Jika NPWP Hilang Lapor Kemana, Ke KPP Atau Ke Kantor Polisi?

Jika NPWP hilang lapor kemana , Kartu NPWP rentan untuk hilang, jatuh, atau mengalami kerusakan karena kartunya tipis dan kecil. Maka dari itu Anda harus segera menanganinya dengan mendatangi langsung kantor pajak terdekat.

Jika tidak segera diatasi Anda tidak dapat melakukan administrasi dan akan dikenai denda yang hanya akan merugikan Anda.

Anda hanya bisa mengurus NPWP yang hilang secara langsung di kantor karena proses tidak dapat dilakukan secara online. Berikut langkah-langkah mengurus NPWP yang hilang:

Advertisements
  • Persiapkan berbagai dokumen

Sebelum datang ke kantor pelayanan pajak, maka untuk mengurus kartu NPWP yang hilang Anda perlu mempersiapkan berbagai dokumen pendukung yang akan digunakan. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu Anda harus mengurus surat kehilangan yang bisa Anda dapatkan di kantor polisi.

Ketika mengurus surat kehilangan pun Anda harus menyiapkan dokumen seperti identitas KTP, SIM, serta surat keterangan domisili. Kemudian di kantor polisi Anda uraikan perihal kehilangan NPWP kemudian pihak kantor polisi akan membuatkan form surat kehilangan berdasarkan laporan Anda.

Setelah surat keterangan jadi, jangan lupa untuk mengeceknya kembali. Setelah itu Anda bisa meminta cap dan tanda tangan dari pihak kepolisian.

  • Datang ke KPP

Jika NPWP hilang lapor kemana, ke KPP atau ke kantor polisi? Setelah surat keterangan kehilangan Anda dapatkan di kantor polisi, maka langkah selanjutnya yaitu mendatangi kantor pajak terdekat. Saat datang ke KPP pastikan seluruh dokumen Anda sudah lengkap.

Dokumen yang harus dibawa yaitu surat kehilangan dari kantor polisi, bila ada fotokopi NPWP yang telah hilang ataupun cacat, fotokopi KTP atau identitas lainnya, materai senilai 6000, dan surat kuasa.Baca Cetak Kartu NPWP di Kpp Lain

Jika seluruh dokumen telah lengkap maka Anda bisa mengisi formulir permintaan untuk cetak ulang NPWP bermaterai 6000. Biasanya sudah tersedia materai di kantor tetapi Anda lebih baik membawanya dari rumah.

Setelah itu Anda dapat mengambil nomor antri kemudian tunggu hingga nama Anda dipanggil. Ketika Anda sudah dipanggil, maka Anda tinggal menyerahkan berkas dan menunggu proses cetak kartu NPWPnya.

Jika memungkinkan Anda dapat menceritakan masalah NPWP Anda yang hilang kepada petugas agar mereka percaya bahwa hal tersebut tidak disengaja. Saat kartu NPWP sudah jadi, maka langkah terakhir yaitu mengecek data pada kartu apakah cocok dengan identitas Anda.

Proses pengurusan NPWP yang hilang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat asalkan Anda memenuhi persyaratan yang ada. Jika kehilangan NPWP segera lakukan tindakan dan jangan ditunda karena Anda akan kerepotan sendiri nantinya. Maka dari itu jika NPWP hilang lapor kemana, ke KPP atau ke kantor polisi? Jawabannya yaitu Anda harus lapor kepada polisi terlebih dahulu.

Mengurus NPWP Hilang Online Hanya Butuh 10 Menit Kok

Ada dua cara untuk mengurus NPWP yang hilang, yaitu secara offline dan online. Jika Anda memilih untuk mengurus secara online, maka mengurus NPWP hilang online hanya butuh 10 menit kok. Jangka waktu tersebut dirasa sangat cepat apalagi jika Anda memerlukan NPWP dengan keperluan mendesak.

Advertisements

Pada zaman sekarang ini, NPWP akan menjadi surat berharga yang cukup penting karena berbagai kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti misalnya untuk membuat perizinan sebuah badan usaha, sebagai salah satu syarat untuk melamar pekerjaan, atau bahkan sebagai permohonan pengajuan kredit ke bank tertentu.

Hal inilah yang membuat NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak Sangat disayangkan apabila sampai terjadi kehilangan. Baca Mengecek Npwp Asli Atau Palsu

Bisakah Ngurus NPWP Hilang Via Online?

Sebenarnya, mengurus NPWP hilang secara online tidak bisa dilakukan. Hal ini dikarenakan ada beberapa prosedur yang tidak bisa dilakukan secara online. Prosedur tersebut seperti menceritakan tentang kronologis kejadian kehilangan NPWP kepada petugas Pelayanan Pajak.

Namun, apabila Anda tidak ingin mengurus dengan proses yang cukup lama, maka Anda bisa mengajukan kembali NPWP secara online. Proses pembuatan NPWP secara online ini memang sangat praktis karena dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja selama dokumen yang akan di unggah tersedia.

Tidak ada perbedaan yang mencolok antara mengurus NPWP secara offline maupun online. Hanya ada satu perbedaan, di mana dokumen yang akan diserahkan ke petugas pelayanan pajak secara online harus di scan terlebih dahulu agar mudah dalam pengunggahan.

Dokumen-dokumen yang harus di scan tersebut diantaranya adalah identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk dan dokumen-dokumen lainnya sesuai dengan yang telah ditetapkan. Mengurus NPWP hilang online hanya butuh 10 menit kok, yang bisa Anda lakukan di mana saja tanpa takut terganggu atau tanpa harus menunggu lama karena antrian yang panjang.

Akan tetapi bukan berarti mengurus langsung di Kantor Pelayanan Pajak sangat susah. Justru sebaliknya, dengan datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak yang ada di daerah masing-masing lebih dianjurkan dalam mengurus NPWP yang hilang. Hal ini dikarenakan Anda dapat menjelaskan secara detail bagaimana kronologis terjadinya kehilangan NPWP yang Anda miliki kepada petugas Pelayanan Pajak.

Proses tersebut berlaku jika Anda kehilangan NPWP, baik antara NPWP pribadi maupun NPWP perusahaan. Jika Anda mengurusnya sendiri, maka NPWP Anda akan kembali dengan cepat dengan proses yang tidak rumit. Baca Contoh Nomor NPWP Asli

Usahakan untuk menjaga NPWP Anda sebaik mungkin agar tidak terjadi kehilangan. Namun, jika Anda menghilangkannya secara tidak sengaja, tenang saja karena mengurus NPWP hilang online hanya butuh 10 menit kok. Semoga uraian tentang proses mengurus hilangnya NPWP di atas dapat menjadi informasi bagi Anda yang memerlukan NPWP secara cepat dan mendesak.

Advertisements
error: