Perhitungan Suku Bunga KPR BTN Per Bulan

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai suku bunga KPR BTN yang mana mungkin saja pada masa sekarang ini cukup banyak orang yang mencari-cari informasi mengenai tema kali ini.

Seperti kita ketahui kepemilikan rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang dibutuhkan hampir setiap orang sekarang ini.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan rumah adalah dengan cara kredit melalui bank, dan BTN merupakan salah satu bank yang menyediakan kredit kepemilikan rumah untuk para nasabahnya.

Advertisements

BTN sendiri memiliki dua produk KPR yang mereka sediakan untuk para nasabahnya yang ingin memiliki rumah dengan cara kredit yaitu KPR subsidi dan KPR platinum. Baca Syarat Pinjaman Tanpa Agunan BRI Syariah

Perhitungan Suku Bunga KPR BTN Per Bulan

KPR subsidi memiliki metode suku bunga flat, sehingga sampai pada akhir masa kredit KPR tersebut anda membayar bunga yang sama setiap bulannya.

Sementara untuk produk KPR BTN yang lain perhitungan bunganya bisa flat dan bisa juga metode perhitungan bunga anuitas. Untuk sistem bunga flat keuntungannya adalah sampai masa waktu kredit bunga tidak akan mengalami kenaikan suku bunga.

Untuk informasi suku bunga KPR BTN yang subsidi adalah 5% flat selama masa waktu kredit di BTN. Suka bunga tersebut merupakan suku bunga yang cukup kecil mengingat produk tersebut merupakan subsidi dari pemerintah yang mana pemerintah mempercayakan subsidi untuk masyarakat itu melalui bank BTN.

Advertisements

Skema perhitungan bunga dari KPR BTN subsidi ini bergantung dari jumlah hutang yang dikeluarkan bank, sementara jumlah hutang sendiri bukan merupakan besaran harga rumah melainkan besaran hutang banknya.Baca Proses Survey KUR BRI Untuk Agunan Pinjaman

Sebagai contoh harga rumah yang akan anda ambil adalah 140 juta, maka jika anda membayar uang muka sebesar 30 juta maka hutang anda ke bank adalah 110 juta. Berikut ini kami informasikan mengenai skema perhitungan bunga untuk KPR BTN yang bersubsidi.

Untuk cara penghitungannya adalah jumlah besaran hutang yang sudah saya jelaskan sebelumnya dikalikan suku bunga dari KPR BTN subsidi yaitu 5% flat kemudian dibagi dengan jumlah masa kreditnya (dalam bulan).

Sebagai contoh jika anda berniat untuk membeli rumah seharga 140 juta secara kredit dengan KPR BTN subsidi dengan uang muka 30 juta selama 15 tahun maka perhitungan bunganya adalah 140 juta dikurangi uang muka 30 juta kemudian dikalikan 5% setelah itu dibagi 180, maka bunganya 30.555 atau sekitar 31000.

Dengan pokok bunga dibagi waktu kredit maka total angsurannya sekitar 645rb per bulannya. Demikianlah penjelasan mengenai skema perhitungan bunga untuk KPR BTN bersubsidi, cukup simpel dan mudah bukan. Baca Tabel Angsuran Pinjaman BRI Syariah

Semoga informasi mengenai perhitungan dengan skema dari suku bunga KPR BTN ini dapat menjadi informasi yang berguna dan membantu anda dalam menentukan rencana untuk mengambil kredit KPR subsidi di BTN.

Advertisements
error: