Cara Pengajuan Pinjaman Koperasi Jaminan Jamsostek

Diposting pada

Semua orang pasti sudah mengenal koperasi, bukan? Indonesia yang sudah memakai koperasi dari zaman dulu, sampai sekarang masih saja dimanfaatkan masyarakat. Mulai dari perusahaan, sekolah, sampai bidang usaha lainnya juga menggunakannya untuk kesejahteraan masyarakatnya. Namun, banyak juga yang mempertanyakan, bisakah pinjaman koperasi jaminan Jamsostek?

Sebagai karyawan, Jamsostek merupakan perlindungan yang menjamin. Jamsostek sendiri yaitu Jaminan Sosial Tenaga Kerja yang memberikan perlindungan pada karyawan atau tenaga kerja lainnya agar resiko sosial ekonominya bisa teratasi dengan lebih baik. Bisa dikatakan kalau Jamsostek tidak berbeda jauh dengan asuransi pada umumnya.

Apakah Bisa Kartu Jamsostek Menjamin Peminjaman Uang di Koperasi?

Karena keunggulannya yang memberikan jaminan lebih pada para tenaga kerja di Indonesia, tidak heran berbagai bank atau lembaga keuangan lainnya menawarkan pinjaman uang bagi pemegang Jamsostek. Mereka yang memiliki Jamsostek, bisa meminjam uang sesuai nilai dana yang ada di dalamnya.

Tentu saja untuk mendapatkan pinjaman tersebut, pemegang Jamsostek harus mencari lembaga keuangan yang memberikan layanan peminjaman uang dengan jaminan kartu tersebut. Tidak semua lembaga keuangan yang menawarkan jaminan kartu yang satu itu, begitu juga dengan koperasi.

Koperasi yang digunakan masyarakat sebagai tempat menyimpan dan meminjam uang tidak semuanya yang memberikan jaminan Jamsostek. Memang bagi pemegang kartu tersebut lebih mudah mengajukannya, apalagi syarat-syarat yang diberikan koperasi mudah, tentu akan menjadi semakin mudah proses ke depannya.

Advertisements

Cara Pengajuan Pinjaman Koperasi Jaminan Jamsostek

Tapi sayangnya, tidak semua koperasi di Indonesia yang dapat Anda manfaatkan untuk meminjam uang dengan memakai jaminan kartu tenaga kerja tersebut. Kalau pun Anda menemukan koperasi yang bisa menerimanya, pastikan Anda mengetahui syarat pengajuannya dan caranya.

Advertisements

Syarat dan Cara Pengajuan Pinjam Uang di Koperasi Memakai Jamsostek

Sebelum Anda mengajukannya, ketahui terlebih dahulu syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan agar pengajuan Anda diterima. Baca Jika Saya Deposito 10 Juta Dapat Bunga Berapa

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia atau WNI di atas umur 21 tahun.
  2. Sudah membayar simpanan wajib dan pokok sesuai hitungan jumlah yang sudah ditetapkan.
  3. Menyetujui anggaran-anggaran tertentu yang ditetapkan koperasi.
  4. Status keanggotaan sudah menjadi anggota atau pun calon anggota.
  5. Sudah mengisi formulir pinjaman.
  6. Foto kopi KTP suami istri kalau memang sudah menikah.
  7. Foto kopi KK atau Kartu Keluarga, slip gaji, dan rekening listrik.
  8. Foto kopi kartu Jamsostek.

Kalau sudah semuanya syarat-syaratnya lengkap, Anda tinggal datang ke koperasi yang Anda pilih. Selanjutnya, Anda hanya tinggal mengikuti cara-cara pengajuannya di bawah ini.

  1. Isi formulir pengajuan dengan lengkap dan jelas. Biasanya di formulir ini juga Anda perlu mengisikan berapa jumlah uang yang ingin dipinjam dan berapa lama tenornya.
  2. Berikan semua berkas-berkas dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya ke petugas beserta formulir yang sudah Anda isikan.
  3. Tunggu konfirmasi pengajuannya dari petugas. Biaya tidak memakan waktu lama, hanya sekitar 5 menit saja, Anda sudah bisa menerima konfirmasi pengajuan pinjaman Anda.
  4. Kalau sudah diterima, Anda dapat langsung mendapatkan uangnya, baik dikirim ke rekening atau pun secara cash.

Dari penjelasan di atas, Anda tidak perlu bingung lagi bisakah pinjaman koperasi jaminan Jamsostek. Ada beberapa koperasi tertentu yang memang memberikan tawaran peminjaman dengan jaminan kartu tenaga kerja tersebut, ada pula yang memang tidak menawarkan jaminan tersebut. Baca Syarat dan Tabel Pinjaman FIF Jaminan BPKB Motor

Maka dari itulah, bagi Anda yang tidak memiliki kartu Jamsostek, Anda masih bisa mencari pinjaman koperasi yang tidak perlu memakai jaminan apa pun. Keberadaan koperasi sekarang ini memang memudahkan masyarakat dalam mengatasi finansialnya. Anda yang membutuhkan dana mendadak, tidak ada salahnya meminjam uang dari koperasi.

Tinggalkan Balasan