Hitung Simulasi KPR BRI Syariah Sebelum Mengajukan

Simulasi KPR BRI Syariah – Perbankan dengan prinsip syariah sudah cukup lama dikembangkan dan diterapkan di Indonesia. Berbagai layanan bank saat ini sudah bisa ditemukan versi syariahnya untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang ingin keuangannya diolah oleh bank namun mengikuti prinsip-prinsip islam yang berlaku.

Salah satu layanan perbankan yang saat ini sudah berprinsip syariah juga adalah dalam hal Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). KPR seperti diketahui adalah jenis pinjaman yang diajukan nasabah ke bank untuk membeli rumah dan menyicilnya ke bank sebagai pelunasannya.

Secara konvensional, tentu KPR dibayarkan ke bank bersama dengan bunganya juga. Namun prinsip bunga ini tidak dikenal dalam prinsip perbankan syariah.

Advertisements

Jika tidak ada bunga dalam KPR syariah, maka bagaimana proses jual beli dilakukan? KPR Syariah tidak mengenal konsep bunga yang bersifat fluktuatif seperti KPR konvensional. Melainkan pada KPR syariah transaksi dilakukan dalam bentuk barang sebagai pengganti transaksi bunga berupa uang.

Konsepnya nasabah tidak membeli rumah secara angsuran berbunga seperti KPR konvensional, melainkan membeli rumah dari Bank yang telah membeli rumah terlebih dahulu dengan ditetapkan sejumlah keuntungan di awal. Jadi rumah yang dibeli dengan KPR syariah sudah ditentukan harga fix sejak awal.

Beberapa bank di Indonesia sudah menerapkan konsep KPR syariah ini, salah satunya adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). KPR BRI syariah diketahui memiliki cara perhitungan yang sama dengan konsep KPR syariah di bank lainnya.

Hanya saja memang dengan konsep bank menjual kembali rumah ke nasabah berdasarkan keuntungan tertentu, dapat menyebabkan besar angsuran yang harus dibayarkan melalui KPR syariah ini lebih besar dari KPR konvensional. Oleh sebab itu, jika anda memang tetap ingin mengajukan KPR BRI syariah, lebih baik anda mempelajari dahulu cara hitung simulai KPR BRI syariah sebelum mengajukan permohonannya.

Ingin tahu bagaimana cara hitung simulasi KPR BRI syariah tersebut? Simak penjelasannya pada bagian di bawah ini. Baca dulu Syarat Pinjaman Bank Mandiri Karyawan Kontrak Tetap

Contoh Hitung Simulai KPR BRI Syariah Sebelum Mengajukan

Advertisements

Jika anda ingin melakukan perhitungan simulai KPR BRI syariah dalam pembiayaan pembelian rumah, maka anda dapat memperhatikan contoh berikut ini. Contoh berikut akan menjelaskan sebuah rumah yang dijual dengan harga 300 juta rupiah.

Anda ingin membeli rumah tersebut dan mengajukannya ke KPR BRI syariah. KPR BRI syariah akan menanyakan berapa uang muka (down payment – DP)  yang anda bisa bayarkan. Misalkan anda mampu membayar DP sebesar 100 juta rupiah. Lalu berapa selanjutnya besar cicilan anda dalam hal KPR BRI syariah ini?

Seperti dijelaskan sebelumnya bank pada KPR BRI syariah berperan sebagai penjual kembali rumah yang telah dibelinya secara lunas ke nasabah. BRI misalkan akan membeli rumah seharga 300 juta rupiah yang anda inginkan tersebut karena anda telah memasukkan permohonan KPR. Baca Syarat Wajib Kredit PNS Bank Mandiri Terbaru

Maka BRI akan mengurangi harga yang dibayarkannya dari harga DP yang anda sanggupi untuk bayar. Jadi dari harga 300 juta rupiah anda membayar 100 juta rupiah, maka artinya bank membayar 200 juta rupiah kepada pemilik rumah sehingga rumah resmi menjadi milik bank.

Kemudian, bank akan menjual rumah tersebut ke anda sebagai nasabah pemohon KPR BRI Syariah. Setelah membeli rumah seharga 200 juta rupiah tadi, maka bank akan menambahkan keuntungan harga untuk menjualnya ke anda.

Keuntungan ini disebut juga sebagai harga margin. Harga margin biasanya berkisar antara 15% – 20% per tahun. Berapa tahun anda ingin mencicil KPR syariah anda? Jika anda ingin mencicil selama 5 tahun, maka jika diambil nilai margin 15% berarti anda harus melunasi 200 juta rupiah ditambah 75% dari harga tersebut ke bank dengan angsuran.

Contoh Perhitungan:

75% dari 200.000.000 = 150.000.000

Total Pinjaman ke Bank:

200.000.000 + 150.000.000 = 350.000.000

Lama Pinjaman:

5 Tahun = 60 bulan

Besar Angsuran per Bulan:

350.000.000 : 60 bulan = 5.833.334

Jadi besar angsuran per bulan dari KPR BRI syariah untuk rumah seharga 300 juta rupiah, DP 100 juta rupiah selama 5 tahun adalah Rp5.833.334. Nilai angsuran yang sebenarnya jauh lebih mahal dari KPR konvensional memang. Baca Segini Bunga Pinjaman Bank Mandiri

Namun jika memang anda menginginkannya tidak jadi masalah. Pastikan untuk memanfaatkan KPR syariah ini ketika suku bunga sedang bergejolak naik, anda tidak perlu khawatir dengan kenaikan cicilan karena pada prinsipnya KPR syariah cicilannya tetap.

Advertisements
error: