Panduan Lengkap Gadai Sertifikat Rumah Bukan Atas Nama Sendiri

Menggadaikan sertifikat rumah merupakan salah satu cara untuk memperoleh uang dalam waktu singkat.

Rumah yang Anda tinggali tentu memiliki harga yang lumayan dan bisa dijadikan agunan untuk proses gadai atau pinjaman. Namun, Anda mungkin pernah mendengar cara gadai sertifikat rumah bukan atas nama sendiri.

Praktek yang satu ini, walaupun memiliki resiko cukup besar, namun sangat diminati. Biasanya, banyak pengusaha yang membutuhkan suntikan dana untuk usahanya namun tidak memiliki uang modal yang cukup akan menggunakan aset milik orang lain untuk dijadikan agunan dalam proses gadai tersebut.

Advertisements

Namun, benarkah cara ini dapat dilakukan dan aman?

Menilik Keamanan Gadai Rumah Orang Lain

Ketika Anda memikirkan cara untuk menggadaikan rumah orang lain, tentu Anda akan berhubungan dengan pihak ke tiga yaitu si pemilik rumah.Baca Sertifikat Rumah Bisa Digadaikan di Pegadaian

Lalu, apakah Anda benar-benar bisa melakukan gadai sertifikat rumah bukan atas nama sendiri? Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum mengajukan gadai tersebut.

Advertisements
  1. Sebelum mengajukan permohonan gadai, pahami bahwa Anda akan melakukan banyak hal yang menjadi pertimbangan ketika berhadapan dengan pihak bank. Dalam hal ini, Anda akan membutuhkan beberapa hal, salah satunya adalah sertifikat atas nama diri Anda sendiri. Hal ini penting karena pihak bank hanya menerima agunan atas nama peminjam.
  2. Anda bisa menggunakan penjamin untuk gadai Anda. Terlebih jika Anda menggunakan sertifikat milik orang tua Anda. Hal ini akan semakin memudahkan Anda untuk memperoleh pinjaman dari pihak Pegadaian. Sertifikat milik orang tua menjadi agunan yang paling cocok jika Anda ingin melakukan gadai rumah bukan atas nama sendiri.
  3. Apabila Anda ingin mencoba untuk menggunakan agunan tersebut untuk kebutuhan Anda, cobalah Anda rundingkan kemungkinan untuk melakukan balik nama untuk agunan yang bersangkutan. Hal ini akan sangat sesuai untuk Anda yang ingin mengajukan pinjaman dengan nama Anda sendiri. Jadi, proses gadai akan berlangsung dengan jauh lebih mudah.
  4. Lalu, apakah gadai sertifikat rumah bukan atas nama sendiri merupakan praktek yang aman? Tentu saja hal ini bisa dianggap aman ketika Anda menggunakan sertifikat atas sepengetahuan pemilik rumah. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, maka Anda akan memperoleh kemudahan dalam proses gadai di Pegadaian.

Banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan ketika Anda ingin melakukan gadai di Pegadaian. Pilihan Pegadaian pun dapat menjadi solusi karena bunga yang ditentukan tergolong cukup rendah dibandingkan dengan bank konvensional.

Pegadaian pun memiliki dua jenis institusi, yaitu Pegadaian konvensional serta Pegadaian Syariah yang bisa Anda pilih untuk kebutuhan sehari-hari. Baca Gadai Sertifikat Atas Nama Orang Tua

Hal inilah yang bisa menjadi magnet bagi para peminjam untuk memilih Pegadaian sebagai solusi gadai sertifikat rumah bukan atas nama sendiri.

Advertisements
error: