Ketahui Syarat Gadai Sertifikat Tanah di Bank BRI Berikut Ini

Diposting pada

Beberapa orang memilih untuk menggadaikan sertifikat tanah untuk keperluan mendesak dan cukup penting. Salah satu bank yang mendukung penggadaian sertifikat tanah adalah BRI. Jika Anda sedang membutuhkan dana dengan menggadaikan sertifikat tanah, berikut ini adalah beberapa informasi dan juga syarat gadai sertifikat tanah di bank BRI.

Jenis Pinjaman BRI

Anda harus mengetahui jenis pinjaman terlebih dahulu sebelum mengetahui persyaratan untuk menggadaikan sertifikat tanah di BRI. Hal ini karena berbeda jenis pinjaman yang Anda pilih maka berbeda pula syaratnya. Untuk menggadaikan sertifikat tanah, Anda dapat memilih jenis pinjaman Kupedes BRI.

Kupedes BRI merupakan produk pinjaman dari BRI untuk semua sektor ekonomi. Anda bisa menggunakan dana ini untuk kepentingan apa saja, mulai dari renovasi rumah, pendidikan anak, membeli kebutuhan sehari-hari, berlibur, dan keperluan lainnya.

Anda dapat mengajukan dana sesuai dengan nilai jaminan. Keuntungan menggunakan kupedes adalah tanah tidak harus bersertifikat. Jaminan berupa leter C dan AJB tanah masih bisa digunakan.

Syarat Menggadaikan Sertifikat Tanah

Ketahui Syarat Gadai Sertifikat Tanah di Bank BRI Berikut Ini

Advertisements
  1. Sudah memiliki penghasilan tetap dan masa kerja minimal 1 tahun.
  2. Mempunyai usaha yang telah memiliki izin, berupa surat keterangan usaha dari kelurahan atau pemda setempat. Minimal berjalan aktif selama 1 tahun.
  3. Berkas administrasi berupa KTP, SIM, Jaminan, NPWP, dan Surat Izin Usaha.

Biaya dan Bunga Pinjaman

Lantas, berapa biaya dan bunga gadai sertifikat tanah di bank BRI? Anda harus membayar Rp10.000,00 untuk biaya administrasi dan bunga 13% per tahun. Baca Hitung Simulasi KPR BRI Syariah Sebelum Mengajukan

Selain itu, ada sistem hukuman atau penalti jika terlambat membayar, yakni 1% dari nilai angsuran. Untuk melakukan pembayaran, Anda bisa menggunakan autodebet sehingga bisa terhindar dari keterlambatan.

Pinjaman yang Bisa Diajukan

Berdasarkan informasi dari bank BRI, Anda bisa mengajukan pinjaman hingga 100 juta rupiah dengan jangka waktu 60 bulan. Sesuaikan nilai ini dengan kemampuan finansial Anda. Jangan sampai Anda tidak mampu untuk membayar angsuran karena perhitungan yang tidak matang.

Advertisements

Prosedur Pengajuan Pinjaman

  1. Mendatangi bank BRI terdekat

Pertama yang harus Anda lakukan adalah mendatangi bank BRI terdekat dari rumah Anda. Jangan lupa untuk menyiapkan segala persyaratan administrasinya. Sebaiknya Anda mengunjungi cabang BRI sesuai alamat KTP Anda untuk kelancaran proses gadainya. Kemudian Anda bisa menemui customer service untuk mengajukan pinjaman Anda. Baca Besaran Pinalti ACC Finance Jika Telat Bayar Angsuran

  1. Mengisi Formulir

Setelah menemui customer service untuk mengajukan pinjaman, Anda akan diberikan formulir untuk aplikasi pinjaman. Isi formulir tersebut dengan benar dan teliti. Jika ada bagian yang Anda kurang paham, Anda bisa menanyakan langsung ke customer service. Setelah selesai, serahkan form tersebut dan persyaratan ke petugas bank. Petugas akan melakukan verifikasi berkas.

  1. Survei lokasi

Selanjutnya, pihak bank BRI akan melakukan survei untuk memastikan luas dan kepemilikan tanah. Anda juga akan ditanyai mengenai pekerjaan atau usaha dan mengambil gambar rumah Anda. Pihak bank akan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan data yang valid.

  1. Menunggu persetujuan

Setelah survei dilakukan, Anda tinggal menunggu apakah pinjaman Anda disetujui atau tidak. Proses ini memakan waktu kira-kira 3 hingga 7 jam. Anda akan diberitahu melalui telepon jika pinjaman Anda ditolak atau diterima. Jika diterima, lanjut ke prosedur selanjutnya.

  1. Menandatangani surat perjanjian

Terakhir, Anda harus menandatangani surat perjanjian yang nantinya akan digunakan sebagai dasar hukum untuk kasus yang berkaitan dengan hal tersebut. Jangan lupa untuk membawa materai 6000 sebanyak 6 lembar.

Setelah surat perjanjian Anda tandatangani, Anda harus menunggu proses pencairan dana sekitar beberapa jam. Jika Anda belum memiliki rekening BRI, Anda harus membuka tabungan terlebih dahulu. Baca Bisakah Pinjaman Jaminan Sertifikat Tanah Kosong di Bank

Itulah syarat yang harus dipenuhi dan juga informasi lainnya mengenai proses penggadaian sertifikat tanah di bank BRI. Karena merupakan aset yang sangat berharga, sebaiknya sebelum menggadaikan sertifikat tanah harus memperhitungkan terlebih dahulu secara matang-matang.

Tinggalkan Balasan