Ini Lho Biaya Pembuatan NPWP Pribadi Kisaran Berapa?

Biaya Pembuatan NPWP Pribadi – Manfaat dari membuat NPWP sangatlah banyak. Walaupun tujuan utamanya untuk membayar pajak, akan tetapi terkadang NPWP bisa digunakan untuk hal lain.

Misalnya, pengajuan kredit di bank, melamar pekerjaan, dan kredit rumah juga mensyaratkan harus mempunyai NPWP.

Dengan memiliki NPWP semua kegiatan Anda bisa lebih leluasa. Terkadang ada yang masih bertanya biaya pembuatan NPWP pribadi kisaran berapa?

Advertisements

Jawabannya akan berbeda-beda setiap orang dan tergantung cara membuatnya. Mengapa seperti itu? pada dasarnya membuat NPWP pribadi ataupun usaha tidak dikenai biaya alias gratis. Hal tersebut jika pembuatannya dilakukan langsung secara resmi.

Berapa Sih Kisaran Biaya Pembuatan NPWP Pribadi??

Seperti yang telah disebutkan di atas, pembuatan NPWP secara resmi bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan membuat secara online atau secara offline.

Bagi yang ingin membuat  NPWP dengan cara online bisa mengunjungi situs resmi Direktorat Pajak di www.ereg.pajak.go.id. Jika ingin membuat dengan cara offline, datanglah langsung ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat di kota Anda.

Syarat-syarat yang harus dipenuhipun lumayan gampang yaitu hanya Kartu Tanda Penduduk dan Surat Keterangan Penghasilan. Baca Membuat NPWP Karyawan

Jika mendaftar secara online berkas-berkas tersebut di scan kemudian diupload. Jika secara offline maka syarat-syaratnya dibawa ke Kantor Pelayanan Pajak untuk diproses lebih lanjut.

Advertisements

Akan tetapi tidak semua orang mengerti cara membuat NPWP. Apalagi jika merasa terlalu rumit prosesnya, maka solusi yang diambil biasanya meminta bantuan pihak ketiga atau calo seperti notaris, konsultan dan lain sebagainya.

Jika meminta bantuan kepada pihak-pihak tersebut biaya pembuatan NPWP pribadi kisaran berapa? Biasanya tergantung tempat pihak ketiganya akan tetapi bisa diperkirakan antara 100 rb sampai 1 juta. Tentu saja angka tersebut merupakan biaya yang tidak terbilang murah.

Oleh karena itu, jika ingin yang gratis, buatlah NPWP pribadi Anda sendiri. Manfaatkan teknologi yang semakin maju untuk mencari tahu bagaimana cara membuat NPWP.

Dengan adanya pendaftaran secara online juga memudahkan masyarakat, bahkan bisa mendaftar di smartphone masing-masing. Jika ada yang tidak mengerti atau ada yang ingin ditanyakan bisa menghubungi www.lapor.go.id atau www.pajak.co.id.

Selama prosesnya dilakukan dengan benar maka tidak akan ada biaya tambahan sepeserpun. Begitu juga jika datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat, pegawai administrasi tidak memungut biaya pada proses pembuatannya.

Kartu NPWP juga bisa jadi hari itu juga setelah proses pengisian formulir selesai. Bagaimana apakah sudah terjawab mengenai pertanyaan soal biaya pembuatan NPWP pribadi kisaran berapa? Baca Pembuatan NPWP Baru Gratis Atau Bayar

Dapat disimpulkan bahwa jika membuat NPWP sendiri baik offline maupun online adalah gratis akan tetapi jika dibuatkan oleh pihak ketiga atau calo maka akan membayar biaya administrasi sesuai tarif yang diberlakukan.

Demikian informasi mengenai biaya dalam pembuatan NPWP semoga bermanfaat untuk Anda.

Advertisements
error: