Pengalaman Mengambil Motor yang Ditarik Leasing FIF

Pengalaman Mengambil Motor yang Ditarik Leasing FIF

Diposting pada

Menggunakan jasa pembiayaan seperti FIF merupakan cara yang cepat untuk membeli sepeda motor. Layanan pembiayaan tidak hanya untuk motor baru tetapi juga motor bekas yang berkualitas.

Persyaratan dan prosesnya memang mudah, namun resiko dari pembelian lewat leasing adalah kredit macet. Apabila hal tersebut terjadi, berikut cara Mengambil Motor yang Ditarik Leasing FIF.

Prosedur FIF Menarik Motor Karena Kredit Macet

Proses penarikan motor dengan cara pemaksaan bukan tindakan yang dilakukan FIF karena jelas melanggar Undang-Undang. Perusahaan leasing tersebut tetap menerapkan hukum Fidusia sehingga tidak ditarik secara sembarangan. baca Cara Gampang Menghitung Kredit Motor di BAF

FIF menggunakan win-win solution terhadap nasabah yang terjerat kredit macet. Solusi tersebut dinilai lebih manusiawi dan memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak.

Pengalaman Mengambil Motor yang Ditarik Leasing FIF

Advertisements

Berikut prosedur secara singkat yang dilakukan FIF apabila nasabah mengalami kredit macet:  

  1. Tunggakan pada bulan pertama akan diberikan peringatan terlebih dahulu dengan Surat Peringatan atau melalui Call Center;
  2. Apabila nasabah belum kunjung membayar sesuai tenggat waktu yang diberikan, maka pihak internal perusahaan akan mendatangi rumah nasabah;
  3. Pihak internal FIF akan berdiskusi dengan nasabah untuk mendapatkan solusi atas kredit macet tersebut;
  4. Apabila dengan sangat terpaksa harus menarik sepeda motor, maka pihak FIF akan melakukannya sesuai prosedur dan didampingi oleh pihak aparat.

Bagaimana Cara Agar Sepeda Motor Tidak Mudah Ditarik?

Perlu diketahui bahwa penagih hutang atau debt collector tidak diperbolehkan untuk mengambil kendaraan secara paksa. Sehingga praktik-praktik leasing yang semacam itu melanggar peraturan Undang-Undang.

Berikut cara yang sebaiknya dilakukan agar debt collector dari pihak leasing tidak menarik sepeda motor Anda semena-mena: Baca Bisa Gak Gadai Motor di Pegadaian Tanpa BPKB

Advertisements
  • Mintalah mereka untuk menunjukkan Surat Penarikan dan Sertifikat Fidusia

Jangan sampai tertipu dengan debt collector gadungan yang memanfaatkan kesempatan. Saat mereka datang dan mengaku sebagai utusan FIF, maka hal pertama yang harus ditanyakan adalah Surat Penarikan. Hal tersebut merupakan bukti sah bahwa pihak leasing berhak menarik sepeda motor Anda. Apabila mereka menyerahkan, maka periksalah dengan teliti isi surat tersebut.

Selain Surat Penarikan, dokumen penting lain adalah Sertifikat Jaminan Fudisia. Dokumen tersebut merupakan bukti tertulis dari perjanjian hutang piutang pihak leasing kepada Anda selaku debitor dengan sepeda motor sebagai jaminannya. Adanya sertifikat ini akan membantu Anda terhindar dari tipuan para debt collector atau pun kesalahan dari pihak leasing.

Nantinya, Sertifikat Fudisia juga diperlukan sebagai salah satu syarat untuk menebus sepeda motor. Jadi, mintalah dua dokumen tersebut saat kendaraan Anda akan ditarik untuk mencegah penipuan dan kesalahpahaman.

  • Pastikan mereka memiliki Berita Acara Penyerahan Kendaraan (BAPK)

Saat sepeda motor terancam ditarik, maka mintalah BAPK kepada pihak leasing yang mendatangi Anda. Keaslian dokumen tersebut dibuktikan dengan bubuhan tandatangan pihak FIF dan pengguna.

Apabila mereka tidak menyerahkannya, maka jangan serahkan kendaraan dan segera hubungi call center FIF untuk memastikan penarikan tersebut. Apabila perlu, hubungi kantor polisi terdekat.

  • Tanyakan bukti tunggakan dalam riwayat pembayaran

Cara ini dapat dilakukan apabila Anda merasa sudah menyetorkan uang kredit, namun pihak FIF tiba-tiba datang untuk menagih. Riawayat pembayaran berisi jumlah tunggakan yang harus dibayar sehingga dokumen tersebut dapat menjadi bukti valid apakah memang ada kredit yang mecat atau tidak. Mengingat kesalahpahaman seringkali terjadi sehingga Anda harus berhati-hati. Baca Hitungan Denda Keterlambatan Angsuran ACC

Hal yang paling penting saat menghadapi masalah penarikan sepeda motor adalah bersikap tenang. Dengan begitu, Anda dapat berbicara secara baik-baik kepada pihak leasing. Apabila Anda merasa curiga atau ada kesalahan, jelaskan secara tegas dan sopan bahwa Anda sendiri yang akan mendatangi kantor leasing. Cara tersebut akan mengamankan motor kreditan Anda.

Tinggalkan Balasan