Perbedaan Antara KPR Subsidi Dan Non-Subsidi (Wajib Baca)

Sistem produk pinjaman yang ditawarkan oleh lembaga perbankan biasanya cukup bervariasi bentuknya di mana setiap nasabah dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki.

KPR termasuk ke dalam daftar jenis produk pinjaman yang dapat diajukan oleh nasabah dalam memperoleh dana tunai untuk keperluan dalam memiliki sebuah hunian yang layak dan nyaman.

KPR memiliki beberapa jenis di mana salah di antaranya adalah KPR subsidi dan KPR non subsidi. Sebenarnya, apa sih perbedaan antara KPR subsidi dan non-subsidi itu?

Advertisements

KPR atau kredit pemilikan rumah merupakan jenis kredit yang diberikan oleh pihak bank bagi calon nasabah yang ingin memiliki hunian yang nyaman dan sesuai dengan rumah yang diidamkan.

Sistem pembelian rumah dengan cara dicicil ini dipercaya mampu memberikan keringanan bagi setiap masyarakat dalam memperoleh rumah. Baca KPR Ditolak Apakah DP Hangus

Perbedaan KPR Subsidi Dan Non-Subsidi

Di Indonesia sendiri, kredit dalam mendapatkan rumah atau pun memperbaiki rumah memiliki dua jenis yaitu KPR subsidi dan non-subsidi.

Tentu dari kedua jenis tersebut akan terdapat perbedaan KPR subsidi dan non-subsidi yang harus diperhatikan oleh setiap masyarakat yang ingin melakukan pengajuan kredit perbankan tersebut.

  1. KPR subsidi

KPR subsidi merupakan jenis KPR yang diperuntukkan bagi masyarakat yang memiliki penghasilan menengah ke bawah dalam memenuhi kebutuhan rumah di mana sistem ini diatur dalam pemerintahan sehingga hanya beberapa orang saja yang memenuhi kriteria dalam menggunakan KPR bersubsidi.

Advertisements

Bentuk dari subsidi yang diberikan oleh pihak pemerintah adalah meringankan bentuk kredit dan juga penambahan biaya dalam membangun atau memperbaiki rumah. Baca Simulasi KPR BCA Angsuran

  1. KPR non-subsidi

KPR non-subsidi ini termasuk ke dalam jenis KPR yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat dalam memperoleh rumah dengan cara dicicil.

Setiap masyarakat yang menggunakan KPR non-subsidi dalam memenuhi kebutuhan tempat tinggal ini akan dikenakan angsuran tanpa adanya subsidi dari pemerintah sehingga memiliki harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan KPR bersubsidi.

Kedua jenis KPR ini secara umum tidak memiliki perbedaan yang sangat signifikan hanya saja sasaran penerima KPR ini yang berbeda.

Setiap orang dapat melakukan pengajuan untuk memenuhi kebutuhan rumah tinggal dengan memilih jenis KPR non-subsidi yang dibantu pemerintah.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan antara KPR subsidi dan non-subsdi yang dapat Anda gunakan dalam memperoleh sistem pinjaman perbankan dalam memperoleh rumah atau memperbaiki bangunan rumah dengan cara yang mudah dan tentunya tidak akan memberi beban bagi para nasabahnya.  baca 7 Penyebab KPR Ditolak

Meskipun memiliki perbedaan, bagi setiap orang yang ingin melakukan pengajuan kredit KPR baik menggunakan sistem subsidi atau pun non subsidi maka syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon nasabah sama hanya saja kelengkapan dokumen yang terdapat sedikit perbedaan akan tetapi tidak berpengaruh terlalu banyak.

Advertisements
error: