Kode Emas 875 Berapa Karat Baca Agar Paham

Emas telah menjadi salah satu logam berharga yang paling dicari dalam industri perhiasan.

Dalam pembelian perhiasan emas, penting untuk memahami kode-kode yang digunakan untuk menunjukkan kemurnian dan kualitas emas tersebut.

Salah satu kode yang sering ditemui adalah “emas 875.” Kita akan menjelaskan arti sebenarnya dari kode emas 875 dan mengungkapkan berapa karat emas yang terkandung dalam kode ini serta kualitasnya dalam dunia perhiasan.

Kode Emas 875 dan Karatnya

Kode emas 875 mengacu pada standar kemurnian emas dalam perhiasan atau logam campuran. Angka “875” menunjukkan persentase kemurnian emas dalam campuran tersebut.

Kode Emas 875 Berapa Karat Baca Agar Paham

Baca juga: Emas 700 Berapa karat 

Dalam hal ini, kode 875 berarti bahwa campuran logam tersebut terdiri dari 87.5% emas murni.

Karat adalah unit pengukuran yang digunakan untuk menentukan kemurnian emas dalam perhiasan.

Satu karat setara dengan 1/24 bagian emas murni. Oleh karena itu, emas 875 dapat dikonversikan ke dalam karat sebagai berikut:

875/1000 x 24 = 21 karat

Artinya, emas 875 setara dengan 21 karat, yang menandakan tingkat kemurnian yang tinggi dalam dunia perhiasan. Semakin tinggi karat, semakin tinggi pula kandungan emas murni dalam perhiasan tersebut.

Kualitas dan Kelebihan Emas 875

Emas 875 menawarkan beberapa kelebihan dan kualitas yang membuatnya menarik bagi pembuat perhiasan dan konsumen.

Baca juga: Kadar Emas 375 Berapa Karat

Kemurnian yang Tinggi

Dengan kandungan emas murni sebesar 87.5%, emas 875 termasuk dalam kategori kemurnian yang tinggi dalam perhiasan.

Hal ini memberikan nilai estetika dan keindahan yang tinggi pada perhiasan dengan kode ini.

Kekerasan dan Ketahanan

Emas 875 memiliki tingkat kekerasan yang baik, membuatnya lebih tahan lama dan kurang rentan terhadap deformasi atau kerusakan. Ini menjadikannya pilihan yang baik untuk perhiasan yang sering digunakan.

Nilai Investasi

Karena kemurnian yang tinggi, emas 875 memiliki nilai investasi yang baik. Perhiasan dengan kode ini memiliki potensi untuk meningkatkan nilai seiring waktu, terutama jika emas tersebut memiliki desain dan keunikan yang menarik.

Baca juga: 5 Kode Emas Asli Tanda Identifikasi Perhiasan Emas Murni

Pertimbangan dalam Pembelian

Ketika membeli perhiasan dengan kode emas 875, penting untuk memeriksa sertifikat keaslian dan reputasi penjual.

Hal ini akan memastikan bahwa perhiasan yang dibeli adalah emas sesuai dengan standar yang diinginkan.

Alternatif Kode Emas Lainnya

Selain emas 875, terdapat berbagai kode emas lain yang digunakan dalam industri perhiasan, seperti emas 750 (18 karat) dan emas 585 (14 karat).

Masing-masing memiliki kandungan emas yang berbeda dan menawarkan karakteristik unik.Kode emas 875 mengindikasikan bahwa campuran logam tersebut terdiri dari 87.5% emas murni, yang setara dengan 21 karat.

Emas 875 memiliki kualitas yang tinggi dalam dunia perhiasan, menawarkan kemurnian, kekerasan, dan nilai investasi yang baik. Penting untuk memeriksa keaslian perhiasan dan membeli dari penjual terpercaya saat memilih perhiasan dengan kode emas 875.

Baca juga: Kode Emas 999 Membedakan Antara Emas Asli dan Palsu

Apa saja kode emas asli?

Berikut adalah beberapa kode emas asli yang umum digunakan dalam industri perhiasan:

  1. Emas 999 atau 24K: Kode ini mengindikasikan bahwa perhiasan tersebut terbuat dari emas murni dengan kandungan 99.9% emas. Emas 999 adalah yang paling murni dan memiliki kemurnian tertinggi dalam perhiasan.
  2. Emas 958 atau 23K: Kode ini menunjukkan bahwa perhiasan tersebut mengandung 95.8% emas murni. Emas 958 seringkali digunakan dalam perhiasan tradisional atau etnis yang memiliki nilai budaya yang tinggi.
  3. Emas 916 atau 22K: Kode ini mengacu pada perhiasan yang mengandung 91.6% emas murni. Emas 916 sangat populer di banyak budaya sebagai pilihan perhiasan yang lebih tahan lama dan memiliki kilau yang indah.
  4. Emas 750 atau 18K: Kode ini menunjukkan bahwa perhiasan tersebut mengandung 75% emas murni. Emas 750 adalah salah satu kode yang paling umum digunakan dalam perhiasan, menggabungkan kemurnian yang baik dengan kekuatan dan ketahanan yang memadai.
  5. Emas 585 atau 14K: Kode ini mengindikasikan bahwa perhiasan tersebut terdiri dari 58.5% emas murni. Emas 585 sering digunakan dalam perhiasan yang lebih terjangkau dan memiliki kekuatan yang baik.
  6. Emas 375 atau 9K: Kode ini menunjukkan bahwa perhiasan tersebut mengandung 37.5% emas murni. Emas 375 biasanya digunakan dalam perhiasan yang lebih tahan lama dan terjangkau.

Baca juga: Melihat Ciri-Ciri Emas Putih Asli 

Penting untuk dicatat bahwa persentase emas murni yang terkandung dalam setiap kode dapat bervariasi dalam beberapa negara atau wilayah.

Share

Leave a Comment

Scroll to Top