Perhitungan Suku Bunga KPR BTN Setiap Bulannya

Suku Bunga KPR BTN – Kredit Perumahan Rakyat (KPR) yang juga dikenal sebagai Kredit Kepemilikan Rumah adalah jenis pinjaman kredit yang ditawarkan pemerintah/ developer bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah sendiri. Kebutuhan akan rumah tinggal memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi kebutuhannya. Ada sangat banyak masyarakat yang masih harus terus membayar tempat yang ia tinggali, namun tempat tersebut tidak akan pernah menjadi miliknya (mengontrak).

Mengontrak rumah terus menerus merupakan jenis pengeluaran yang sangat tidak menguntungkan. Walaupun  memang anda bisa tinggal selama anda bisa membayar, namun akan lebih bermanfaat jika anda membayar selama tinggal untuk memilikinya (mengkredit rumah). Agar masyarakat memiliki rumah sendiri inilah mengapa akhirnya pemerintah/ developer bekerja sama dengan beberapa bank menawarkan program pembiayaan rumah.

Salah satu bank yang paling dikenal karena program KPR adalah Bank Tabungan Negara (BTN). BTN memungkinkan anda untuk memilih rumah yang ingin anda KPR, dan  melakukan pembayaran ke bank untuk melunasinya selama beberapa tahun. Adanya program KPR ini pastinya sangat membantu masyarakat. Namun kebanyakan masyarakat juga masih belum terlalu memahami bagaimana cara perhitungan suku bunga KPR BTN setiap bulannya untuk dibayar. Baca 7 Penyebab KPR Ditolak BTN (Pengalaman)

Advertisements

Padahal informasi mengenai perhitungan suku bunga ini sangatlah penting. Nasabah dan pemohon KPR perlu mengetahuinya untuk menentukan kesanggupan dalam pembayarannya. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai perhitungan suku bunga ini, maka simak penjelasan lebih lengkapnya pada bagian berikut ini.

Bagaimana Perhitungan Suku Bunga KPR BTN Setiap Bulannya Dilakukan?

Setelah mengetahui bahwa BTN menyediakan program KPR untuk para nasabahnya, maka kini yang perlu anda ketahui adalah cara perhitungan suku bunganya. Suku bunga pinjaman KPR ini adalah suku bunga per bulan yang dapat dihitung dengan mudah.

Perhitungan suku bunga KPR BTN ini dapat dilakukan dengan mengetahui informasi terkait besar pinjaman, besar uang muka, hingga besar bunga flat yang dilayani. Ingin tahu lebih jauh mengenai perhitungan suku bunga KPR BTN ini? Simak penjelasannya berikut ini!

Contoh Kasus:

Advertisements

Anda akan meminjam uang sebesar 150 Juta untuk memberi rumah dengan cara KPR BTN. Ketentuan dari BTN memberikan syarat besar uang muka adalah minimal 10%. Jika bunga KPR BTN adalah 5% flat, maka berapa suku bunga per bulan yang harus anda bayarkan? Baca Hitung Simulasi KPR BRI Syariah Sebelum Mengajukan

Jika anda meminjam uang sebesar 150 juta rupiah dan memilih membayar uang muka sebesar 15 juta rupiah, maka artinya uang yang kamu hutang ke bank adalah 135 juta rupiah. Lalu bagaimana cara pembayaran dari KPR BTN ini? Berapa suku bunga KPR BTN setiap bulannya?

Misalkan anda memilih pembayaran pelunasan pinjaman selama 15 tahun. Anda kemudian harus mengalikan sejumlah sisa hutang dengan bunga sebesar 5%, yaitu 135 juta dikalikan 5% sama dengan Rp6.750.000.

Karena ingin dilunasi selama 15 tahun, maka cicilan dilakukan selama 180 bulan. Jadi suku bunga yang harus anda bayarkan per bulannya adalah Rp6.750.000 dibagi 190, yaitu sama dengan Rp37.500. Bunganya memang sangat ringan sekali bukan?

Jika anda ingin lebih lanjut mengetahui berapa besar angsuran yang harus dibayarkan dari pinjaman ini, maka anda harus melakukan perhitungan sisa hutang dibagi 180 bulan dan ditambah suku bunga yang harus anda bayarkan. Jadi 135 juta dibagi 180 bulan sama dengan 750 ribu ditambah bunga sebesar 37.500. Jadi total angsuran yang harus anda bayarkan per bulannya adalah Rp787.500.

Akhirnya, setelah 15 tahun lamanya anda bisa memiliki rumah yang dibayarkan lunas dengan cicilan ringan hanya sekitar 700 ribuan saja. Jadi anda pun bisa memiliki rumah sendiri dengan biaya yang ringan dan tidak lagi harus menyewa rumah seumur hidup anda. Baca Hitungan Kalkulator KPR BTN Dengan Uang Muka

Oleh sebab itu, lakukanlah perhitungan suku bunga KPR BTN setiap bulannya dan ketahui berapa kemampuan anda untuk membayarkan pinjaman anda hingga lunas. Jadi jika anda memiliki persyaratan yang dibutuhkan, jangan tunggu lama lagi dan segeralah ajukan pinjaman di KPR BTN. KPR BTN pun tidak mensyaratkan banyak persyaratan yang sulit. Semoga dengan informasi ini anda menjadi lebih mudah untuk mengajukan pinjaman di BTN.

Advertisements
error: