Jika KPR Ditolak Bank, Saya Harus Bagaimana??

KPR Ditolak Bank – Keinginan untuk memiliki hunian sendiri tentunya sudah menjadi keinginan semua orang yang sudah berkeluarga.

Dan salah satu usaha untuk memiliki hunian tentunya dengan mengajukan permohonan kredit Pemilikan Rumah (KPR) melalui bank yang bekerja sama dengan pengembang seperti BTN, BCA dan bank lainnya.

Yang menjadi masalah adalah apabila KPR ditolak bank maka banyak yang merasa patah semangat dan enggan untuk mengajukannya kembali.

Advertisements

Padahal pada saat inilah Anda harus mengetahui apa saja yang menjadi permasalahan sehingga permohonan Anda ditolak oleh bank.

Beberapa Penyebab KPR Ditolak Bank

Banyak sekali yang menjadi kendala atau penyebabnya di antaranya adalah;

  1. Salah perhitungan

Meskipun tidak ada dalam daftar namun biasanya perhitungan bank adalah bahwa penghasilan dari pemohon tentunya cukup besar sehingga 40% dari penghasilan Anda cukup untuk mencicil pembayaran KPR setiap bulannya. Baca Pinjaman Bank BNI Dengan Jaminan Sertifikat Rumah

Jadi perhitungkan dengan benar dan sesuaikan dengan penghasilan Anda dengan type rumah yang Anda ambil sehingga tidak akan terjadi pengajuan KPR ditolak bank.

  1. Dokumen yang kurang lengkap

Setiap pekerja akan berbeda peraturan dan persyaratannya mulai dari wirausahawan, karyawan swasta, karyawan honorer, karyawan kontrak, PNS, TNI dan sebagainya.

Sehingga Anda harus mengetahui terlebih dahulu persyaratan apa yang dibutuhkan untuk status Anda sebagai pekerja atau jika wirausaha berapa jumlah aset yang dimiliki beserta keuntungannya setiap bulan.

Advertisements
  1. Faktor usia

Ternyata usia juga mempengaruhi penilaian pihak bank penyedia KPR untuk menyetujui atau tidak permohonan Anda.

Meskipun Anda sudah mapan namun usia masih 18 tahun dan belum menikah tentunya permohonan Anda akan ditolak. Baca Pinjaman BNI Syariah Tanpa Agunan

Sebab minimal usia yang dapat mengajukan KPR adalah 21 tahun dan maksimal adalah 55 tahun untuk karyawan dan pegawai atau 60 tahun bagi profesional.

  1. Personaliti calon debitur

Meskipun semua dokumen sudah lengkap dan memenuhi syarat namun ketika Anda melakukan wawancara atau bertemu langsung dengan pihak bank maka personality Anda akan dinilai.

Di sinilah saatnya Anda diketahui bagaimana diri Anda sebagai calon nasabah KPR. Sebab bagaimanapun juga bank tidak ingin dirugikan dengan kepribadian nasabah yang tidak bertanggung jawab.

Karena itulah ketika bertemu berpenampilanlah yang rapi, saat wawancara tidak menjawab dengan berbelit-belit apalagi sampai berbohong akan keadaan Anda.

  1. Calon debitur tidak dapat dihubungi

Hal ini bisa saja terjadi, sebab ketika pihak bank menghubungi Anda melalui telepon namun Anda tidak menjawabnya sehingga permohonan Anda akan gagal di awal.

Karena itulah sebaiknya Anda selalu stand by di dekat ponsel Anda ketika sedang mengajukan KPR agar Anda tidak ditolak. baca bisakah KPR BNI Syariah Tanpa DP

Selain itu juga bisa saja Anda telah di black list oleh Bank Indonesia karena terlalu sering menunggak cicilan lainnya seperti cicilan kendaraan, pinjaman dana tunai, kartu kredit dan sebagainya sehingga hal tersebut membuat pengajuan KPR ditolak bank.

Advertisements
error: