Gadai Sertifikat Tanah Tanpa Survey, Ini Dia Resikonya?

Gadai Sertifikat Tanah Tanpa Survey – Terkadang orang membutuhkan dana tunai untuk berbagai alasan dan salah satu caranya adalah dengan gadai sertifikat tanah.

Memang sekarang ini sangat banyak lembaga keuangan baik yang milik pemerintah maupun swasta yang menerima sertifikat tanah sebagai agunan.

Penggunaan sertifikat tanah untuk mendapatkan dana atau mengajukan hutang sudah sangat lumrah di Indonesia, jadi sudah banyak orang yang mengajukan pinjaman dengan menggadai sertifikat tanah miliknya.

Advertisements

Penggunaan sertifikat tanah untuk mengajukan pinjaman juga dinilai memiliki kekuatan lebih, karena tanah merupakan salah satu aset yang sangat kuat dan harganya selalu meningkat setiap tahunnya.

Atas dasar itulah maka penggunaan sertifikat tanah untuk mendapatkan jaminan sangatlah kuat dan memiliki kemungkinan besar disetujui. Baca Gadai Sertifikat Atas Nama Orang Tua

Persiapan Untuk Gadai Sertifikat Tanah

Untuk beberapa lembaga seperti bank untuk mengajukan pinjaman dengan agunan sertifikat tanah biasanya perlu untuk dilakukan survey terlebih dahulu, karena dengan proses survey ini akan dilihat dan diukur perkiraan harga dari tanah tersebut.

Setelah itu barulah bisa ditemukan nilai pinjaman yang bisa diambil dan disetujui oleh pihak bank. Mengenai besaran nilai pinjaman uangnya tergantung dari kebijakan bank yang menyediakan program atau produk pinjaman menggunakan agunan sertifikat tanah.

Kebanyakan bank memiliki aturan besaran nilai pinjaman yang bisa disetujui adalah sebesar 75% dari nilai agunan berdasarkan penilaian bank.

Advertisements

Akan tetapi kenyataanya sekarang jarang sekali dilakukan survei, karena memang sekarang ini perbankan lebih melihat dari sisi kredibilitas orang yang mengajukan pinjaman. Baca Jaminan Sertifikat Bukan Atas Nama Sendiri

Lalu adakah gadai sertifikat tanah tanpa harus melalui proses survey? Mungkin memang ada beberapa lembaga yang memungkinkan untuk mengajukan pinjaman menggunakan sertifikat tanah tanpa harus melalui proses survey, dan biasanya nilai yang dijadikan dasar untuk menentukan nilai hutang yang akan disetujui lebih kecil dibandingkan dengan nilai hutang yang melalui proses survei.

Dasar pertimbangannya hanyalah BI checking dan juga riwayat kredit dari yang mengajukan kredit, sehingga kebanyakan lembaga keuangan hanya akan menyetujui besaran nilai hutang sebesar 50% dari nilai agunan.

Akan tetapi kelebihan dari tanpa survey adalah lebih cepat untuk pencarian dana, karena itu sebagian besar orang yang mengajukan kredit tanpa survey adalah orang yang butuh dana cepat.

Ada beberapa langkah yang harus dijalani bila menginginkan untuk mengajukan kredit dengan agunan sertifikat rumah tanpa melalui proses survey.

Sebenarnya langkah yang diperlukan hampir sama dengan langkah pengajuan kredit dengan tipe lainnya yaitu dengan menyerahkan berkas-berkas ke lembaga keuangan yang dimaksud.

Berkas-berkasnya sendiri sebenarnya juga tidak terlalu sulit seperti misalnya KTP dan fotocopynya, lalu KK dan fotocopynya, buku tabungan, dan agunan yaitu sertifikat tanah. baca Syarat Ketentuan Pinjaman Bank BNI

Setelah semua berkas lengkap maka anda sudah bisa melakukan gadai sertifikat tanah dan bisa mendapatkan dana yang dibutuhkan dengan cepat.

Advertisements
error: