Perhitungan KPR BNI Syariah Plus Bunganya Per Bulan

Perhitungan KPR BNI Syariah – Dikarenakan masyarakat sekarang banyak yang ingin membeli rumah sendiri dengan penghasilan yang pas-pasan menjadikan KPR di berbagai bank menjadi magnet.

Sebagai contoh saja, kami sudah menemukan begitu banyak pertanyaan yang masuk tentang bagaimana perhitungan KPR BNI Syariah.

Meski sudah ada banyak masyarakat yang menggunakan KPR, namun ada pula beberapa masyarakat yang masih merasakan bingung bagaimana cara perhitungannya.

Advertisements

Bahkan dengan mengetahui cara untuk menghitungnya, Anda pun jadi bisa mengira-ngira berapa total uang yang harus dibayarkan setiap bulannya. Penasaran tentang hal tersebut? Berikut kami berikan ulasannya.

Perhitungan KPR BNI Syariah yang Mudah

Sebelum kami memulai untuk perhitungan KPR BNI Syariah perlu Anda ketahui bahwa sistem KPR yang ada di bank Syariah dengan bank konvensional itu tidak sama.

Pasalnya mereka memiliki perbedaan mulai dari kepemilikan rumah ataupun dari segi akadnya. Apabila di bank konvensional pasti akan ada bunga. Baca Simulasi Pinjaman BNI Syariah Per Bulan

Namun menurut hukum Islam, bunga itu masuk ke dalam kategori riba dan tidak diperbolehkan karena haram. Untuk itulah di bank Syariah, jika memang ada nasabah yang ingin mengajukan KPR, bank pun akan mengambil untung dari margin, bukanlah bunga.

Namun sebenarnya margin itu mirip dengan bunga. Pembedanya, margin merupakan sebuah keuntungan yang telah ditentukan dari pertama kali adanya interaksi dengan pembeli rumah.

Advertisements

Kemudian bunga, nilai atau besarnya dapat berubah sesuai keadaan pasar serta kebijakan dari bank konvensional.

Sehingga jika Anda meminjam KPR di bank Konvensional bisa saja sewaktu-waktu jumlah cicilan per bulan melonjak dikarenakan adanya penyesuaian bunga KPR terhadap floating. Nah di sini kami ingin memberikan list margin jika Anda ingin mengajukan KPR di BNI Syariah. Baca Pinjaman BNI Syariah Tanpa Agunan

1 th : 6,34 persen pa

2 th : 6,21 persen pa

3 th : 5,95 persen pa

4 th : 6,6 persen pa

5 th : 6,69 persen pa

Angka margin yang sudah kami sebutkan tersebut merupakan per tahun. Bisa Anda dapatkan hasilnya dengan perhitungan (cicilan per bulan x 12 x jangka waktu – pokok) : pokok : jangka waktu.

Untuk margin masing-masing pengaju KPR tentu berbeda, sesuai dengan DP yang akan dibayarkan di awal.

Nah bagi yang menanyakan, berapa besar uang muka atau DP? Jawabannya adalah, 20 persen dari semua harga rumah.

Jika memang rumah yang ingin Anda beli termasuk golongan mewah, dengan luas 70 meter persegi, maka DP yang harus dibayarkan pun minimal sebesar 30 persen. Baca KPR BNI Syariah Tanpa DP

Kemudian untuk besar cicilan per bulan, maksimalnya adalah 40 persen dari gaji bersih atau gaji yang sudah dipotong oleh pajak.

Itulah kilas perhitungan KPR BNI Syariah yang banyak dipertanyakan oleh sebagian besar masyarakat semoga membantu.

Advertisements
error: