Ini Risiko Jika Barang Gadai Tidak Ditebus di Pegadaian

Ini Risiko Jika Barang Gadai Tidak Ditebus di Pegadaian

Diposting pada

Pegadaian merupakan lembaga yang berfokus pada pelayanan peminjaman uang dengan sistem gadai barang untuk jaminan. Hal ini tercermin dalam slogannya, yakni mengatasi masalah tanpa masalah.

Sebelum memutuskan untuk menggadaikan barang, Anda harus mengetahui risiko jika barang gadai tidak ditebus di pegadaian. Namun, perhatikan terlebih dahulu informasi berikut ini.

Produk-Produk Pegadaian

Selain melayani gadai konvensional, pegadaian juga memberikan layanan-layanan lainnya. Layanan tersebut antara lain gadai syariah, produk berbasis fidusia, gadai sistem angsuran, investasi emas, jasa taksiran, jasa titipan, dan juga jasa sertifikasi batu mulia. Baca Cara Aktivasi Pegadaian Mobile Online Terbaru

Jenis-jenis Barang yang Bisa Digadaikan

Jika Anda orang yang baru pertama kali menggadaikan barang di pegadaian, mungkin Anda belum mengetahui barang-barang apa yang bisa digadaikan di pegadaian.

Barang yang bisa Anda gadaikan di pegadaian sangat banyak, mulai dari televisi, kamera, smartphone, laptop, sepeda motor, emas, hingga mobil. Untuk kendaraan bermotor, Anda diharuskan untuk menyertakan STNK dan BPKB.

Advertisements

Aturan Main di Pegadaian

  1. Barang jaminan

Untuk bisa menggadaikan di pegadaian, Anda harus meninggalkan barang jaminan. Jaminan tersebut yang akan menentukan berapa nilai pinjam yang bisa disetujui oleh pihak pegadaian. Jika saat jatuh tempo pinjaman telah tiba dan barang jaminan tersebut tidak ditebus, pihak pegadaian akan melakukan pelelangan.

  1. Biaya administrasi

Setelah menggadaikan barang jaminan, Anda juga akan dikenakan biaya administrasi. Biaya ini tergantung dengan jenis barang apa yang Anda gadaikan. Semakin besar nilai barang yang digadaikan, maka biaya administrasinya juga akan semakin tinggi. Kurang lebih perkiraan biaya administrasi tersebut adalah 1% dari nilai pinjaman yang diberikan oleh pegadaian. Baca Pegadaian Buka Hari Apa Saja?

Advertisements
  1. Jangka waktu pinjaman

Barang yang Anda gadaikan tentu memiliki masa tertentu sebelum akhirnya mendapat tindakan lanjutan dari pegadaian. Waktu maksimal pinjaman dari pegadaian adalah kurang lebih 4 bulan atau 120 hari. Ketika telah jatuh tempo, Anda diharuskan untuk menebus barang yang Anda gadaikan dan terkadang beserta bunga yang telah ditetapkan.

  1. Pelunasan

Bunga yang ditetapkan dihitung per 15 hari. Anda tidak harus menunggu jatuh tempo untuk menebus barang yang digadaikan. Justru semakin cepat Anda menebusnya, maka semakin sedikit pula bunga yang harus Anda bayar. Untuk kasus tertentu, jika Anda belum mempunyai uang untuk menebus, Anda bisa memperpanjang jangka waktu selama 120 hari.

Risiko Jika Barang Tidak Ditebus

Dari aturan yang ditetapkan oleh pegadaian, jika barang yang Anda gadaikan ditebus ketika jatuh tempo, maka barang Anda akan dilelang. Untuk mendapatkan barang Anda kembali, Anda harus membelinya di pelelangan.

Jaminan akan dijual melalui transaksi bursa pada umumnya (pelelangan) yang selanjutnya hasil penjualan tersebut digunakan untuk melunasi pinjaman

Tentu saja hal ini akan sangat menyusahkan karena jika barang Anda benar-benar memiliki nilai tinggi, harga lelang akan menjadi tinggi dan bisa menjadi berkali-kali lipat dari biaya yang harus ditebus jika dibayarkan sebelum jatuh tempo.

Selain itu kemungkinan Anda bisa mendapatkan barang yang Anda gadaikan akan semakin kecil. Barang berupa motor atau smartphone adalah barang yang paling rawan untuk menjadi rebutan di pelelangan. Jika uang Anda pas-pasan, maka Anda harus rela barang Anda akan dimiliki oleh orang lain. Anda tidak mau hal ini terjadi bukan? Baca Bagaimana Cara Menghitung Pelunasan Kredit Mobil Adira

Jadi, sudah siapkah Anda akan risiko yang harus Anda hadapi jika menggadaikan barang di pegadaian? Memang sebelum memutuskan untuk menggadaikan sesuatu, Anda harus memikirkan terlebih dahulu apakah mampu untuk menebus dalam tempo tertentu atau tidak. Salah perhitungan bisa-bisa barang yang Anda gadaikan hilang berakhir di pelelangan.

Tinggalkan Balasan