Persyaratan Mengajukan KUR BRI Perorangan

BRI selaku bank milik pemerintah tentunya selalu menyediakan berbagai program dan pelayanan yang dapat memudahkan hajat hidup masyarakat Indonesia.

Salah satunya adalah KUR atau Kredit Usaha Rakyat yang tentunya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pengembangan usaha dengan persyaratan KUR BRI yang mudah agar dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat yang memiliki usaha.

Biasanya yang menjadi sasaran pemerintah adalah mereka yang memiliki usaha dengan berbagai sektor seperti dari sektor pertanian, perikanan, perdagangan, bidang jasa hingga pembiayaan untuk pemberangkatan dan penempatan TKI.

Advertisements

Selain itu bagi mereka yang memiliki bisnis industri pengolahan seperti fashion, perfilman, animasi, video, juga pengadaan alat-alat ketahanan pangan.

Persyaratan Mengajukan KUR BRI Perorangan Update

Tentunya seluruh masyarakat Indonesia diperbolehkan untuk menikmati layanan KUR BRI ini, namun tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti siapa saja yang menjadi penerima KUR. Baca Deposito 10 Juta Dapat Bunga Berapa Ya

Meskipun memiliki usaha namun tidak semata-mata hanya pemilik usaha saja namun juga mereka yang memiliki penghasilan tetap seperti anggota keluarga dari karyawan/ karyawati atau anggota keluarga dari TKI.

Selain itu juga bagi mereka yang menjadi calon TKI yang akan bekerja di luar negeri atau yang hanya sekedar magang saja bekerja di luar negeri juga mendapatkan dana KUR BRI. Tentunya semua itu akan mendapatkan dana dengan memenuhi segala persyaratan KUR BRI seperti menyerahkan:

Advertisements
  1. KTP
  2. Kartu Keluarga
  3. Surat ijin usaha hingga level kecamatan
  4. Namun untuk calon TKI maka juga harus menyerahkan;
  5. Perjanjian penempatan kerja
  6. Paspor
  7. Visa
  8. Dan persyaratan lainnya yang mendukung

Untuk jaminan tidak dibutuhkan bagi KUR Mikro dan calon TKI sebab masing-masing hanya diberikan hingga 25 juta rupiah. Akan tetapi untuk KUR ritel membutuhkan jaminan sebab platfond-nya hingga 500 juta rupiah.Baca Bunga Deposito Tertinggi di Bank

Meskipun menyerahkan jaminan tetap saja harus memenuhi kriteria agar tidak terjadi kredit macet yang mengakibatkan barang jaminannya diambil oleh pihak bank. Kriteria tersebut di antaranya adalah:

1.Memiliki usaha yang cukup produktif yang tentunya menghasilkan barang atau jasa yang dapat memberikan nilai tambah dan pendapatan bagi pemiliknya.

Di mana usaha tersebut sudah berjalan minimal 6 bulan hingga 2 tahun, sehingga tentunya bukan merupakan usaha baru. Sehingga jika baru rencana akan membuka usaha bila mendapatkan dana KUR maka tidak akan diberikan.

2.Memiliki usaha yang layak yang tentunya dapat memberikan keuntungan yang lebih sehingga pemilik atau pengusaha dapat mengangsur atau membayar seluruh kewajibannya pada bank pemberi KUR dalam hal ini adalah BRI. Dengan demikian tidak akan terjadi kredit macet.

3.Tidak sedang menerima kredit dari bank lainnya sehingga tidak akan terjadi overlapping pembiayaan yang mengakibatkan kredit macet. Baca Pinjaman Tanpa Agunan BRI Syariah

Nah jika Anda memenuhi berbagai persyaratan KUR BRI tersebut maka Anda dapat mengajukan KUR tersebut.

Advertisements
error: