Cuma Segini Biaya Perpanjangan SIM C Kemarin

SIM C adalah surat izin mengemudi yang diperlukan bagi pengendara sepeda motor di Indonesia. SIM C memiliki masa berlaku lima tahun dan harus diperpanjang sebelum masa berlaku habis.

Jika tidak, pengendara harus membuat SIM C baru dan membayar biaya yang lebih mahal. Lalu, berapa biaya perpanjangan SIM C ?

Apa saja syarat dan prosedur yang harus dilakukan? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Biaya Perpanjangan SIM C

Cuma Segini Biaya Perpanjangan SIM C Kemarin

Biaya perpanjangan SIM C ditetapkan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Advertisements

Berikut ini adalah rincian biaya perpanjangan SIM C:

  1. Biaya penerbitan SIM C baru: Rp 100.000
  2. Penerbitan SIM C I baru: Rp 100.000
  3. Biaya penerbitan SIM C II baru: Rp 100.000
  4. Perpanjangan SIM C: Rp 75.000
  5. Biaya perpanjangan SIM C I: Rp 75.000
  6. Perpanjang SIM C II: Rp 75.000

Selain biaya perpanjangan SIM C di atas, pengendara juga harus membayar biaya tambahan, yaitu:

  • Biaya asuransi: Rp 30.000
  • Biaya pemeriksaan kesehatan: Rp 25.000

Jadi, total biaya perpanjangan SIM C 2022 adalah Rp 130.000. Biaya ini berlaku untuk semua jenis SIM C, baik SIM C biasa, SIM C I (untuk pengendara sepeda motor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc), maupun SIM C II (untuk pengendara sepeda motor dengan kapasitas mesin di bawah 250 cc).

Syarat Perpanjangan SIM C

Syarat perpanjangan SIM C 2022 tidak terlalu rumit. Pengendara hanya perlu menyiapkan dokumen-dokumen berikut ini:

  1. Fotokopi KTP yang masih berlaku
  2. Fotokopi SIM lama dan SIM asli
  3. Bukti pemeriksaan kesehatan

Pengendara juga harus memastikan bahwa masa berlaku SIM lama belum habis. Jika sudah habis, maka pengendara harus mengurus pembuatan SIM baru dan mengikuti tes teori dan praktek kembali.

Prosedur Perpanjangan SIM C

Prosedur perpanjangan SIM C dapat dilakukan di kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Polres atau Polresta terdekat atau melalui layanan SIM keliling yang biasanya tersedia di tempat-tempat umum seperti mal, pasar, atau taman kota.

Berikut ini adalah langkah-langkah perpanjangan SIM C:

  1. Datang ke lokasi perpanjangan SIM dengan membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan.
  2. Mengisi formulir permohonan perpanjangan SIM dan menyerahkan dokumen-dokumen ke petugas.
  3. Melakukan pemeriksaan kesehatan di tempat yang disediakan atau membawa bukti pemeriksaan kesehatan dari dokter atau rumah sakit.
  4. Membayar biaya perpanjangan SIM sesuai dengan jenis dan golongan SIM yang dimiliki.
  5. Menunggu proses pencetakan dan penyerahan SIM baru oleh petugas.

SIM C untuk siapa?

SIM C adalah surat izin mengemudi untuk sepeda motor. SIM C diperlukan bagi siapa saja yang ingin mengendarai sepeda motor di Indonesia.

SIM C berlaku untuk lima tahun dan harus diperpanjang sebelum masa berlaku habis. Jika tidak, pengendara harus membuat SIM C baru dan mengikuti tes teori dan praktek lagi.

Apa bisa bikin SIM di samsat?

Anda bisa bikin SIM di samsat, asalkan Anda memenuhi syarat dan prosedur yang berlaku. Berikut ini adalah cara bikin SIM di samsat yang bisa Anda ikuti:

Advertisements

Pertama, Anda harus mendaftar secara online melalui situs resmi Korlantas Polri atau [aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR)]. Anda harus mengisi data diri, memilih jenis SIM, dan memilih lokasi samsat atau satpas yang tersedia.

Kedua, Anda akan mendapatkan email konfirmasi yang berisi kode registrasi dan biaya pembuatan SIM. Anda harus membayar biaya tersebut di ATM, EDC, atau teller BRI sesuai dengan nominal yang tertera pada email.

Ketiga, Anda harus datang ke lokasi samsat atau satpas yang sudah Anda pilih sebelumnya dengan membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan, yaitu:

  1. Fotokopi dan asli KTP
  2. Fotokopi dan asli SIM lama (jika perpanjangan)
  3. Sertifikat lulus pendidikan dan pelatihan mengemudi dari lembaga terakreditasi (jika pembuatan SIM baru)
  4. Surat hasil verifikasi kompetensi mengemudi dari sekolah mengemudi terakreditasi (jika pembuatan SIM baru dan belajar sendiri)
  5. Bukti pembayaran biaya pembuatan SIM

Keempat, Anda harus mengikuti ujian teori dan ujian praktik sesuai dengan jenis SIM yang Anda inginkan. Jika Anda lulus ujian teori dan praktik, maka Anda akan dipanggil untuk pembuatan SIM.

Kelima, Anda akan mendapatkan SIM baru yang berlaku selama lima tahun. Jika Anda tidak lulus ujian teori atau praktik, maka Anda harus mengulanginya lagi sampai lulus.

Apakah buat SIM bisa langsung jadi?

Tidak, buat SIM tidak bisa langsung jadi. Anda harus mengikuti beberapa proses dan syarat yang berlaku, baik secara offline maupun online.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang cara membuat SIM:

Secara offline, Anda harus datang ke kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) terdekat dengan membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP, surat keterangan sehat, dan formulir permohonan.

Anda juga harus mengikuti ujian teori dan ujian praktik di tempat. Jika Anda lulus ujian, Anda akan mendapatkan SIM baru yang berlaku selama lima tahun.

Secara online, Anda bisa menggunakan aplikasi SIM Nasional Presisi (Sinar) yang bisa Anda unduh di Play Store atau App Store.

Anda harus melakukan registrasi, verifikasi, pembayaran, dan ujian teori melalui aplikasi. Namun, Anda tetap harus datang ke Satpas untuk melakukan ujian praktik dan mengambil SIM baru.

Biaya pembuatan SIM tergantung pada jenis dan golongan SIM yang Anda inginkan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016, berikut ini adalah rincian biaya pembuatan SIM:

Jenis SIM Biaya
SIM A Rp 120.000
SIM A Umum Rp 120.000
SIM B1 Rp 120.000
SIM B1 Umum Rp 120.000
SIM B2 Rp 120.000
SIM B2 Umum Rp 120.000
SIM C Rp 100.000
SIM D Rp 50.000

Selain biaya pembuatan SIM, Anda juga harus membayar biaya tambahan, seperti biaya asuransi (Rp 30.000), biaya pemeriksaan kesehatan (Rp 25.000), dan biaya pengiriman (Rp 10.000) jika Anda menggunakan layanan online.

Advertisements
Share

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top