Hitungan Kalkulator KPR BTN Dengan Uang Muka

Kalkulator KPR BTN – Bank Tabungan Negara (BTN) adalah salah satu bank milik pemerintah yang menawarkan banyak sekali program pinjaman bagi pemerintah. Program pinjaman dari BTN salah satunya berkaitan untuk anda membeli rumah. Beli rumah sendiri memang menjadi salah satu hal yang sulit diwujudkan oleh banyak orang saat ini.

Ada banyak masyarakat yang kesulitan untuk membeli rumah sendiri karena harganya yang mahal. Harga yang rumah yang terus meningkat membuat tidak semua orang bisa membeli rumah secara tunai.

Itulah mengapa dibutuhkan pinjaman uang untuk seseorang bisa membeli rumah di zaman sekarang ini. Anda mungkin salah satu dari masyarakat yang membutuhkan pinjaman untuk membeli rumah. Pinjaman untuk membeli rumah dari bank dikenal dengan nama Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) atau Kredit Perumahan Rakyat. BTN pun memiliki program KPR ini dan anda sangat disarankan untuk mencoba mengajukannya jika memiliki keinginan untuk memiliki rumah sendiri.

Advertisements

Namun sistem pembayaran menggunakan KPR juga memerlukan uang muka. Artinya, tanpa uang muka anda tidak bisa mengajukan pinjaman dengan KPR ini. BTN pun mensyaratkan uang muka untuk pinjaman KPR yang ditawarkannya. Adanya uang muka ini akan membuat besar cicilan tentu berbeda dengan jumlah pinjaman tanpa uang muka seperti pinjaman multiguna lainnya. Baca Perhitungan Suku Bunga KPR BTN Per Bulan

Bagi anda yang penasaran mengenai cara perhitungannya, maka anda bisa menggunakan kalkulator KPR BTN dengan uang muka langsung di sini. Bagian berikut ini akan mencoba menjelaskan bagaimana perhitungan KPR BTN dengan uang muka. Jadi simak terus penjelasannya dan lakukan perhitungan anda sendiri.

Lakukan Kalkulator KPR BTN dengan Uang Muka, Hitung Langsung di Sini

Bagi anda yang tertarik mengajukan pinjaman KPR di BTN, maka anda sebenarnya bisa memanfaatkan berbagai website yang memiliki kalkulator KPR. Website tersebut memiliki kalkulator yang dapat langsung menghitung berapa angsuran yang harus anda bayarkan, hanya dengan memasukkan informasi terkait harga properti dan besar uang muka yang anda sanggupi.

Contoh kalkulator KPR BTN itu ada di beberapa website dan bisa langsung anda dapatkan hasilnya tidak sampai 1 detik. Adanya kalkulator pastinya membantu sangat banyak anda yang ingin mengetahui dahulu berapa perhitungan angsuran dengan uang muka yang anda miliki.

Advertisements

Sebagai contoh untuk anda, pada bagian berikut ini akan dijelaskan perhitungan KPR BTN dengan uang muka pada kalkulator KPR. Silahkan simak contohnya pada bagian berikut ini! Baca 7 Penyebab KPR Ditolak BTN (Pengalaman)

Sebelum melakukan contoh perhitungan engan kalkulator KPR BTN, sebaiknya anda mengetahui beberapa informasi berikut ini dahulu:

Klik Link Berikut https://www.btn.co.id/id/Conventional/Sarana-untuk-Membantu-Anda/Simulasi-KPR

Suku Bunga: 8% flat angsuran fixed 3 Tahun

Suku Bunga: 9% flat angsuran fixed 5 tahun

Masa Tenor: 5 – 25 tahun

Besar Pinjaman: Rp100.000.000 sampai dengan Rp500.000.000

Contoh Kalkulator KPR BTN:

Misalkan anda ingin membeli sebuah properti dengan harga 500 juta rupiah dan ingin membayar uang muka sebesar 75 juta rupiah. Anda kemudian memilih untuk mengajukan pinjaman selama 15 tahun masa tenor.

Kondisi KPR seperti ini anda akan diminta memilih ingin mengambil cicilan dengan bunga 8% atau 9%. Anggaplah anda mengambil cicilan dengan bunga 8%, maka berapa besar angsuran yang harus anda bayarkan per bulannya?

Uang muka yang anda sanggup bayarkan adalah 75 juta rupiah, sedangkan properti yang ingin anda beli harganya 500 juta rupiah. Jadi sisa hutang anda yang harus dibayarkan oleh bank adalah 425 juta rupiah. Setelah itu, anda tinggal mengkalikan sisa hutang dengan bunga sebesar 8% didapatkan total bunga yang harus anda bayarkan adalah 34 juta rupiah.

Anda tinggal menambahkan sisa hutang dan total bunga, kemudian bagi sejumlah masa cicilan yaitu 180 bulan. Jadi 425 juta ditambah 34 juta, sama dengan 459 juta. Bagi sejumlah uang yang harus anda bayarkan tersebut menjadi 180 bulan, hasilnya adalah Rp2.550.000 per bulan. Baca Melihat Perhitungan Suku Bunga KPR BTN Terbaru

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai bagaimana kalkulator KPR BTN dengan uang muka dihitung langsung di sini. Semoga informasi yang diberikan ini dapat membantu anda untuk melakukan sendiri perhitungan ketika anda merencakan mengajukan pinjaman pada KPR BTN sejumlah harga properti yang ingin anda beli dan berapa uang muka yang anda miliki. Selamat mencoba menggunakan kalkulatornya!

Advertisements
error: