NPWP Anda  Patah atau Rusak, Butuh 10 Menit untuk Mengurusnya

NPWP Patah atau Rusak Hilang –  Kartu NPWP bisa saja mengalami kerusakan jika cara penyimpanannya tidak tepat. Bila Anda mengalami kondisi tersebut harus segera mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) supaya bisa secepatnya mendapatkan kartu penggantinya.

Jangan sampai kondisi tersebut terulang lagi, pastikan Anda menyimpannya dengan baik agar tidak sampai rusak apalagi hilang. Waktu yang dibutuhkan untuk penggantian kartu tersebut tidak lama karena NPWP Anda  patah atau rusak, butuh 10 menit untuk mengurusnya. Nah, apa saja berkas yang harus disiapkan?

Setiap wajib pajak harus memahami meskipun kartu NPWP rusak atau hilang maka kewajibannya tetap harus dijalankan. Pelaporan pajak harus dilakukan secara rutin sesuai ketentuan karena kalau sampai melanggarnya ancaman denda administrasi dan bahkan pidana akan diterapkan.

Advertisements

Pencetakan ulang kartu yang rusak atau patah akan dilakukan pihak KPP. Anda bisa menemui bagian account representative untuk melaporkan kondisi kartu NPWP sehingga nantinya dibantu untuk pembuatan yang baru.

Pelaporan kerusakan dan pencetakan ulang kartu ini bisa disesuaikan dengan tempat tinggal atau tempat kegiatan bisnis Anda, jadi tidak harus mendatangi KPP ketika membuat NPWP.

Berikut Proses Pencetakan Ulang NPWP Patah atau Rusak

Proses pencetakan ulang akan berlangsung mudah dan cepat kalau Anda sudah menyerahkan berbagai dokumen yang diminta. Berbagai syarat yang diperlukan adalah fotocopy KTP dan mengisi formulir khusus untuk pencetakan ulang kartu NPWP.

Jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan dan materai senilai Rp 6000. Persyaratan itu berlaku untuk NPWP perorangan sedangkan untuk badan usaha harus melampirkan salinan Akta Pendirian Perusahaan. Nah, bagi yang tidak bisa datang sendiri bisa memberikan kuasa kepada orang lain. Caranya dengan membuat surat kuasa yang dibubuhi materai senilai Rp 6000.

Lama tidaknya proses pengurusan penggantian kartu NPWP tergantung dari jumlah antrean. Secara umum NPWP Anda  patah atau rusak, butuh 10 menit untuk mengurusnya. Dengan begitu, Anda bisa langsung mendapatkan kartu baru di hari yang sama.

Agar tidak terlalu lama menunggu sangat disarankan untuk datang ke KPP saat pagi hari. Setelah Anda mendapatkan kartu NPWP baru pastikan untuk mengeceknya kembali sehingga tidak ada informasi yang salah cetak. Bila memang masih terdapat kesalahan data, Anda bisa meminta petugas untuk segera memperbaiki dan mencetaknya lagi. Baca Solusi Jika Kartu NPWP Hilang dan Lupa Nomornya

Pencetakan ulang tidak hanya berlaku bagi kartu NPWP yang mengalami kerusakan saja tetapi juga karena hilang. Persyaratannya sama dengan ketentuan kalau kartunya rusak, hanya saja Anda harus menyertakan Surat Kehilangan dari pihak Kepolisian. Sebagai bukti kalau kartu NPWP Anda benar-benar telah hilang. Anda bisa membuat surat tersebut di Kantor Polisi terdekat.

Biasanya petugas KPP juga akan meminta fotocopy NPWP untuk memudahkan pengecekan tetapi syarat ini tidak wajib hanya bila Anda memilikinya. Nah, sebagai antisipasi kehilangan pastikan selalu menyimpan di tempat aman dan mudah ditemukan.

Selain itu, buatlah salinan kartu NPWP secukupnya agar kalau terjadi kehilangan lebih mudah dalam pengurusannya. Inilah informasi penting terkait NPWP Anda  patah atau rusak, butuh 10 menit untuk mengurusnya.

Advertisements

Berikut Cara Mudah Mengurus Surat Kuasa Cetak Ulang NPWP, Jika Diwakilkan

Anda bisa menyelesaikan urusan cetak kartu npwp baru maupun cetak ulang karena kartu hilang hanya dalam satu hari. Tetapi syaratnya Anda mengurusnya sendiri. Berbeda jika bukan Anda yang mencetak ulang kartu tersebut. Anda wajib mengurus surat kuasa cetak ulang npwp, jika diwakilkan. Baca NPWP Hilang Sudah Lama, Bisakah di Urus Kembali

Karena petugas pajak tidak bisa serta merta mencetak ulang kartu apalagi yang mengurus bukan orang yang bersangkutan dengan kartu tersebut. Karena jika petugas terlalu mudah dalam mencetak ulang kartu npwp milik pribadi seseorang, maka yang akan terjadi bisa ada dua kartu yang sama beredar di luar sana.

Mengurus surat kuasa cetak ulang npwp cukup mudah, syaratnya hanya Anda diharuskan untuk menandatangani surat tersebut sesuai dengan nama Anda sebagai yang diberi kuasa. Surat kuasa sendiri mudah membuatnya bahkan saat ini sudah banyak di share di internet bahkan dengan video tutorial.

Surat kuasa sesungguhnya memang hanya dibutuhkan jikalau Anda mewakili seseorang atau Anda minta untuk diwakilkan ketika mengurus npwp. Jadi bagi Anda yang tidak diwakilkan oleh siapapun tidak perlu berpikir membuat surat kuasa.

Kecuali sedang dalam keadaan terdesak atau memang benar-benar tidak bisa mengambil sendiri barulah Anda mengurus surat kuasa cetak ulang npwp, jika diwakilkan saudara atau orang yang Anda percayai. Surat kuasa yang Anda sertakan jangan lupa untuk diberi materai karena ini merupakan syarat wajibnya.

Tidak mudah memang untuk urusan cetak ulang ini karena Anda semua pasti tahu kalau hal seperti ini tidak bisa sembarangan. Sekali kartu npwp diterbitkan sebetulnya itu sudah untuk seumur hidup.

Sehingga Anda tidak perlu repot memperpanjang masa berlakunya. Petunjuk untuk pembuatan surat kuasa inipun tidak perlu susah-susah anda cari karena di internet semua sudah ada. Mulai dari A sampai Z jenis dan tipe juga bahasa suratnya sudah dibahas tuntas.

Perihal surat kuasa memang harus diingatkan melalui tulisan ini karena kebanyakan orang sering lupa membawanya. Kalau sudah begini Anda akan kerepotan dengan harus bolak-balik membawa kelengkapan dokumen yang memang belum dipersiapkan.

Maka sebaiknya sebelum berangkat mengurus cetak ulang ini, perhitungkan dari segi waktu dan keefektifan. Jika memang sepertinya cukup waktu untuk menyelesaikan semua dalam satu hari sebaiknya berangkat dari pagi supaya tidak perlu antre lama. Baca Jika Ingin Cetak Ulang NPWP Perusahaan

Berdasar pengalaman dan cerita dari banyak orang, di kantor pajak pasti antre. Walaupun kini sistem sudah berjalan lebih bagus biasanya tetap ada waktu yang Anda habiskan hanya untuk antre. Oleh sebab itu amati semua, siapkan apapun yang mungkin diperlukan sehingga mengurus surat kuasa cetak ulang npwp, jika diwakilkan teman ini dapat lancar sesuai dengan rencana. Selamat mencetak npwp, semoga lancar.

Advertisements
error: