Ingin Mengajukan Pinjaman Uang Jaminan SK PNS Lengkapi Syarat Ini Ya

Pinjaman Uang Jaminan SK PNS – SK PNS atau Surat Keterangan Pegawai Negeri Sipil adalah surat yang membuktikan apakah seseorang itu benar-benar seorang PNS. SK PNS selama ini telah banyak digunakan sebagai jaminan saat mengajukan pinjaman.

Banyak lembaga keuangan yang menerima SK PNS sebagai jaminan pinjaman. Selain SK PNS, tentu ada persyaratan lain yang dikehendaki lembaga keuangan untuk mencairkan pinjaman.

Simak syarat yang harus dilengkali saat ingin mengajukan pinjaman uang jaminan SK PNS berikut ini :

Advertisements

Persyaratan Pemohon

Secara umum, persyaratan pemohon pinjaman uang dengan jaminan SK PNS adalah sebagai berikut :

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI),
  2. Berusia minimal 21 tahun saat pemohonan, berusia maksimal 65 tahun pada saat pengembalian,
  3. Memiliki penghasilan minimal 3 juta rupiah/bulan
  4. Harus memiliki rekening di Bank yang bersangkutan

Persyaratan Dokumen yang Harus Dilengkapi

Secara umum, dokumen yang diminta oleh Bank untuk pinjaman uang jaminan SK PNS adalah sebagai berikut : Baca dulu Contoh Membuat Surat Kuasa Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

  1. Fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  2. Fotocopy KK (Kartu Keluarga)
  3. Fotocopy NPWP
  4. Pas foto ukuran 4×6 cm
  5. Surat keterangan penghasilan
  6. Dokumen asli SK pengangkatan pertama dan terakhir atau SK pensiun (bagi karyawan)
  7. Fotocopy rekening tabungan atau giro selama 3 bulan terakhir
  8. Fotocopy laporan keuangan 2 tahun terakhir (bagi pengusaha atau wiraswasta)

Itulah persyaratan yang harus dilengkapi apabila ingin mengajukan pinjaman dengan jaminan SK PNS di Bank. Perlu diketahui bahwa SK PNS ini akan diminta oleh Bank dan akan dikembalikan ketika cicilan sudah lunas.

Lalu, kira-kira bank apa saja yang menerima SK PNS sebagai jaminan pinjamannya?

Bank yang Menerima SK PNS Sebagai Jaminan Pinjaman

  1. Bank BRI

Bank BRI menerima SK PNS sebagai jaminan untuk produk BRIGuna. BRIGuna ditujukan untuk PNS, karyawan yang menerima pembayaran melalui payroll BRI dan para pensiunan yang menerima dana pensiun lewat Bank BRI.

BRIGuna ini menyediakan plafon pinjaman mencapai 500 juta rupiah. Jangka waktu pengembalian yang disediakan adalah 12-60 bulan.

Sedangkan suku bunga yang dikenakan pinjaman adalah suku bunga tetap sebesar 1,45% (untuk pinjaman Rp. 10-50 juta) dan 1,54% (untuk pinjaman Rp. 10-500 juta).

Advertisements
  1. Bank Mandiri

Bank Mandiri menyediakan pinjaman dengan jaminan SK PNS. Ada berbagai produk kredit yang dapat dinikmati oleh nasabah Bank Mandiri. Contoh pinjaman dengan jaminan SK PNS salah satunya adalah kredit pemilikan rumah (KPR). Baca Pinjam Uang di Bank Jaminan Sertifikat Rumah Berapa Hari Dana Cair?

Mandiri KPR menyediakan pinjaman dengan plafon tak terbatas, namun tentu disesuaikan dengan kondisi finansial pemohon. Mandiri KPR ini masa pengembaliannya bisa mencapai 20 tahun. Sementara itu, suku bunga yang dikenakan adalah sebesar 13,25% per tahun.

  1. Bank BNI

Bank BNI juga menyediakan berbagai produk pinjaman dengan jaminan SK PNS. Salah satunya adalah produk kredit pemilikan rumah (KPR) yang disebut dengan BNI Griya. BNI Griya dapat menjadi pilihan saat ingin memiliki properti idaman. Plafon pinjamannya saja mencapai 5 miliar. Sementara jangka waktu pengembaliannya mencapai 20 tahun.

  1. Bank BTN

Bank BTN memiliki produk pinjaman dengan jaminan SK Karyawan atau SK PNS. Nama produk dengan jaminan SK ini dinamai dengan Kredit Ringan BTN. Nasabah dapat memperoleh pinjaman mencapai 500 juta rupiah.

Jangka waktu pengembaliannya juga fleksibel, yakni mencapai 15 tahun. Dikutip dari situs resminya, cicilan pinjaman di Bank BTN ini bisa semakin ringan apabila pembayaran gaji nasabah telah menggunakan fasilitas BTN payroll.

  1. Bank BTPN

Bank BTPN menyediakan pinjaman dengan jaminan SK PNS dengan plafon mencapai 300 juta rupiah. Nama produk pinjaman dengan jaminan SK PNS ini adalah Kredit Karyawan Aktif. Selain SK PNS, dapat pula menjadikan SK Karyawan Swasta sebagai jaminannya.

Ingin Mengajukan Pinjaman Uang Jaminan SK PNS Lengkapi Syarat Ini Ya

Jangka waktu pengembalian pinjaman ini adalah mencapai 10 tahun. Sementara, bunga yang dikenakan pada pinjaman ini adalah bunga anuitas dengan besaran 10-12% tiap tahunnya. Baca Beberapa Jenis Pinjaman yang Disediakan Oleh Bank

Kelebihan dari pinjaman di Bank BTPN dibandingkan dengan bank-bank lain adalah diberlakukannya suku bunga anuitas, bukannya suku bunga tetap. Diketahui bahwa suku bunga anuitas lebih menguntungkan bagi nasabah dibandingkan dengan suku bunga tetap.

Advertisements
error: