Cara Mudah Cek Bank dari Nomor Rekening Via Online

Diposting pada

Setiap bank yang beroperasi dan terdaftar secara legal, memiliki digit nomer rekening yang berbeda-beda. Digit tersebut biasanya digunakan untuk mengetahui dari mana bank yang bersangkutan berasal. Terlebih, tiap nasabah memiliki digit dengan kode unik yang tidak akan sama satu dengan lainnya.

Hanya saja, kadang karena tidak tahu dari bank mana nomer rekening tersebut berasal, Anda jadi sulit untuk melakukan transaksi kepada yang bersangkutan. Sebab, masing-masing bank memiliki kode sendiri yang harus dimasukkan sebelum transfer sejumlah uang.

Untuk cek bank dari nomor rekening online, tampaknya sampai sekarang masih cukup sulit. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui asal bank adalah sebagai berikut.

Mengecek Asal Bank Lewat Nomer Rekening

Seperti yang sudah diuraikan di atas, pada dasarnya nomor setiap rekening nasabah bank itu unik. Hal tersebut supaya proses transaksi tiap nasabah tidak tertukar atau keliru. Baca Pengalaman Mengambil Motor yang Ditarik Leasing FIF

Permasalahannya adalah karena setiap nomer rekening berbeda, dan bahkan tiap bank tidak memiliki ciri khusus pada nomor rekening nasabahnya, kita terkadang kesulitan untuk tahu asal bank dari nomor rekening tersebut. Apalagi jika keperluan Anda adalah untuk transfer, di mana perlu kode khusus dari bank yang dituju supaya transaksi bisa sukses.

Advertisements

Cara Mudah Cek Bank dari Nomor Rekening Via Online

Cara paling mudah untuk mengetahui asal bank adalah dengan bertanya langsung pada yang bersangkutan. Misalnya, Anda ingin mentransfer sejumlah uang kepada teman, langsung tanyakan ke bank apa uang harus ditransfer.

Advertisements

Cara lainnya adalah dengan mengamati jumlah digit nomor rekening. Ada bank dengan digit rekening 16, 15, 13, 12, maupun 10. Dengan begitu Anda bisa mengidentifikasi bahwa nomor rekening tersebut dari bank mana. Sayangnya, cara ini memiliki kelemahan karena beberapa bank memiliki jumlah digit yang sama.

Terutama bank dengan jumlah digit rekening 10, ada beberapa bank dengan ciri berdigit rekening 10 yang sulit diidentifikasi jika Anda tidak tanya langsung pada pemilik nomor tersebut secara langsung. Inilah mengapa, di setiap pamflet, informasi transfer, dan lain-lain selalu mencantumkan asal bank, baru diikuti nomor rekening. Baca Adakah Potongan Pelunasan KUR BRI Sebelum Jatuh Tempo

Lupa Nomor Rekening Bank? Lakukan Cara Ini Untuk Mengetahuinya

Ketika melakukan transaksi, terkadang bukan hanya Anda yang ingin mentransfer sejumlah uang, tetapi pihak lain pun memiliki kebutuhan yang sama, di mana mereka pun terkadang harus transfer uang kepada Anda. Namun, ketika diminta untuk mengirimkan nomor rekening, Anda lupa.

Supaya transaksi dapat berjalan lancar, Anda bisa mengecek nomor rekening dengan beberapa cara.

Pertama, buka kembali buku tabungan Anda jika memang membawanya. Apabila tidak bawa, Anda dapat juga melihat nomor rekening melalui mesin ATM. Caranya, silakan masukkan kartu ATM dan cek Mutasi Rekening. Dari sana Anda dapat melihat history transaksi beserta nomor rekening Anda.

Apabila tergabung dalam internet banking, gunakan fitur tersebut untuk mencari tahu info nomor rekening Anda. Internet banking biasanya menyediakan informasi lengkap. Bisa juga Anda mengecek nomor rekening melalui penggunaan mobile banking. Cara ini malah lebih mudah karena nomor rekening bisa dicek secara langsung saat itu juga dengan aplikasi mobile banking yang sudah Anda instal. Baca Berapa Biaya Administrasi KUR Mandiri Ya?

Selain itu, untuk melakukan transaksi secara aman, Anda juga bisa melakukan pengecekan nomor rekening secara online di website milik pemerintah. Anda dapat melihat apakah nomor rekening yang bersangkutan pernah melakukan tindakan penipuan atau tidak. Dengan begitu Anda akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Balasan