Ketahui Bisakah Mengajukan Pinjaman Uang Jaminan Ijazah SMP

Pinjaman Uang Jaminan Ijazah SMP – Ijazah SMP adalah dokumen yang menjadi bukti bahwa seseorang telah menamatkan pendidikan jenjang SMP. Saat ini, Indonesia memang telah menetapkan wajib belajar sampai dengan SMA. Namun tidak dipungkiri saat ini banyak masyarakat usia produktif yang pendidikan terakhirnya adalah SMP.

Nah, saat mengajukan pinjaman, biasanya diperlukan dokumen jaminan. Bagaimanakah dengan masyarakat yang tidak memiliki dokumen berharga selain ijazah SMP? Apakah bisa mengajukan pinjaman uang dengan jaminan ijazah SMP?

            Jika ingin mengajukan pinjaman uang dengan jaminan ijazah SMP di bank, maka jawabannya adalah tidak bisa. Pegadaian juga tidak menerima jaminan ijazah SMP untuk pinjamannya.

Advertisements

Kebanyakan lembaga pemberi pinjaman yang terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) memang tidak menerima ijazah SMP sebagai jaminan pinjamannya. Lalu, kira-kira barang apa saja yang bisa dijadikan sebagai jaminan pinjaman? Simak informasinya berikut ini :

Agunan Umum Mengajukan Pinjaman Uang

  1. Tanah dan Bangunan

Saat hendak menggunakan tanah dan bangunan sebagai barang jaminan, maka debitur harus membuktikan kepemilikan tanah dan bangunan itu melalui hak milik maupun Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

Untuk bangunan, berbagai tipe bangunan dapat dijadikan sebagai jaminan, mulai dari rumah, ruko, gudang, bahkan hotel. Pastikan saja tanah atau rumah yang hendak dijadikan jaminan ini tidak sedang dalam status sengketa. Baca KETAHUI Pinjaman Uang Jaminan Ijazah Bisa Gak Sih di Pegadaian?

  1. Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor dapat dijadikan sebagai jaminan untuk mengajukan pinjaman. Biasanya, untuk jaminan kendaraan bermotor, pemohon harus menyertakan Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB). Meskipun kendaraan bermotor dijadikan jaminan, biasanya secara fisik kendaraan bermotor masih bisa digunakan oleh pemilik untuk kegiatan sehari-hari.

Hanya BPKB itulah yang ditahan sementara oleh kreditur sampai kredit lunas. Lembaga keuangan yang menyediakan kredit dengan jaminan kendaraan bermotor adalah bank dan pegadaian.

  1. Perhiasan atau emas

Perhiasan atau emas juga dapat dijadikan sebagai jaminan untuk pinjaman uang. Biasanya lembaga keuangan yang menerima jaminan ini adalah Pegadaian. Sedangkan bank konvensional saat ini tidak menerima emas sebagai barang jaminannya.

Advertisements

Di Pegadaian, kredit dengan jaminan emas dinamai dengan KCA (Kredit Cepat dan Aman), juga Kresida (Kredit Gadai Sistem Angsuran). Jumlah pinjaman yang dicairkan maksimal adalah senilai 90% dari nilai emas jaminan.

  1. Barang Elektronik

Barang elektronik dapat dijadikan sebagai jaminan, mulai dari televisi, kulkas, handphone, sampai laptop. Lembaga keuangan yang menerima barang elektronik sebagai jaminan adalah Pegadaian. Jenis produknya dinamai dengan Kredit Cepat dan Aman (KCA).

Jumlah pinjaman yang disediakan untuk jaminan barang elektronik adalah Rp.50.000-Rp.500.000. Besarnya pinjaman yang dicairkan tentu disesuaikan juga dengan nilai barang elektronik yang menjadi jaminan.

  1. SK PNS

SK PNS atau Surat Keterangan Pegawai Negeri Sipil adalah dokumen yang menjadi bukti bahwa seseorang itu benar-benar merupakan PNS. Selama ini, SK PNS dikenal telah diakui nilainya oleh perbankan dan lembaga keuangan lainnya. Baca TERBARU Syarat dan Prosedur Pinjaman Bank untuk Karyawan Swasta dan Kontrak

Sehingga SK PNS dapat dijadikan sebagai jaminan untuk mengajukan pinjaman. Hampir semua bank di Indonesia menyediakan pinjaman dengan jaminan SK PNS.

  1. SK Karyawan Swasta

Selain SK PNS, SK Karyawan Swasta ternyata juga dapat dijadikan sebagai jaminan untuk mengajukan pinjaman. Bank yang menerima SK Karyawan Swasta sebagai jaminan pinjamannya adalah Bank BTN, Bank BTPN dan Bank BRI.

Syarat yang biasa diminta selain SK Karyawan adalah fotokopi KTP, NPWP, rekening tabungan slip gaji, pas foto, sampai surat rekomendasi dari atasan atau pejabat yang berwenang di perusahaan.

  1. Mesin-mesin Pabrik

Menurut Peraturan Bank Indonesia (BI) No 9/PBI/2007, mesin-mesin pabrik dapat dijadikan sebagai barang jaminan untuk mengajukan pinjaman. Nilai dari mesin pabrik itu akan dianalisa dari usia atau berfungsi tidaknya mesin pabrik tersebut.

  1. Pesawat Udara dan Kapal Laut

Memang tidak semua orang bisa menjadikan kedua barang ini sebagai jaminan. Boro-boro menggunakannya sebagai jaminan, memiliki pesawat udara dan kapal laut mungkin adalah anugerah yang tidak bisa dirasakan semua orang. Baca UPDATE Apakah Gadai Ijazah S1 di Bank Bisa Dilakukan?

Namun untuk pengetahuan saja, ternyata kedua kendaraan ini bisa dijadikan sebagai jaminan untuk pinjaman di bank. Tentu ada kriteria-kriteria yang harus dipenuhi, salah satunya adalah berukuran diatas 20m3.

Advertisements
error: