Jika Kartu NPWP Hilang dan Lupa Nomornya, Saya Harus Bagaimana??

Kartu NPWP merupakan hal yang penting untuk dijaga, selain ktp yang merupakan kartu identitas Anda. NPWP menjadi hal yang cukup vital karena kartu ini menyangkut dengan laporan perpajakan yang Anda miliki.

Tentu Anda akan dilanda kebingungan jika kartu npwp hilang dan lupa nomornya, saya harus bagaimana?? Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah tetap tenang. Carilah informasi tentang bagaimana kartu npwp yang hilang ini bisa diurus.

Yang jelas jika kartu Anda sampai hilang atau bahkan rusak, Anda bisa mengurus untuk mendapatkan kartu yang baru. Tapi bagaimana caranya? Setelah ini akan dijelaskan langkah-langkah apa saja yang harus Anda lakukan jika ingin mengurus kartu NPWP yang baru.

Advertisements

Ada banyak orang di luar sana yang pernah mengalami kejadian serupa, yakni kartu npwp-nya hilang. Jadi tidak perlu khawatir karena semua masalah ada solusinya.

Solusi Jika Kartu NPWP Hilang dan Lupa Nomornya

Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda tempuh supaya bisa mendapatkan kartu Anda kembali.

  1. Lapor polisi

Hal ini wajib Anda lakukan jika kehilangan kartu npwp. Lapor ke polisi dan minta bantuan untuk membuat surat laporan kehilangan. Surat laporan kehilangan haya bisa diterbitkan oleh kepolisian setempat. Jika kartu npwp hilang dan lupa nomornya, saya harus bagaimana?? Pertama, segeralah melapor. Baca Membuat NPWP Diwakilkan

  1. Datangi KPP

Segera setelah mendapat surat laporan kehilangan dari polisi, Anda dapat mendatangi kantor pelayanan pajak terdekat. Tapi sebelumnya fotokopi laporan kehilangan tadi, juga persiapkan beberapa fotokopi lain seperti kartu keluarga atau ktp jika ternyata diperlukan.

  1. Ikuti prosedur

Setelah berada di kpp, ikuti saja syarat yang diajukan petugas. Biasanya Anda hanya disuruh mengisi berkas keterangan permohonan cetak ulang npwp. Sebaiknya bawa materai dari rumah karena ini akan diperlukan untuk melengkapi berkas yang harus Anda isi tadi.

  1. Tunggu panggilan

Setelah semua proses tersebut Anda selesaikan. Anda akan diminta untuk menunggu dipanggil petugas sesuai nomor antrian yang telah diberikan. Setelah dipanggil Anda akan mendapatkan kartu npwp baru. Pastikan sekali lagi bahwa kartu yang tercetak semua sesuai dengan identitas Anda sehingga tidak ada kesulitan lagi ke depannya.

Anda tidak perlu lagi takut atau terlalu khawatir jika memang kartu npwp hilang. Karena dengan mendatangi kantor pelayanan pajak Anda bisa mendapatkan kartu baru dan semua dijamin aman. Bilapun kartu rusak Anda juga bisa minta penggantinya dengan mendatangi kpp tadi.

Prosedurnya agak berbeda karena Anda tidak perlu membuat surat laporan kehilangan di kantor polisi. Apabila masih ingin bertanya lebih lanjut jika kartu npwp hilang dan lupa nomornya, Langsung hubungi kantor pajak terdekat untuk lebih jelasnya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kartu-kartu penting milik Anda.

Berikut Contoh Surat Kehilangan NPWP Setelah Melapor

Kehilangan sebuah barang akan menjadi salah satu kerumitan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi jika barang tersebut berupa identitas diri yang sangat penting kegunaannya. Kehilangan surat berharga memang tidak diinginkan oleh siapa saja, namun hal itu bisa saja terjadi karena lupa atau ketidaksengajaan. Baca Cetak Kartu NPWP di Kpp Lain

Advertisements

Berikut ini adalah contoh surat kehilangan NPWP setelah melapor ke kantor kepolisian yang bisa Anda ketahui sebelum Anda melakukan proses lanjutan ke Kantor Pelayanan Pajak daerah setempat. Memang, NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak sangat penting, baik itu merupakan NPWP pribadi maupun NPWP perusahaan.

Jika Anda kehilangan NPWP pribadi, maka Anda bisa mengurus sendiri dengan dokumen-dokumen yang sederhana. Akan tetapi, jika Anda kehilangan NPWP perusahaan, maka Anda diharuskan untuk membawa serta akta perusahaan atau surat kuasa dari direktur perusahaan tempat Anda bekerja.

Contoh surat kehilangan NPWP setelah melapor sama seperti surat kehilangan barang berharga lainnya, seperti Kartu Tanda Penduduk atau KTP, Surat Izin Mengemudi atau SIM, dan surat-surat berharga lainnya. Pertama-tama, untuk mendapatkan surat kehilangan dari kepolisian ini, Anda harus datang langsung ke Kantor Polisi terdekat.

Disana, Anda akan diberi prosedur dan beberapa instruksi tentang tata cara mengajukan permohonan surat kehilangan NPWP. Karena Anda mengurus surat kehilangan NPWP, maka Anda diharuskan untuk menyerahkan fotokopi kartu identitas diri berupa KTP ataupun SIM.

Jika sudah diserahkan, Anda akan diberikan formulir yang berisi data diri dan daftar surat-surat berharga apa saja yang telah hilang. Pada formulir tersebut, silakan tulis surat berharga Anda berupa NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak yang telah hilang.

Setelah surat kehilangan selesai dibuat, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa informasi-informasi yang ada di dalam surat kehilangan telah sesuai dengan informasi yang Anda berikan kepada petugas kepolisian. Isi surat kehilangan tersebut berupa identitas diri Anda, yang meliputi nama lengkap, alamat, tempat dan tanggal lahir, dan lain sebagainya.

Kemudian, di bawah informasi pribadi tersebut ada data berupa surat-surat berharga Anda yang telah hilang. Contoh surat kehilangan bisa dilihat dari isinya yang telah diuraikan di atas. Baca Contoh Nomor NPWP Asli

Setelah semua informasi dirasa telah sesuai dengan apa yang Anda jelaskan kepada petugas kepolisian, maka Anda tinggal menunggu surat kehilangan tersebut selesai. Jika sudah selesai, Anda wajib meminta tanda tangan dan cap stempel resmi dari pihak kepolisian dan melegalisirnya.

Itulah contoh surat kehilangan NPWP setelah melapor ke petugas kepolisian. Perlu diingat bahwa surat kehilangan ini hanya berlaku selama 14 hari atau dua minggu dari waktu pembuatan. Selama jangka waktu tersebut, pergunakanlah waktu Anda sebaik-baiknya untuk mengurus NPWP yang hilang di Kantor Pelayanan Pajak di daerah setempat.

Advertisements
error: