannya di bagian berikut ini.

  1. Jenis KUR Mikro

Pertama, KUR Mandiri memiliki jenis KUR Mikro yang ditujukan untuk berbagai jenis usaha kecil. Besar pinjaman yang diberikan untuk jenis KUR ini adalah maksimal 25 juta untuk setiap jenis usaha. Lama masa tenor untuk pinjaman ini maksimal adalah 2 tahun.

Sehingga besar persen bunga KUR Mandiri yang dibebankan kepada debitur adalah sekitar 7% per tahun atau 0,6% per bulan. Besar bunga yang sangat ringan karena memang tujuan pemerintah adalah memberikan bantuan untuk pengusaha kecil dan menengah dengan bunga yang ringan.

Advertisements
  1. Jenis KUR Ritel

Kedua, lain lagi dengan jenis KUR Ritel yang merupakan pinjaman bantuan modal usaha untuk jenis usaha yang sedikit lebih besar dan memiliki jaminan legal. Biasanya besar pinjaman jenis KUR ini adalah mulai dari 25 juta hingga 200 juta rupiah.

Sangat jauh lebih besar dari pinjaman oleh KUR Mikro bukan? Namun masa tenornya tidak jauh berbeda hanya 3 sampai 5 tahun saja. Anda dibebankan bunga sebesar 0,58% per bulannya untuk jenis pinjaman ini. Baca Syarat Kredit Untuk Usaha Tanpa Agunan Bank Mandiri

  1. Jenis KUR Bantuan TKI

Ketiga, ada juga jenis KUR yang ditujukan untuk bantuan bagi para TKI melakukan tugas di negara penempatan kerjanya. Tugas TKI yang membutuhkan biaya banyak ini pun dapat dimungkinkan dengan bantuan dari KUR yang khusus diberikan oleh pemerintah.

Besar pinjaman masimalnya pun sama yaitu 25 juta rupiah. Namun untuk masa tenornya disesuaikan dengan masa kerja TKI tersebut. Jika TKI tersebut bekerja selama 1 tahun, maka pinjaman harus dilunasi dalam masa waktu 1 tahun itu juga. Besar persen bunganya adalah kurang lebih 0,6% per bulan.

  1. Jenis KUR Khusus

Terakhir, anda juga dapat mengajukan jenis KUR khusus dengan syarat usaha nda dikelola secara bersama dengan mitra usaha dalam perkebunan, perikanan, atau peternakan rakyat. Besar bantuan modal pinjamannya pun tidak sedikit, mulai dari 25 juta hingga 500 juta rupiah besarnya.

Bagaimana dengan masa tenornya? Paling lama uang pinjaman harus dilunasi selama 4 – 5 tahun. Terkait persen bunga yang dibebankan pada kreditor diketahui bahwa bunganya juga sama ringannya, yaitu berkisar 0,58% per bulan.

Jadi itulah tadi penjelasan mengenai bunga KUR Mandiri kisaran berapa persen per bulan sesuai dengan jenisnya. Ternyata tidak begitu banyak bukan perbedaannya. Hanya saja, anda tetap harus memperhitungkan masing-masing kelebihan dan kekurangannya. Baca Apa Saja Syarat Mengajukan KUR MANDIRI Update

Semoga dengan mempertimbangkan matang-matang terkait hal ini, anda dapat segera memiliki bantuan modal yang akan menguatkan perkembangan usaha anda dengan baik. Jadi tunggu apa lagi? Segera persiapkan apa yang dibutuhkan dan ajukanlah KUR Mandiri segera!

Advertisements
error: