Istilah-Istilah Deposito Dan Pengertiannya

Mungkin belum banyak orang yang mengerti istilah-istilah deposito yang berlaku di bank, meskipun begitu banyak orang yang ingin mengetahuinya karena ketertarikannya terhadap deposito.

Deposito sendiri sebenarnya merupakan salah satu produk dari bank yang sifatnya hampir sama dengan tabungan namun memiliki bunga yang lebih tinggi.

Selain itu umumnya deposito merupakan simpanan yang tidak bisa diambil sewaktu-waktu dibutuhkan, karena hanya diambil sesuai dengan tenor atau jangka waktu deposit yang sudah disepakati bersama pada awal pembuatan deposito.

Advertisements

Biasanya untuk bank di Indonesia hanya menerapkan deposito berjangka 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan atau 1 tahun, jadi hanya bisa diambil setelah selesai masa waktu depositonya saja.

Istilah-istilah Deposito Di Indonesia

Memang deposito di Indonesia sendiri sudah masuk kategori investasi yang cukup kecil resikonya dibandingkan dengan investasi lainnya seperti reksa dana, obligasi, dan lain sebagainya.

Lalu selain itu beberapa fasilitas dari bank yang ada untuk deposito sendiri juga cukup menjanjikan, sehingga sangat banyak orang yang tertarik menggunakan uangnya untuk investasi deposito.

Tarif bunga yang diterapkan untuk deposito sangat beragam sesuai dengan peraturan dan ketetapan dari bank yang bersangkutan, sehingga ada baiknya mencari dulu bank dengan bunga deposito yang tinggi supaya hasil yang didapat bisa semakin maksimal.

Sebaiknya jangan mencairkan deposito sebelum masa jatuh tempo, karena akan terkena pinalti dan biaya yang cukup merugikan. baca Cara Menabung Deposito

Advertisements

Tentunya bagi yang akan membuka rekening deposito di bank perlu sekali mengetahui istilah-istilah deposito sebelum membukanya, karena supaya benar-benar memahami apa saja yang ada di deposito dan apa saja peraturan untuk deposito itu sendiri.

Dalam deposito ada yang namanya setoran awal yang berarti jumlah minimal uang yang harus disetorkan kepada bank untuk syarat pembukaan deposito.

Selain itu ada juga saldo minimal yang artinya batas minimal saldo yang harus ada pada tabungan. Ada juga yang namanya sweep account yang artinya fasilitas transfer dana antar rekening.

Suku bunga merupakan istilah yang paling dijumpai yang artinya adalah imbalan jasa untuk penggunaan uang atau modal.

Lalu apa sebenarnya keuntungan dari deposito bank ini? Keuntungan pertama adalah memiliki resiko yang kecil, sehingga cukup aman untuk berinvestasi melalui deposito.

Memiliki suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan suku bunga tabungan biasa. Bunga deposito bisa dikirimkan langsung ke rekening, jadi pemilik bisa mendapatkan pendapatan rutin dari bunga deposito.

Deposito merupakan investasi paling aman karena dilindungi oleh lembaga penjamin simpanan. Untuk membuka deposito beberapa bank mengharuskan untuk memiliki rekening pada bank tersebut, jadi pastikan membuka rekening terlebih dahulu. baca langkah Strategis Membuka Deposito

Demikian beberapa informasi mengenai istilah-istilah deposito yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Advertisements
error: