Membuat NPWP Harus Sesuai Alamat KTP Atau Tidak?

Setiap warga negara Indonesia yang sudah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri pasti memiliki tanggung jawab untuk membayar pajak. Karena itu, setiap warga negara Indonesia wajib memiliki NPWP.

Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh para wajib pajak adalah apakah membuat NPWP harus sesuai alamat KTP atau tidak? Nah, jika Anda juga memiliki masalah yang sama mungkin penjelasan berikut ini bisa sedikit membantu.

NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) adalah salah satu kelengkapan yang harus dimiliki oleh warga negara Indonesia yang sudah berstatus sebagai wajib pajak.

Advertisements

Status wajib pajak ini adalah ketika Anda sudah bekerja atau sudah memiliki penghasilan per bulan atau total penghasilan per tahun dengan jumlah yang sudah ditentukan oleh negara.

Haruskah Membuat NPWP Harus Sesuai Alamat KTP

Ketika pertama membuat NPWP ini, ada beberapa wajib pajak yang sering mengalami kesulitan. Pasalnya, domisili tempat tinggalnya tidak sesuai dengan alamat di KTP. Baca Membuat NPWP Dengan KTP Luar

Nah inilah yang terkadang menjadi kesulitan yang harus dihadapi dan juga pertanyaan yang sering diajukan oleh para wajib pajak, apakah membuat NPWP harus sesuai alamat KTP atau tidak? Jawabannya adalah bisa, asalkan Anda mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan.

Beberapa syarat ketika membuat NPWP pribadi adalah dengan menyertakan Kartu Tanda Penduduk dan surat keterangan kerja yang sudah difotokopi sebelumnya. Selain itu Anda juga harus mengisi formulir pendaftaran, boleh secara online ataupun offline.

Advertisements

Proses pendaftaran akan berlangsung mudah, jika Anda mendaftarkan NPWP di Kantor Pajak Pratama (KPP) yang sesuai dengan alamat pada KTP Anda.

Namun jika alamat tempat tinggal Anda saat ini berbeda dengan alamat KTP, maka Anda harus melalui prosedur tambahan. Syaratnya adalah Anda harus membuat surat keterangan domisili sementara di kecamatan tempat tinggal Anda.

Cara membuatnya, pertama Anda harus membuat surat keterangan tinggal yang ditandatangani oleh ketua RT dan Ketua RW.

Selanjutnya, bawalah berkas-berkas yang terdiri dari surat keterangan tinggal tersebut bersama dengan dokumen lain seperti KK, fotocopy KTP, pasfoto dan KTP asli ke kantor kecamatan tempat tinggal Anda.

Dengan begitu, Anda akan mendapatkan Surat keterangan domisili sementara dari kecamatan. Nah, jika sudah memiliki surat keterangan domisili sementara, Anda bisa langsung mengurus NPWP di KPP setempat.

Jika Anda merasa kesulitan mendapatkan surat keterangan domisili sementara, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk tetap bisa mendapatkan NPWP. Berdasarkan syarat pengajuan NPWP, Anda diminta untuk menyertakan surat keterangan kerja.

Nah, ketika mengajukan di KPP setempat, petugas akan mengecek nama perusahaan atau tempat Anda bekerja. Jika masuk dalam wilayah pajak yang bersangkutan, maka Anda bisa langsung mendapatkan NPWP. Baca Bikin NPWP di Perantauan

Untuk mendapatkannya mungkin Anda harus menunggu selama seminggu hingga NPWP jadi. Semoga penjelasan tersebut bisa menjawab pertanyaan apakah membuat NPWP harus sesuai alamat KTP atau tidak?

Advertisements
error: