NPWP Hilang Sudah Lama, Bisakah di Urus Kembali?

NPWP hilang sudah lama, bisakah di urus kembali? NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak yang hilang dapat diurus kembali dengan menyertakan beberapa dokumen tertentu. NPWP merupakan salah satu tanda pengenal atau identitas diri yang digunakan dalam mengurus administrasi perpajakan.

Tak jarang, NPWP juga digunakan sebagai salah satu syarat untuk melamar pekerjaan. Selain itu, juga dapat digunakan untuk mengajukan permohonan kredit di bank-bank tertentu.

Oleh karena itu, kehilangan NPWP akan dirasa cukup rumit karena NPWP merupakan identitas diri yang penting dan wajib dimiliki oleh mereka yang membuka usaha sendiri. Berikut ini ada beberapa langkah untuk mengurus kembali NPWP atau Nomor Pokok Wajib Anda yang telah hilang:

Advertisements

Cara Mengurus NPWP Hilang Bagi Pemula

  1. Sediakan surat kehilangan dari kepolisian. Untuk mengurus surat kehilangan, Anda perlu menyerahkan dokumen berupa identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk. Di kantor kepolisian, Anda akan diberikan instruksi untuk melapor kepada petugas. Ketika formulir laporan tersebut selesai, Anda harus mengeceknya sekali lagi untuk memastikan bahwa formulir laporan tersebut valid. Setelah itu, Anda tinggal meminta tanda tangan dan cap stempel resmi dari pihak kepolisian.

 

  1. Langkah selanjutnya adalah Anda harus mendatangi langsung Kantor Pelayanan Pajak atau KPP di daerah domisili Anda. Lalu, NPWP hilang sudah lama, bisakah di urus kembali? Di Kantor Pelayanan Pajak Anda dapat mengurus hal tersebut dengan mengisi formulir pencetakan ulang Nomor Pokok Wajib Pajak. Formulir ini telah disediakan oleh Kantor Pelayanan Pajak dan Anda harus mengisinya dengan tanda tangan diatas materai 6000.

 

  1. Langkah terakhir, Anda tinggal menunggu kartu NPWP Anda kembali lagi dengan mengantri sesuai nomor antrian yang tersedia. Kemudian, pastikan bahwa identitas diri telah sesuai dengan formulir yang telah Anda isi sebelumnya. Dan NPWP Anda telah siap untuk dipergunakan.


Cara mengembalikan NPWP hilang di atas sangat mudah untuk dilakukan dan bisa dilakukan sendiri tanpa harus diwakilkan. Pelayanan ini pun tidak dipungut biaya alias gratis. Selain itu, cara diatas juga dianggap lebih sederhana dan tidak memberatkan masyarakat yang ingin mengurus NPWP yang telah hilang. Baca Apakah Bisa Cetak Kartu NPWP di Kpp Lain

Namun, pastikan untuk melengkapi dokumen-dokumen di atas agar pengajuan pencetakan ulang Nomor Pokok Wajib Pajak tersebut dapat diselesaikan dengan cepat. NPWP adalah salah satu identitas diri yang sangat penting dan hampir selalu digunakan di saat sekarang ini.

Oleh karena itu, usahakanlah untuk menjaga NPWP Anda sebaik mungkin agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kehilangan NPWP atau NPWP mengalami kerusakan. NPWP hilang sudah lama, bisakah di urus kembali? Jawabannya adalah bisa diurus kembali asalkan Anda mampu menyediakan dokumen selengkap mungkin dan mampu menceritakan kronologis hilangnya NPWP milik Anda.

Jika NPWP Hilang Diluar Kota, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Kehilangan sebuah barang memang pernah dialami oleh semua orang, baik itu karena lupa maupun karena ketidak sengajaan. Lalu, bagaimana jika barang yang hilang tersebut merupakan barang yang cukup penting kegunaannya, seperti NPWP misalnya? NPWP hilang diluar kota, apa yang harus saya lakukan? Baca Contoh Nomor NPWP Asli

Advertisements

Mengurus kehilangan NPWP walaupun berbeda domisili tidak akan serumit yang Anda pikirkan. Justru persyaratan dan cara mengurusnya terbilang mudah dan dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. NPWP adalah salah satu identitas penting yang biasa digunakan dalam urusan perpajakan.

NPWP sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu NPWP Pribadi dan NPWP Perusahaan. Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan ketika NPWP Anda hilang diluar kota:

NPWP Hilang Sudah Lama, Bisakah di Urus Kembali?

Cara Mengurus NPWP Hilang Diluar Kota

  1. Mengurus surat kehilangan di kepolisian. Langkah pertama, Anda harus mengurus surat kehilangan terlebih dahulu sebelum mengajukan pencetakan ulang NPWP ke Kantor Pelayanan Pajak. Ada beberapa dokumen yang harus Anda serahkan ke petugas kepolisian, seperti identitas diri dan kronologis kejadian kehilangan tersebut. Di sana Anda akan mendapatkan formulir yang disebut dengan surat kehilangan.
  2. NPWP hilang diluar kota, apa yang harus saya lakukan? Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah mengajukan permohonan pencetakan ulang NPWP ke Kantor Pelayanan Pajak di tempat Anda berada. Pengajuan pencetakan ulang ini bisa Anda lakukan di Kantor Pelayanan Pajak mana saja di Indonesia walaupun berbeda domisili dengan yang tertera di Kartu Tanda Penduduk Anda. Anda akan diarahkan untuk mengisi formulir yang telah disediakan dan mengantri untuk mendapatkan kembali NPWP Anda.
  3. Jika NPWP yang hilang adalah NPWP perusahaan, maka harus ada berkas fotokopi berupa akta perusahaan atau surat kuasa dari direktur perusahaan.

Mengurus NPWP yang hilang Ketika Anda sedang berada di luar kota sangat memungkinkan untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan, Anda dapat mengurusnya di semua Kantor Pelayanan Pajak yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Jika Anda diharuskan untuk menggunakan NPWP secepatnya, sementara Anda tidak sengaja telah menghilangkan NPWP tanda, maka Anda bisa langsung membuat surat kehilangan di kantor kepolisian.

Mengurus kehilangan NPWP pribadi jauh lebih mudah daripada NPWP perusahaan. Hal ini dikarenakan, pihak Pelayanan Pajak akan meminta berkas berupa surat kuasa dari direktur perusahaan yang bersangkutan. Baca NPWP Hilang Lapor Kemana

Surat kuasa ini bertujuan untuk memastikan bahwa Anda benar-benar bekerja di bawah naungan perusahaan tersebut, sehingga NPWP Anda bisa lebih cepat diproses. NPWP hilang diluar kota, apa yang harus saya lakukan?

Anda dapat melakukan langkah-langkah atau cara-cara yang telah diuraikan di atas sebaik mungkin. Usahakan untuk melengkapi dokumen-dokumen tersebut agar proses pencetakan ulang NPWP yang telah Anda ajukan dapat diselesaikan dengan cepat.

Advertisements
error: