Ketahui Beberapa Jenis Pinjaman yang Disediakan Oleh Bank Berikut

Pinjaman yang Disediakan Oleh Bank – Bank dikenal sebagai lembaga keuangan yang menyediakan beberapa layanan, salah satunya adalah pinjaman. Bank memiliki berbagai jenis pinjaman yang dapat digunakan oleh nasabahnya.

Bervariasinya jenis pinjaman itu bertujuan untuk memenuhi kepentingan dan kebutuhan nasabah. Sebelum melakukan pinjaman di Bank, sangat penting untuk mengetahui jenis-jenis pinjaman di Bank. Dengan begitu, Anda bisa menentukan jenis pinjaman apa yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Jenis pinjaman di Bank dibagi menjadi beberapa jenis berdasar kategori yakni berdasarkan penggunaan, jangka waktu pelunasan, cara pelunasan, lokasi, agunan dan akadnya. Apa perbedaan jenis-jenis pinjaman itu? Simak penjelasannya berikut ini.

Advertisements

Berbagai jenis Program Pinjaman bank

  1. Berdasar Penggunaan

Ada 2 jenis pinjaman yang disediakan Bank berdasar tujuan penggunaannya, yakni pinjaman untuk konsumtif dan komersil. Baca Tahapan Syarat Gadai Sertifikat Rumah Di Bank BRI

  • Pinjaman konsumtif, berarti pinjaman dari Bank dapat digunakan nasabah untuk membeli kebutuhan sehari-hari, membiayai pernikahan atau pendidikan, membeli kendaraan, dan lain-lainnya.
  • Pinjaman komersil, artinya pinjaman dari Bank diperuntukkan untuk nasabah yang membutuhkan modal untuk pengembangan usaha. Pinjaman komersil ini juga dapat terbagi-bagi lagi menjadi pinjaman untuk usaha mikro atau menengah.
  1. Berdasarkan Jangka Waktu Pelunasan

Berdasar jangka waktu pelunasan, pinjaman di Bank dibagi menjadi pinjaman jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

  • Pinjaman jangka pendek. Pinjaman ini berlangsung selama 1 tahun atau kurang.
  • Pinjaman jangka menengah. Pinjaman ini berlangsung selama 1-3 tahun.
  • Pinjaman jangka panjang. Pinjaman ini berlangsung selama lebih dari 3 tahun. Biasanya Bank menyediakan jangka waktu pelunasan sampai dengan 5 tahun. Pada pinjaman dengan nominal tertentu, jangka waktu pelunasan juga dapat mencapai 10-15 tahun.

Jangka waktu pelunasan pinjaman otomatis berhubungan dengan jumlah pinjaman yang harus dikembalikan pada Bank. Pada pinjaman yang dikenakan bunga, semakin lama jangka waktu pelunasan yang dipilih nasabah, maka makin besar pula total pinjaman yang dikembalikan.

  1. Berdasarkan Cara Pelunasannya

            Ada beberapa cara pelunasan yang bisa dipilih oleh nasabah. Berdasarkan cara pelunasannya, pinjaman dibagi menjadi 2 yakni, secara angsur dan pelunasan total saat jatuh tempo. Baca Syarat Gadai Sertifikat Tanah di Bank Mandiri

Advertisements
  • Pelunasan secara angsuran, berarti pinjaman dikembalikan dalam jumlah tertentu tiap bulannya sampai jangka waktu pengembalian selesai.
  • Pelunasan total saat jatuh tempo, berarti seluruh pinjaman dikembalikan dalam satu waktu yang telah ditetapkan.
  1. Berdasarkan Lokasi

Berdasarkan lokasi, pinjaman dibagi menjadi 2 yakni pinjaman off-shore dan pinjaman on-shore.

  • Pinjaman Off-Shore berarti pinjaman ini diberikan oleh Bank kepada nasabah yang sedang berada di luar negeri. Pinjaman ini diberikan melalui Bank cabang yang berada di luar negeri. Pinjaman yang diberikan tentu nominalnya dalam mata uang asing.
  • Pinjaman On-Shore berarti pinjaman diberikan oleh Bank kepada nasabah yang berada di dalam negeri. Pinjaman yang diberikan dapat dalam bentuk rupiah atau juga dalam mata uang asing. Hal ini sesuai dengan permintaan dari nasabah.
  1. Berdasarkan Agunan

            Berdasarkan agunannya, pinjaman dibedakan menjadi 2, yakni pinjaman tanpa agunan dan pinjaman dengan agunan.

  • Pinjaman tanpa agunan. Pinjaman ini berarti peminjam tidak perlu memberikan barang jaminan apapun ke Bank. Saat ini, ada banyak pinjaman tanpa agunan yang diberikan oleh berbagai Bank di Indonesia.
  • Pinjaman dengan agunan. Pinjaman ini berarti peminjam harus memberikan barang jaminan sebagai syarat pinjaman. Barang jaminan dapat berupa surat kendaraan bermotor (STNK, BPKB, dll), surat kepemilkan tanah, dan lain-lain, tergantung pada jenis pinjaman yang diajukan.

Ketahui Beberapa Jenis Pinjaman yang Disediakan Oleh Bank Berikut

  1. Berdasarkan Akadnya

            Berdasarkan akad atau perjanjian di awal pinjaman, Bank menawarkan 2 jenis pinjaman yakni pinjaman dengan suku bunga dan pinjaman dengan sistem syariah. Baca Pinjam Uang di Bank Jaminan Sertifikat Rumah Berapa Hari Dana Cair?

  • Pinjaman dengan suku bunga. Apabila melakukan pinjaman yang dikenakan bunga, berarti setiap bulan nasabah mengembalikan cicilan beserta bunga pinjaman dengan nominal tertentu.
  • Pinjaman berbasis syariah. Pinjaman syariah didasari pada syariat agama Islam yang melarang pengenaan bunga pada pinjaman. Apabila melakukan pinjaman syariah, maka yang diberikan nasabah kepada Bank adalah biaya balas jasa atau bisa juga uang bagi hasil.
Advertisements
error: