Cara Mengecek Npwp Asli Atau Palsu, Mudah Kok

Cara mengecek npwp asli atau palsu, mudah kok cuma hanya berbekal handphone saja. Pada dasarnya NPWP memang menjadi hal yang sangat diperlukan untuk mengurus segala keperluan pajak.

Dengan memiliki NPWP, maka Anda sudah menjadi bagian dari warga negara yang baik dan taat pajak. Sebab pajak yang Anda bayarkan akan dikelola kembali oleh negara untuk membangun sarana-sarana yang menunjang kehidupan masyarakat.

Sama seperti kartu lainnya, NPWP juga tidak terlepas dari isu Asli dan Palsu. Banyak orang yang bertanya-tanya tentang cara mengetahui bahwa NPWP asli atau palsu.

Advertisements

Sebenarnya cara mengecek npwp asli atau palsu, mudah kok. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Akses Halaman Sesreg Pajak

Agar dapat mengetahui NPWP Anda asli atau palsu, maka Anda harus terlebih dahulu mengakses halaman resmi sesreg pajak. Setelah itu akan muncul sebuah jendela dengan form yang memuat kolom nomor, nama, dan e-mail. https://ssereg.pajak.go.id/accounts/newaccount.aspx

  1. Inputkan Nomor NPWP

Jika telah mengakses halaman tadi, selanjutnya silahkan Anda isikan nomor NPWP Anda pada kolom nomor yang telah disediakan. Pastikan nomor tersebut secara benar sesuai yang ada pada kartu NPWP. Baca Pengertian Npwp Online Status Kirim

Apabila telah selesai menginputkan nomor NPWP tadi, maka coba perhatikan kolom nama. Jika pada kolom nama telah terdeteksi secara otomatis, maka dapat dipastikan bahwa NPWP Anda asli.

Bagaimana cukup mudah bukan untuk mengetahui asli atau tidaknya NPWP? Cara lain yang juga dapat Anda coba adalah dengan mengunjungi KPP tempat Anda terdaftar sebagai wajib pajak. Cara ini merupakan cara terakhir dan ampuh untuk mengetahui keaslian NPWP Anda.

Anda dapat berkonsultasi dengan petugas KPP terkait keaslian NPWP Anda. Mereka akan melakukan proses pengecekan terhadap kartu NPWN tersebut. Dengan begitu Anda akan memperoleh jawaban yang lebih akurat terkait keaslian NPWP Anda.

Hal lain yang juga dapat Anda ketahui seputar asli atau tidaknya NPWP ini adalah status dari NPWPN itu sendiri. Ada dua jenis status NPWP yang lumrah ditemukan, yaitu PE dan NE.

Apabila saat melakukan pengecekan NPWP Anda berstatus PE, maka sesungguhnya ini Anda termasuk anggota yang baru saja mendaftarkan diri sebagai wajib pajak. Dengan status PE ini pula Anda dinyatakan belum berhak melakukan pembayaran wajib pajak. Baca Lama Npwp Online Disetujui

Sementara jika status NPWP Anda adalah NE, maka hal ini berarti NPWP Anda sedang tidak aktif. Agar dapat mengaktifkannya kembali, Anda dapat menghubungi KPP terdekat untuk mengajukan permohonan pengaktifan NPWP.

Itulah tadi beberapa cara terkait untuk mengetahui asli atau tidaknya NPWP. Ada baiknya jika Anda langsung saja mengunjungi KPP Anda untuk memperoleh informasi yang lebih akurat terkait NPWP tersebut.

Advertisements

Apakah Bisa Cek No NPWP dengan Nama dan Alamat?

Apakah bisa cek no NPWP dengan nama dan alamat? Pertanyaan tersebut sering muncul di kalangan masyarakat saat ini. Banyak orang yang masih belum mengetahui bagaimana cara mengetahui nomor NPWP mereka. Banyak pula yang tidak mengetahui apakah nomor NPWP masih aktif atau tidak.

Apabila Anda telah memiliki kartu NPWP dan Anda tiba-tiba lupa dengan nomor tersebut, maka Anda tidak perlu khawatir karena terdapat berbagai cara untuk mencari tahu kembali nomornya. Caranya yaitu salah satunya dengan menggunakan nama.

Apakah bisa cek no NPWP dengan nama dan alamat? Ya Anda bisa mencari nomor tersebut dengan data nama dan alamat yang bisa ditelusuri secara online. Berikut ini informasi lengkap tentang cek nomor NPWP dengan nama dan alamat.

Pertama Anda bisa mencari nomor NPWP dengan datang ke KPP terdekat di kota Anda. Ketika Anda berada di KPP tersebut, Anda akan bertemu dengan petugas kantor dan tinggal menyebutkan nama lengkap Anda.

Kemudian Anda harus menunjukan data diri yang akan membantu proses pencarian yakni KTP Anda dimana terdapat data alamat rumah Anda. Proses pencarian nomor NPWP tersebut tidak memakan waktu yang lama karena sebelumnya seluruh data Anda telah direkam ke dalam database di kantor pajak.

Kemudian jika Anda tidak sempat datang ke KPP, Anda bisa menggunakan opsi kedua yaitu telfon ke Dirjen Pajak. Anda dapat menghubungi nomor Dirjen Pajak dan menjelaskan perihal NPWP Anda.

Dalam melaporkan kepada Dirjen Pajak, Anda harus memberikan data nama lengkap serta alamat dan jika diperlukan identitas lain juga dapat Anda sebutkan. Dengan memberikan data lengkap dan sesuai, maka proses pencarian nomor Anda akan dapat mudah dilakukan.

Tidak hanya kedua cara di atas, Anda juga bisa melakukan pengecekan nomor secara online. Caranya tidak rumit, Anda hanya tinggal mengakses situs Dirjen Pajak dengan memasukkan email dan nama yang telah Anda daftarkan.

Setelah itu Anda akan menuju halaman dimana identitas mengenai NPWP Anda akan terlihat termasuk nomor NPWP Anda. Jika nomor tidak muncul, kemungkinan NPWP Anda masih non-aktif. Untuk masalah ini Anda harus bertindak untuk datang ke KPP supaya bisa ditangani dan Anda bisa mendapatkan nomor NPWP kembali. Baca Mengetahui Nomor NPWP Secara Online

Terakhir yaitu Anda bisa mengirim email kepada pihak KPP. Anda bisa mengirim email ke pengaduan dengan mudah yaitu hanya dengan menuliskan nama lengkap serta identitas lainnya. Dalam waktu yang tidak lama, maka email akan dibalas oleh Dirjen Pajak terkait dengan NPWP Anda.

Itulah tadi beberapa cara untuk mengetahui nomor NPWP jika Anda lupa dan ingin mengetahuinya kembali. Jadi Apakah bisa cek no NPWP dengan nama dan alamat?Tentu saja bisa dengan menerapkan cara-cara di atas.

Advertisements
error: