Cara Membuat NPWP Online Beda Domisili, Bisa Gak Ya?

Cara membuat npwp online beda domisili, bisa gak ya? Tentu saja hal ini bisa dilakukan. Pada dasarnya, sistem online diberlakukan agar tidak terlalu rumit dalam mengurus suatu hal, begitu pula dengan mengurus pendaftaran NPWP.

Mengurus NPWP melalui sistem online memang tergolong mudah daripada harus bolak-balik ke kantor perpajakan. Apalagi, jika ada persyaratan yang belum lengkap dan akan memakan waktu yang cukup lama untuk melengkapinya kembali.

Oleh karena itu, dinas perpajakan memberlakukan sistem online bagi para masyarakat yang ingin membuat NPWP secara mudah dan tidak memakan waktu, bahkan bagi mereka yang berbeda domisili.

Advertisements

Terkadang, ada beberapa keperluan yang mengharuskan seseorang untuk membuat NPWP sebagai salah satu syarat wajib. Entah itu untuk urusan pribadi maupun urusan kelompok.

Berikut Buat NPWP Online Beda Domisili dengan Mudah

Adanya pendaftaran NPWP melalui sistem online dapat mengatasi hal tersebut dengan mudah. Bagi Anda yang berbeda domisili, maka cara di bawah ini wajib Anda lakukan untuk membuat NPWP secara online: Baca Membuat NPWP Usaha Kecil

Advertisements
  1. Buatlah surat keterangan tinggal yang ditandatangani oleh ketua RT dan ketua RW. Surat keterangan tinggal ini wajib dibuat untuk mendapatkan surat keterangan domisili.
  2. Jika surat keterangan tinggal sudah selesai dibuat, maka datanglah ke kantor kelurahan daerah sesuai domisili Anda untuk mengajukan surat keterangan domisili sementara menggunakan surat keterangan tinggal tersebut. Untuk membuat surat keterangan domisili sementara tidak memakan waktu yang lama dan dapat selesai di hari yang sama. Apabila surat keterangan domisili sementara selesai dibuat, maka Anda harus scan dokumen tersebut terlebih dahulu sebelum mengajukannya ke pendaftaran NPWP berbasis online.
  3. Cara membuat NPWP online beda domisili, bisa gak ya? Dengan menyediakan scan kartu identitas diri berupa KTP tentu saja bisa dilakukan.
  4. Setelah dokumen selesai dipersiapkan, Anda bisa mengunjungi situs online pendaftaran NPWP di ereg.go.id. Situs ini merupakan situs resmi yang disediakan oleh Dinas Perpajakan bagi mereka yang ingin mendaftar NPWP.
  5. Di sana ada beberapa prosedur dan instruksi yang harus Anda ikuti, berupa pengisian formulir, mengunggah scan kartu tanda penduduk, dan mengubah scan surat keterangan domisili sementara. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu verifikasi dan NPWP Anda telah berhasil dibuat.

Perlu diketahui bahwa walaupun Anda membuat NPWP berbeda domisili secara online, tetapi NPWP yang telah dibuat tersebut tetap terdaftar menggunakan domisili sesuai dengan KTP Anda.

Cara membuat npwp online beda domisili, bisa gak ya? Jawabannya adalah sangat bisa. Perbedaannya hanya dalam menyediakan surat keterangan domisili sementara sebagai syarat membuat NPWP secara online yang memiliki domisili berbeda. Baca Membuat NPWP Toko Kelontong

Dan karena pendaftarannya secara online, maka Anda harus menyiapkan beberapa dokumen atau berkas yang telah di scan terlebih dahulu.

Advertisements
error: