Pengalaman Saya Gadai Emas Tanpa Surat di Pegadaian

Pengalaman Saya Gadai Emas Tanpa Surat di Pegadaian

Diposting pada

Mungkin tak sedikit dari orang-orang yang berpikiran “bisa tidak menggadaikan emas tanpa surat di Pegadaian?” Dan tak jarang pula yang memiliki pengalaman gadai emas tanpa surat di Pegadaian. Bagi Anda yang penasaran bagaimana prosedurnya serta apa saja yang harus dipersiapkan sebelum pergi ke kantor Pegadaian, simak penjelasannya di bawah ini!

Syarat yang Harus Dipenuhi

Emas adalah logam mulia yang tak jarang dijadikan tabungan masa mendatang. Tak menutup kemungkinan saat Anda membutuhkan dana mendesak dan berniat menjual emas milik Anda, namun ternyata tak menemukan surat emasnya. Meskipun keberadaan surat emas juga tak kalah penting, bukan berarti Anda tak dapat menggadaikan emas jika surat emas hilang.

Syarat-syarat yang harus Anda penuhi adalah mengisi surat pernyataan yang menyatakan bahwa emas yang Anda gadai adalah benar milik Anda dan penggadai akan bertanggung jawab penuh atas segala risiko yang mungkin dapat terjadi selama masa gadai. Baca 3 Metode Bayar Perpanjangan Pegadaian Online

Pengalaman Saya Gadai Emas Tanpa Surat di Pegadaian

Berapa Harga yang Diberikan?

Karena Anda menggadai emas tanpa surat emas, tentu saja harga taksiran emas akan rendah. Sehingga dampaknya adalah Anda tidak akan mendapatkan dana maksimal dan tentunya tak sesuai dengan ekspektasi Anda. Jika Anda menyetujui harga taksiran yang diberikan oleh pihak Pegadaian, maka Pegadaian akan mengabulkan permintaan penggadaian emas tersebut.

Advertisements

Berdasarkan peraturan yang berlaku, nilai pinjaman maksimal adalah sebesar 92% dari nilai emas tersebut. Sehingga jika Anda tak dapat menyertakan surat emas saat menggadai, maka hasilnya akan dibawah 90% dari nilai emas tersebut.

Advertisements

Pencairan Dana Akan Lebih Lama

Berdasarkan pengalaman gadai emas tanpa surat di Pegadaian, dana yang akan turun dari hasil menggadai emas tanpa surat milik Anda akan cair lebih lama. Tentu saja dikarenakan emas yang Anda gadai tak disertai surat emas.

Terdapat beberapa Pegadaian yang menerima gadai emas tanpa surat namun harus melakukan tes untuk dapat mengetahui berapa kadar dan berat emas tersebut. Karena hal itulah, proses pencairan dana menjadi lebih lama.

Jika umumnya emas yang digadai lengkap dengan suratnya hanya akan membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit saja untuk menunggu dana cair, namun berbeda dengan gadai emas tanpa surat. Kemungkinan besar dana baru dapat cair setelah 2 hari dari waktu Anda menggadaikan emas tersebut.

Sehingga bagi Anda yang benar-benar membutuhkan dana mendesak saat itu juga, menggadaikan emas tanpa surat bukan merupakan pilihan yang tepat, karena uang yang Anda butuhkan tak bisa cair saat itu juga. Baca Daftar Harga Gadai HP di Pusat Gadai Indonesia

Prosedur Dalam Menggadaikan Emas

Sebelum Anda menggadaikan emas, ada baiknya mengetahui beberapa prosedur menggadaikan emas berikut ini!

  1. Melampirkan Dokumen Pendukung

Meskipun Anda menggadaikan emas tanpa menyertakan surat emas, Anda tetap harus melengkapi dokumen pendukung agar penggadaian emas Anda dapat diproses. Dokumen yang harus Anda lengkapi adalah identitas diri Anda, seperti SIM, KTP, atau paspor milik Anda.

  1. Membayar Biaya Administrasi

Biaya administrasi wajib Anda bayarkan setiap kali menggadaikan barang. Biaya administrasi yang harus Anda bayarkan akan bergantung dari besarnya nilai pinjaman. Semakin besar pinjaman Anda, maka akan semakin besar pula biaya administrasi yang wajib Anda tanggung.

  1. Jangan Telat Membayar Cicilan

Anda perlu memperhatikan masa gadai emas serta tenggat pembayaran cicilan Anda. Untuk menghindari denda, usahakan untuk selalu membayar tepat pada waktunya sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. Baca Ini Risiko Jika Barang Gadai Tidak Ditebus di Pegadaian

Nah, itu tadi pengalaman gadai emas tanpa surat di Pegadaian bagi Anda yang mungkin berniat untuk menggadaikan emas tanpa surat.

Tinggalkan Balasan