Melihat Biaya Visa Umroh Siapkan Dana Segini

Salah satu komponen biaya umroh yang cukup besar adalah biaya visa umroh. Biaya visa umroh adalah biaya yang harus dibayarkan oleh calon jamaah umroh untuk mendapatkan izin masuk ke Arab Saudi sebagai tujuan utama ibadah umroh.

Biaya visa umroh bisa berbeda-beda tergantung dari beberapa faktor, seperti:

Waktu pemesanan visa umroh

Biaya visa umroh bisa berubah-ubah sesuai dengan permintaan dan penawaran pasar. Biasanya, biaya visa umroh akan lebih murah jika dipesan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Melihat Biaya Visa Umroh Siapkan Dana Segini

Waktu keberangkatan umroh

Biaya visa umroh juga dipengaruhi oleh waktu keberangkatan umroh itu sendiri. Ada beberapa waktu yang menjadi favorit bagi calon jamaah umroh, seperti bulan Ramadhan, bulan Maulid Nabi, liburan sekolah atau akhir tahun, dan lain-lain.

Pada waktu-waktu tersebut, permintaan visa umroh akan meningkat sehingga biaya visa umroh pun akan ikut naik.

Kisaran Biaya Visa Umroh

Biaya visa umroh sebesar 300 Riyal atau setara Rp 1,1 jutaan. Biaya ini dibayarkan setiap kali mengajukan pembuatan visa.

Meskipun hanya sekali pakai, tetapi ini jelas lebih terjangkau daripada visa progresif yang dulu berlaku bagi jamaah selama periode 2016-2019.

Biaya umroh rata-rata naik menjadi Rp 29 – 30 juta, dari kisaran Rp 27 juta. Kenaikan ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kenaikan harga bahan bakar minyak dunia, kenaikan kurs mata uang asing, kenaikan tarif bandara internasional, dan kenaikan biaya operasional maskapai penerbangan.

Baca juga : Cuma Segini Biaya Perpanjangan SIM C Kemarin

Biaya visa umroh juga dipengaruhi oleh waktu pemesanan visa umroh itu sendiri. Biasanya, travel umroh akan memberikan biaya visa umroh yang lebih murah jika calon jamaah umroh mendaftar dan melunasi biaya umroh lebih awal.

Namun, ada juga kemungkinan biaya visa umroh naik secara tiba-tiba karena faktor-faktor tertentu, seperti kenaikan harga bahan bakar, kurs mata uang asing, atau kebijakan pemerintah.

Berapa hari visa umroh jadi?

Mengurus visa umroh sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Anda hanya butuh waktu kurang lebih 2-3 hari saja hingga proses pengurusan visa umroh selesai.

Baca juga : Biaya Umroh Untuk 1 Orang Siapkan Uang Segini

Namun, sebaiknya sediakan waktu minimal satu minggu saat mengurus visa umroh, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Perbedaan Antara paspor dan visa

Visa dan paspor adalah dua dokumen yang sangat penting dan wajib dimiliki jika Anda ingin bepergian ke luar negeri.

Namun, meskipun keduanya sama-sama digunakan untuk tujuan imigrasi, visa dan paspor memiliki beberapa perbedaan yang mungkin sedikit mengejutkan.

Salah satu perbedaan terbesar antara visa dan paspor adalah dari segi bentuk fisiknya. Paspor umumnya memiliki wujud berupa buku saku yang memuat berbagai macam informasi yang menandakan bahwa Anda merupakan warga negara Indonesia atau negara lain.

Baca juga : Cek Jadwal dan Biaya Umroh Arminareka Perdana Update

Sedangkan, visa memiliki bentuk stiker dengan hologram khusus yang ditujukan untuk menghindari pemalsuan. Stiker visa ini biasanya ditempelkan pada lembar di dalam paspor.

Selain itu, fungsi paspor dan visa juga berbeda. Paspor adalah Kartu Tanda Pengenal (KTP) saat kita sedang berada di luar negeri.

Di dalam paspor umumnya mencantumkan data pribadi pemilik, seperti nama, tanggal lahir, dan sebagainya. Adanya paspor ini bisa menjadi tanda identifikasi bahwa Anda merupakan warga negara Indonesia yang sedang menjalani aktivitas bisnis, menimba ilmu, atau sekadar berliburan di negara tujuan.

Sedangkan, visa adalah dokumen yang menunjukkan bahwa pemerintah negara tujuan sudah menyetujui kedatangan Anda ke negara mereka.

Perbedaan lainnya antara paspor dan visa adalah bisa dilihat dari siapa yang mengeluarkan dokumen tersebut. Paspor merupakan dokumen yang diterbitkan oleh pejabat resmi dari negara asal pemegang.

Baca juga : Harga Tiket Pesawat Umroh Sebenarnya Cuma Segini

Di Indonesia, paspor dikeluarkan oleh lembaga imigrasi. Sedangkan, visa dikeluarkan oleh kedutaan negara yang ingin Anda kunjungi.

Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin berumroh dengan travel umroh yang terpercaya dan berkualitas. Jangan lupa untuk selalu meminta bantuan dan pertolongan Allah SWT dalam setiap langkah Anda. Semoga Allah SWT memudahkan perjalanan umroh Anda dan menerima semua ibadah Anda. Aamiin.

Share

Leave a Comment

Scroll to Top